Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Plat Bordes Per Lembar : Baja & Aluminium

Ukuran Plat Bordes Per Lembar

Ukuran Plat Bordes Per Lembar – Seperti diketahui, besi plat bordes seringkali digunakan untuk sejumlah kebutuhan, terutama di dalam bidang konstruksi bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya material ini mempunyai ketebalan yang variatif dan bisa disesuaikan dengan keperluan.

Secara garis besarnya, plat bordes merupakan plat baja yang biasa dimanfaatkan sebagai komponen tangga dan lantai yang terbuat dari besi atau baja. Pada awal kemunculannya, sebenarnya plat bordes berfungsi untuk membentuk lantai kendaraan.

Akan tetapi, di dalam dunia konstruksi bangunan, material ini juga bisa digunakan untuk membuat struktur lantai maupun tangga. Terlebih lagi, plat bordes mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap karat sehingga seringkali digunakan di dalam konstruksi bangunan.

Nah, apabila diantara kalian berencana ingin membeli plat bordes di pasaran, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai standar ukuran plat bordes per lembar dilengkapi kisaran harganya.

Fungsi Plat Bordes

Sebelum pembahasan poin utama mengenai standar ukuran plat bordes per lembar lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga fungsinya. Plat bordes merupakan plat baja yang biasa dimanfaatkan sebagai komponen tangga dan lantai serta terbuat dari besi atau baja.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi awal plat bordes sebenarnya digunakan untuk membentuk lantai kendaraan. Namun, di dalam dunia konstruksi bangunan, plat bordes juga seringkali digunakan untuk membuat berbagai macam struktur, mulai dari lantai hingga tangga.

Perlu diingat, sebenarnya plat bordes dengan plat besi hitam mempunyai perbedaan. Dimana perbedaan yang paling mendasar dan menonjol yaitu terlihat dari gelombangnya, sebab plat bordes mempunyai kembangan dengan bentuk khas.

Fungsi adanya kembangan ini yaitu agar kalian tidak mudah tergelincir ketika menginjaknya. Secara umum, plat bordes banyak digunakan di dalam dunia konstruksi bangunan karena mempunyai daya tahan tinggi terhadap karat. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa fungsi plat bordes.

  • Tangga industri.
  • Lantai parkir.
  • Lantai lift.

Kelebihan dan Kekurangan Plat Bordes

Seperti sudah disinggung sebelumnya, plat bordes biasanya digunakan untuk pembuatan sebuah tangga di dalam dunia konstruksi bangunan. Hal ini dikarenakan kontur plat bordes yang timbul membuatnya tidak licin sehingga sudah pasti akan sangat aman apabila digunakan sebagai tangga.

Meskipun mempunyai sejumlah keunggulan, bukan berarti plat bordes tidak memiliki kelemahan atau kekurangan sama sekali. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan dan kekurangan plat bordes sebagai material bahan bangunan.

Kelebihan

  • Dibuat menggunakan teknologi modern.
  • Material multifungsi.
  • Minim perawatan.
  • Tahan terhadap segala macam cuaca.

Kekurangan

  • Ukuran atau dimensi hanya tersedia dalam satu jenis saja.
  • Karena sifatnya kuat, maka cukup sulit untuk diubah ataupun dibentuk sesuai keinginan.

Ukuran Plat Bordes Per Lembar

Standar Ukuran Plat Bordes Per Lembar

Setelah memahami sekilas pengertian, fungsi hingga kelebihan dan kekurangan plat besi bordes, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa ukuran standar per lembarnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, plat bordes mempunyai ukuran dan ketebalan yang bervariasi untuk memenuhi fungsinya masing-masing.

Adapun ukuran yang dimiliki oleh plat bordes baja per lembar yaitu 120 cm x 240 cm dengan ketebalan mulai dari 2.3 mm sampai 9 mm. Untuk bobot plat bordes di pasaran Indonesia sendiri juga sangat beragam, yaitu mulai dari 59 kg hingga 215 kg.

Selain terbuat dari baja, sebenarnya terdapat juga jenis plat bordes yang terbuat dari bahan aluminium. Untuk ukuran plat bordes bahan aluminium per lembar juga cukup bervariasi, yaitu 100 cm x 200 cm serta 120 cm x 240 cm dengan ketebalan sekitar 1.2 mm hingga 4 mm.

Perlu diketahui, plat bordes dari bahan aluminium ini lebih diminati oleh masyarakat karena memang harganya jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan plat bordes dari bahan baja. Kendati demikian, kedua jenis plat bordes tersebut tetap mempunyai fungsi serupa.

Harga Plat Bordes Per Lembar

Di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian, fungsi hingga kelebihan dan kekurangan plat bordes beserta standar ukuran per lembar di pasaran Indonesia. Nah, selanjutnya kalian juga sebenarnya harus mengerti berapa besaran harga jual plat bordes di pasaran.

Seperti halnya besaran harga plat besi, di pasaran Indonesia plat bordes juga dijual dengan satuan per lembar sesuai dengan ukuran maupun dimensinya. Untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan plat bordes dalam bentuk lembaran dengan harga mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1.500.000.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran harga plat bordes per lembar tersebut bisa saja berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti jenis, ukuran, merk, kualitas dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran plat bordes per lembar untuk semua jenis dilengkapi dengan pengertian, fungsi hingga kelebihan dan kekurangan beserta kisaran harganya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli plat bordes untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan di rumah.

Sumber gambar : tokopedia.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *