Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Borongan Pasang Plafon PVC Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Plafon PVC

Harga Borongan Pasang Plafon PVC – Mungkin sebagian besar orang yang awam di dunia konstruksi menganggap bahwa PVC atau Polivinyl Chloride hanya digunakan sebagai pipa penyalur air bersih di rumah saja. Padahal, seiring berjalannya waktu material PVC juga kerap digunakan untuk berbagai macam konstruksi bangunan, salah satunya yaitu sebagai plafon rumah.

Pemanfaatan PVC sebagai bahan pembuatan plafon rumah tentunya bukan tanpa alasan, sebab material tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan material plafon jenis lainnya. Dimana plafon PVC mampu memberikan kesan mewah dan elegan pada sebuah hunian, baik itu pada bagian interior ataupun eksterior.

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak kontraktor maupun pemborong yang menyediakan jasa pemasangan plafon PVC. Hal ini tentunya bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi sebagian orang karena mengingat HARGA PEKERJA BORONGAN lebih murah dibandingkan ongkos pekerja sistem harian.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana memasang plafon PVC di rumah menggunakan jasa pekerja borongan, ada baiknya cari tahu besaran harga borongannya terlebih dahulu. Untuk membantunya, pada pembahasan kali ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang plafon PVC per meter perseginya.

Keunggulan dan Kelemahan Plafon PVC

Keunggulan dan Kelemahan Plafon PVC

Meskipun plafon PVC memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh plafon rumah jenis lainnya, bukan berarti material tersebut tidak mempunyai kekurangan sama sekali. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum memasang plafon PVC di rumah, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan beserta kelemahannya.

Keunggulan

  • Plafon PVC memiliki sifat anti rayap dan air.
  • Terbuat dari bahan berkualitas.
  • Bobotnya cenderung ringan.
  • Kuat serta tidak mudah pecah.
  • Mempunyai sifat Awet dan tahan lama, bahkan mencapai puluhan tahun.
  • Proses perawatannya mudah.
  • Mempunyai sifat lentur.

Kelemahan

  • Terbuat dari bahan dasar berupa kloring sehingga dianggap bahaya bagi kesehatan manusia.
  • Jika tidak memiliki motif atau warna, plafon PVC terlihat membosankan.
  • Material plafon PVC sulit di daur ulang.

Dimensi Plafon PVC

Dimensi Plafon PVC

Perlu diketahui, biasanya besaran harga borongan pasang plafon PVC dipengaruhi oleh dimensi ataupun ukurannya. Oleh sebab itu, sebelum pembahasan utama berlanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran standar plafon PVC di pasaran.

Umumnya plafon PVC yang dijual di pasaran mempunyai panjang cukup bervariasi, mulai dari 2 meter, 3 meter, 4 meter sampai 5 meter per lembarnya. Sedangkan untuk lebarnya sendiri juga cukup beragam, mulai dari 24 cm untuk lebar kotor hingga 20 cm untuk lebar bersih per lembarnya.

Harga Borongan Pasang Plafon PVC Per Meter

Harga Borongan Pasang Plafon PVC Per Meter

Seperti halnya besaran HARGA BORONGAN PEMASANGAN PLAFON GYPSUM, ongkos pekerja dalam memasang plafon PVC di beberapa daerah juga bisa memiliki perbedaan. Dimana perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah hal, seperti tingkat kerumitan, kondisi bidang pekerjaan sampai risiko pemasangannya.

Selain itu, biasanya para kontraktor atau pemborong konstruksi bangunan juga menyediakan 2 jenis sistem kerja borongan, yaitu borongan non material serta plus material. Untuk besaran harga borongan pasang plafon PVC non material umumnya berada di kisaran Rp 45.000 hingga Rp 60.000 per meter perseginya.

Di dalam harga borongan non material tersebut pihak kontraktor hanya menyediakan tenaga jasa pemasangannya saja. Sedangkan borongan plus material berarti pemborong menyediakan tenaga kerja beserta bahan material pemasangannya. Berikut adalah besaran harga borongan pasang plafon PVC plus material berdasarkan jenis bahan dasarnya.

Jenis PlafonHarga Borongan
Plafon PVC StandarRp 210.000 – Rp 255.000
Plafon PVC ShundaRp 310.000 – Rp 355.000
Harga borongan di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing-masing kontraktor.

Cara Menghitung Biaya Pasang Plafon PVC

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang plafon rumah PVC untuk semua jenis-jenisnya, berikutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total biaya pemasangannya. Pada dasarnya, perhitungan biaya pemasangan plafon PVC tersebut hampir sama seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN PLAFON PVC.

Sebab, pemilik rumah perlu mencari tahu total luas atau volume bidang pekerjaannya terlebih dahulu sebelum menghitung biayanya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya pemasangan plafon PVC menggunakan jasa borongan.

Volume Pekerjaan Plafon

Volume Pekerjaan Plafon

Langkah pertama yaitu mencari tahu total luas bidang pekerjaan plafon PVC di rumah. Misalkan kalian akan memasang plafon PVC jenis standar pada ruang kamar tidur berukuran 5 meter x 4.5 meter menggunakan pekerja borongan plus bahan, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter.
  • Lebar ruangan : 4.5 meter.

Perhitungan :

  • Volume plafon : Panjang x Lebar.
  • Volume plafon : 5 m x 4.5 m = 22.5 m2.

Biaya Pasang Plafon PVC

Biaya Pasang Plafon PVC

Langkah selanjutnya yaitu menghitung total anggaran biaya pemasangan plafon PVC jenis standar pada ruangan seluas 22.5 meter persegi menggunakan jasa borongan plus bahan. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan harga borongan pasang plafon PVC per meter persegi dengan volume bidang pekerjaannya.

  • Biaya pasang plafon PVC : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pasang plafon PVC : 22.5 m2 x Rp 210.000 = Rp 4.725.000.

Dari data perhitungan di atas, total anggaran biaya pemasangan plafon PVC jenis standar pada ruang kamar tidur berukuran 5 m x 4.5 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 4.725.000. Perlu kalian ketahui, di dalam besaran biaya tersebut biasanya sudah mencakup ongkos pekerja borongan, biaya pembelian bahan material sampai pemasangan lis plafon PVC.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang plafon PVC untuk semua jenis per meter perseginya, baik itu borongan non material ataupun plus material. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang plafon PVC di rumah.

Harga Borongan Pasang Plafon PVC

IDR 45000
9.2

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.1/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *