Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Mushola Dalam Rumah & Tips Mendesainnya!

Ukuran Mushola Dalam umah

Ukuran Mushola Dalam Rumah – Sebagaimana diketahui, mushola menjadi salah satu ruangan wajib ada di dalam sebuah rumah modern yang Islami. Dimana mushola sendiri dijadikan sebagai tempat untuk mengingat Sang Pencipta setiap saat seperti melakukan ibadah Sholat 5 waktu.

Bahkan sebuah mushola dalam rumah juga menjadi tempat untuk melepaskan semua beban dunia dan memasrahkan segalanya kepada-Nya. Untuk itu, keberadaan ruangan tersebut di dalam rumah menjadi suatu keharusan, terutama bagi keluarga yang kental dengan syariat Islam.

Namun sayangnya, keterbatasan tata ruang seringkali menjadikan angan-angan mempunyai mushola dalam rumah ini sulit untuk diwujudkan. Namun, apabila kalian jeli, sebenarnya terdapat cukup banyak desain mushola dalam rumah dengan dimensi tidak terlalu besar alias dengan ukuran sederhana.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin membangun mushola di dalam rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ukuran mushola dalam rumah dilengkapi beberapa tips dalam membuatnya.

Fungsi Mushola Dalam Rumah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ukuran mushola dalam rumah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Perlu diketahui, sebenarnya membuat ruangan khusus sebagai mushola di dalam rumah merupakan sunnah yang seringkali terlupakan.

Di kalangan salaf, hal tersebut merupakan sesuatu yang lazim, bahkan terdapat cukup banyak riwayat hadits yang menjelaskan mengenai hal itu. Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan sejumlah fungsi maupun kegunaan mushola di dalam rumah.

  • Sebagai tempat untuk melaksanakan Sholat tepat waktu ketika di rumah, Sholat Nawafil, Qiyamul Lail, tempat Sholat wanita, tempat Sholat lelaki saat ada udzur untuk pergi ke masjid.
  • Memberikan ketentraman jiwa bagi orang yang Sholat.
  • Menjadi tempat mengajari Sholat untuk anak-anak.
  • Sebagai tempat berkumpul untuk membaca Al-Quran.
  • Menunjukkan besarnya pengertian keluarga terhadap Sholat sehingga terkadang terdapat tamu yang tidak Sholat menjadi tergugah hatinya untuk mengagungkan masalah Sholat.

Ukuran Mushola Dalam Rumah

Standar Ukuran Mushola Dalam umah

Setelah memahami beberapa fungsi atau kegunaan mushola di dalam rumah, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai ukuran standarnya. Perlu diketahui, sebenarnya ukuran ideal mushola dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Dimana ukuran minimal yang bisa digunakan untuk membuat mushola dalam rumah yaitu dengan lebar 70 cm serta panjang 140 cm untuk ukuran satu orang. Adapun ukuran tersebut sedikit lebih lebar dari ukuran sajadah pada umumnya yang memiliki dimensi kurang lebih sekitar 70 cm x 120 cm.

Akan tetapi, luasan ideal ini juga bukan patokan untuk wajib diikuti sepenuhnya karena alokasi ruang yang tersedia dalam hunian perlu diperhitungkan. Sebagai contoh kalian ingin mendesain mushola dalam rumah untuk 3 shaf maka ukurannya bisa dibuat menjadi 2.5 meter untuk lebar dan 4 meter untuk panjangnya.

Sementara untuk bagian atapnya, ruangan mushola dalam rumah sebaiknya dibuat dengan ukuran setinggi 2.7 meter. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pembuatan konstruksi dengan ukuran tersebut bertujuan agar ruangan mushola dalam rumah tersebut nantinya terkesan lebih lapang dan luas.

Kemudian untuk ketinggian lantai bangunannya minimal 32 cm sampai 34 cm dari permukaan rumput atau tanah. Saran kami sebaiknya gunakanlah material seperti keramik tidak licin atau material penutup lantai lainnya namun mudah untuk dibersihkan sebagai bentuk dari keamanan.

Tips Mendesain Mushola Dalam Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran ruangan mushola dalam rumah beserta sejumlah fungsi maupun kegunaannya. Seperti halnya saat ingin membuat denah rumah sederhana, tentunya terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat mushola dalam rumah.

Hal tersebut bertujuan agar nantinya mushola di dalam rumah mampu memenuhi kebutuhan ruangan sebuah hunian, terutama pada rumah dengan konsep Islami. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik penjelasan mengenai sejumlah tips membuat dan mendesain mushola di dalam rumah berikut ini.

  • Arah mushola harus disesuaikan dengan arah kiblat supaya penggunaannya menjadi lebih efektif.
  • Rak atau lemari tempat penyimpanan peralatan ibadah sebaiknya ditempatkan di area yang mudah dijangkau.
  • Warna interior ruangan mushola dalam rumah sebaiknya dipilih warna yang dingin dan menyejukkan mata.
  • Kalian bisa memilih sajadah yang tebal supaya proses ibadah Sholat terasa lebih nyaman.
  • Kalian juga bis menggunakan sebuah karpet tebal dengan motif polos untuk diletakkan di bawah sajadah.
  • Tata pencahayaan di dalam mushola harus mencukupi, namun tidak berlebihan.
  • Hadirkan kenyamanan dalam ruangan mushola dengan menyebarkan aroma wewangian, namun tidak terlalu berlebihan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran mushola dalam rumah minimalis hingga modern dilengkapi dengan fungsi atau kegunaan beserta tips membangunnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat ruangan mushola di dalam rumah.

Sumber gambar : homeshabby.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *