Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Bondek Cor Per Lembar Untuk Semua Jenis!

Ukuran Bondek Cor Per Lembar

Ukuran Bondek Cor Per Lembar – Seperti diketahui, bondek merupakan salah satu material penting dalam konstruksi bangunan, terutama untuk membangun dak cor. Dimana material tersebut berguna sebagai pengganti papan untuk membungkus material coran dan menahan tekanan beton pada bangunan bertingkat.

Salah satu alasan kenapa saat ini kebanyakan orang lebih memilih bondek cor dibandingkan material jenis lainnya seperti triplek yaitu karena penggunaannya lebih efisien dan bisa menghilangkan tiang penyangga. Selain itu, jenis hingga ukuran material ini di pasaran Indonesia sendiri juga sangat bervariasi sehingga menjadi keunggulan tersendiri.

Berbicara mengenai ukuran, tentunya hal penting ini harus selalu diperhatikan ketika hendak membeli dan memasang bondek cor. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka belum mengetahui berapa spesifikasi tentang dimensi atau ukuran standar material bondek cor.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membeli bondek cor untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran standarnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ukuran bondek cor per lembar untuk semua jenis-jenisnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bondek Cor

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan bondek cor saat ini lebih dipilih apabila dibandingkan dengan material sejenisnya karena sejumlah keunggulannya. Dimana bondek cor sendiri dianggap lebih efisien dan praktis apabila digunakan sebagai papan penahan cor beton.

Meskipun demikian, tetap saja bahwa setiap bahan material bangunan pastinya mempunyai sejumlah kelemahan, termasuk bondek cor. Oleh karena itu, sebelum membahas ukuran standar bondek cor per lembar lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Awet & tahan lama.
  • Membutuhkan sedikit tenaga kerja.
  • Mudah & cepat dalam pemasangannya.
  • Tahan akan api.
  • Canggih & modern.
  • Penguat serta penghemat komposit.
  • Tahan karat.
  • Tampilan lebih bagus.
  • Mengurangi jumlah pemakaian besi beserta tiang penyangga.
  • Ramah terhadap lingkungan.

Kekurangan

  • Jika terjadi kebocoran, maka akan lebih sulit untuk dideteksi maupun diperbaiki.
  • Tepi plat bondek cor harus diletakkan di atas plat lantai agar tidak rusak.
  • Harga relatif lebih mahal sehingga akan menambahkan anggaran biaya pembangunan rumah.
  • Membutuhkan tenaga ahli & berpengalaman untuk pemasangannya.
  • Bondek cor harus dipotong menggunakan alat khusus seperti las listrik.

Jenis Bondek Cor

Ketika hendak mengetahui ukuran standar bondek cor per lembar, tentunya kalian juga harus mengetahui apa saja jenis-jenisnya terlebih dahulu. Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini terdapat 2 jenis bondek cor, yaitu bondek cor galvanis serta bondek cor galvalum.

Dimana kedua jenis bondek cor tersebut merupakan bondek bangunan yang terbuat dari campuran seng dan aluminium. Namun, bondek cor galvalum mempunyai kandungan aluminium yang tinggi sehingga membuatnya lebih tahan karat apabila dibandingkan dengan galvanis.

Ukuran Bondek Cor Per Lembar

Ukuran Standar Bondek Cor Per Lembar

Setelah memahami beberapa jenis bondek cor hingga kelebihan beserta kekurangannya, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai standar ukuran atau dimensinya per lembar. Di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak toko bangunan, distributor, supplier dan agen yang menyediakan material bondek cor per lembar.

Secara garis besarnya, ukuran standar bondek cor per lembar mempunyai panjang mulai dari 3 meter, 4 meter, 5 meter sampai 6 meter. Akan tetapi, sebenarnya bondek cor bisa dipesan dengan panjang sesuai kebutuhan pelanggannya, bahkan ada yang ukuran panjangnya bisa mencapai 10 meter.

Sementara untuk ukuran lebar bondek cor per lembar pada umumnya yaitu sekitar 1 meter. Seperti halnya ukuran panjang, terdapat juga tipe bondek cor yang mempunyai lebar tidak sampai 1 meter. Dimana material tersebut biasanya disebut sebagai jenis bondek ekor burung.

Selain panjang dan lebar, bondek cor per lembar juga biasanya mempunyai ketebalan yang bervariasi, yaitu mulai dari 0.65 mm, 0.70 mm, 0.75 mm sampai 1 mm. Saran kami sebaiknya gunakanlah bondek cor dengan ketebalan 0.75 untuk kebutuhan bangunan rumah tinggal supaya konstruksinya menjadi kokoh dan kuat.

Tips Membeli Bondek Cor

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ukuran standar bondek cor per lembar untuk semua jenis-jenisnya di pasaran Indonesia. Nah, karena harga bondek cor tergolong cukup mahal, maka kalian harus benar-benar pintar dalam memilih dan membelinya.

Saran kami sebaiknya belilah bondek cor kepada distributor atau supplier yang sudah ternama dan terkenal di dalam dunia konstruksi bangunan. Selain itu, pastikan juga bahwa distributor ataupun supplier tersebut menawarkan produk bondek cor dilengkapi dengan garansi.

Kemudian dari segi jenis bondek cor, saran kami alangkah baiknya sesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunannya. Tidak hanya dari segi jenis saja, kalian juga harus membeli dan memasang bondek cor sesuai dengan ukuran kebutuhan konstruksi bangunannya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar ukuran standar bondek cor per lembar untuk semua jenis di pasaran Indonesia dilengkapi dengan tips membelinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memesan dan membeli bondek cor di toko bangunan atau distributor terdekat.

Sumber gambar : shopee.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *