Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung Pada Rumah Minimalis!

Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung

Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung – Sebagaimana diketahui, pintu rumah termasuk ke dalam bagian yang wajib dibuat untuk sebuah rumah. Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis ataupun model pintu rumah, salah satunya yaitu pintu kupu tarung.

Secara garis besarnya, pintu kupu tarung merupakan jenis pintu yang terdiri dari dua bukaan. Karena mempunyai dua bukaan, pintu jenis ini mampu memberikan kesan mewah dan elegan bagi pemilik rumah sehingga menjadikannya seringkali diterapkan pada rumah-rumah besar.

Berbicara mengenai penggunaan pintu kupu tarung, tentunya kalian harus mengerti berapa ukuran standarnya, terutama pada kusennya. Adapun kusen sendiri merupakan suatu bingkai yang berbentuk balok kayu dengan fungsi sebagai penempatan konstruksi tersebut di dalam sebuah hunian.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin menggunakan pintu kupu tarung di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran standar kusennya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai standar ukuran kusen pintu kupu tarung semua jenis.

Kelebihan dan Kekurangan Pintu Kupu Tarung

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ukuran kusen pintu tentunya berbeda-beda sesuai dengan model dan fungsi ruangannya. Khusus pada pintu kupu tarung, model dua daun pintu di depan rumah ini tentunya membutuhkan ukuran kusen pintu yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kamar satu pintu.

Meskipun demikian, penggunaan pintu kupu tarung pada sebuah hunian juga sebenarnya mampu memberikan beberapa keuntungan atau keunggulan kepada para pemiliknya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan pintu kupu tarung di rumah.

Kelebihan

  • Dapat dibuka keduanya ataupun satu sisi saja.
  • Lebih modern dan elegan.
  • Cocok digunakan pada model rumah minimalis.
  • Tersedia dalam berbagai macam pilihan model.
  • Desain dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

Kekurangan

  • Harga pintu kupu tarung lebih mahal apabila dibandingkan dengan pintu 1 daun.
  • Kebutuhan bahan material untuk pembuatan kusen lebih besar.
  • Pengaplikasiannya membutuhkan tempat lebih lebar.

Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung

Standar Ukuran Kusen Pintu Kupu Tarung

Setelah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan pintu kupu tarung, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa standar ukuran kusennya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pilihan jenis atau model pintu kupu tarung untuk sebuah hunian.

Dimana kusen pintu kupu tarung sendiri biasanya ditemukan pada pintu rumah utama supaya bisa terkesan lebih megah serta elegan. Karena disini kusennya akan diisi dengan dua daun pintu, maka tentu saja kalian harus membangun kusen yang jauh lebih luas apabila dibandingkan dengan kusen satu daun pintu.

Secara garis besarnya, pemasangan kusen kupu tarung sendiri berguna agar bisa memuat furnitur dengan ukuran besar ke dalam rumah. Untuk saat ini, ukuran lebar kusen pintu kupu tarung sendiri secara keseluruhan yaitu kurang lebih sekitar 90 cm dengan tinggi 120 cm.

Akan tetapi, kalian juga bisa menggunakan ukuran kusen untuk masing-masing daun pintu kupu tarung, yaitu 65 cm sampai 75 cm agar memberikan kesan lebih luas. Dimana ukuran lebar tersebut sebaiknya diimbangi pula dengan tinggi pintu kupu tarung yang lebih besar, yakni 220 cm hingga 240 cm agar tidak terlihat sempit.

Pada intinya, ukuran kusen pintu maupun pada jendela rumah minimalis harus diperhatikan dengan baik supaya komposisi hunian terlihat lebih menarik dan nyaman. Terlebih lagi pintu kupu tarung sendiri nantinya akan membuat rumah terlihat lebih luas serta memberikan kemudahan kepada penghuni untuk memindahkan perabotan serta perlengkapan rumah ketika dibutuhkan.

Tips Memilih Pintu Kupu Tarung

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran kusen pintu kupu tarung disertai dengan kelebihan beserta kekurangannya. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih pintu kupu tarung agar mampu memberikan kesan elegan dan mewah pada sebuah hunian.

  • Pilihlah bahan yang berkualitas.
  • Pilih model pintu kupu tarung sesuai keinginan dan kebutuhan.
  • Sesuaikan warna pintu dengan cat rumah.
  • Pilihlah ukuran yang pas.
  • Sesuaikan harga pintu kupu tarung dengan anggaran dana yang dimiliki.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran kusen pintu kupu tarung untuk semua model dan jenis dilengkapi dengan sejumlah kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan pintu kupu tarung agar membuat rumah terkesan lebih mewah dan elegan.

Sumber gambar : ruangarsitek.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *