Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC Semua Jenis & Ketebalan!

Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC

Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC – Seperti diketahui, plafon merupakan salah satu bagian penting di dalam interior sebuah bangunan. Dimana bagian yang menutupi atap rumah ini berguna untuk mencegah cuaca panas dan dingin masuk ke dalam rumah secara langsung.

Selain itu, apabila atap rumah mengalami kebocoran, air hujan tidak akan langsung masuk ke dalam rumah, namun terhalangi plafon terlebih dahulu. Nah, dari sekian banyaknya jenis plafon di pasaran Indonesia, mungkin plafon PVC menjadi salah satu material yang seringkali dipilih.

Untuk memasang plafon PVC di rumah, tentunya dibutuhkan adanya sebuah kerangka untuk menopangnya. Dimana di dalam proses pembuatan rangka plafon sebagai penutup atap rumah juga pastinya mempunyai ukuran atau dimensi standarnya, khususnya tentang jarak.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memasang plafon PVC di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukuran jarak rangkanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai standar ukuran jarak rangka plafon PVC untuk semua jenis.

Keunggulan dan Kelemahan Plafon PVC

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, plafon PVC merupakan salah satu diantara sekian banyaknya jenis material yang seringkali dipilih oleh masyarakat Indonesia sebagai langit-langit rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya plafon PVC sendiri mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan material jenis lainnya.

Meskipun mempunyai berbagai macam kelebihan atau keunggulan, namun bukan berarti bahan plafon PVC tidak mempunyai kekurangan sama sekali. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai ukuran jarak rangka plafon PVC lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan serta kelemahannya.

Keunggulan

  • Tahan terhadap serangan rayap.
  • Mempunyai bahan berkualitas, namun tetap ringan.
  • Memiliki sifat lebih lentur.
  • Tidak mudah pecah serta kuat.
  • Dapat bertahan selama puluhan tahun.
  • Mudah di dalam proses pemasangannya.
  • Mudah di dalam proses perawatannya.
  • Mampu memberikan kesan mewah dan elegan.

Kelemahan

  • Mengandung bahan utama klorin yang dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.
  • Dibutuhkan adanya sentuhan motif serta kombinasi warna apabila tidak ingin merasa bosan ketika menggunakannya.
  • Terbuat dari bahan PVC sehingga sulit di daur ulang.
  • Harga material terbilang mahal di kelasnya.
  • Membutuhkan rangka plafon banyak jika ingin konstruksinya kuat.
  • Tidak tahan terhadap panas karena bahan polimer.

Bahan Material Rangka Plafon PVC

Ketika hendak mengetahui standar ukuran jarak rangka plafon PVC, tentunya kalian juga harus memahami terlebih dahulu apa jenis bahan material yang digunakan. Pada umumnya, para kontraktor atau tukang bangunan membuat rangka plafon PVC menggunakan bahan material besi hollow.

Untuk membangun plafon yang kuat, tentunya dibutuhkan adanya material yang kuat serta disusun menggunakan perhitungan sempurna. Maka dari itu, sebelum membangun plafon PVC sebagai langit-langit rumah, kalian harus memastikan ketebalan besi hollow sebagai rangkanya terlebih dahulu.

Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC

Standar Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebelum memasang plafon PVC, tentunya kalian harus memastikan ketebalan rangka besi hollow terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap jenis ketebalan besi hollow, idealnya mempunyai kegunaan untuk rangka yang berbeda.

Dimana semakin tebal material yang digunakan, maka akan semakin besar pula jarak yang bisa dibuat antar-rangka tersebut sehingga akan mempengaruhi kebutuhan rangka besi hollow. Secara garis besarnya, untuk membuat rangka plafon PVC, nantinya besi hollow akan disusun secara vertikal dan horizontal sehingga membentuk persegi ataupun persegi panjang.

Nah, ukuran jarak setiap batang besi hollow sebagai rangka plafon PVC inilah yang krusial untuk mendukung kekokohan konstruksinya. Rangka besi hollow yang paling umum digunakan sebagai rangka plafon PVC yaitu untuk ketebalan 0.25 mm sampai 0.30 mm dengan ukuran jarak 60 cm x 60 cm.

Sementara jika menggunakan rangka besi hollow ketebalan 0.30 mm hingga 0.35 mm, maka kalian bisa menyusun rangka plafon PVC dengan jarak 60 cm x 80 cm. Pada intinya, jarak antar-rangka plafon PVC tersebut juga bisa menjadi lebih lebar apabila menggunakan besi hollow yang lebih tebal.

Selain harus mengikuti ukuran jarak standar ini, kalian juga harus memastikan tongkat penyangga cukup kuat untuk menopang rangka langit-langit rumah. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan sejumlah ukuran jarak rangka plafon PVC yang umum digunakan oleh para arsitektur.

  • Ukuran jarak 30 cm x 30 cm.
  • Ukuran jarak 30 cm x 40 cm
  • Ukuran jarak 40 cm x 40 cm
  • Ukuran jarak 40 cm x 60 cm
  • Ukuran jarak 60 cm x 60 cm
  • Ukuran jarak 60 cm x 80 cm

Cara Memasang Plafon PVC

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran jarak rangka plafon PVC untuk semua ketebalan ketika menggunakan besi hollow. Sebenarnya pada pembahasan sebelumnya sudah pernah dijelaskan bahwa cara memasang plafon PVC tergolong mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Selain itu, di Indonesia sendiri juga saat ini sudah tersedia kontraktor atau pemborong yang menawarkan jasa pemasangan plafon PVC. Bahkan mereka seringkali menawarkan harga jasa pasang plafon PVC yang sedikit lebih murah apabila dibandingkan menggunakan pekerja dengan sistem harian.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran jarak rangka plafon PVC untuk semua jenis dilengkapi dengan tata cara pemasangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang rangka plafon PVC untuk kebutuhan langit-langit rumah.

Sumber gambar : bangunsumatera.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *