Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Jasa Pindahan Rumah & Cara Menghitungnya 2023

Harga Jasa Pindahan Rumah

Harga Jasa Pindahan Rumah – Pindah rumah dari tempat tinggal lama ke rumah baru tentunya menjadi hari yang dinanti-nanti, meskipun akan merepotkan dan melelahkan. Bayangkan saja, kalian harus mempersiapkan segala peralatan untuk mengemas barang-barang, membungkus perabotan, mengangkat perabotan dan lain sebagainya.

Namun, untungnya saat ini di Indonesia semua hal di atas sudah dapat dilakukan oleh jasa pindahan rumah. Dimana semua hal yang dibutuhkan dalam pindahan rumah mulai dari proses packingloading-transportasi-unloading-sampai penataan kembali di rumah ataupun tempat tinggal baru nantinya. Dengan kata lain, kalian hanya perlu terima beres saja.

Secara garis besarnya, jasa pindahan rumah merupakan sebuah perusahaan yang berfokus atau menyediakan jasa untuk membantu seorang ketika ingin pindah rumah. Jadi jasa pindahan rumah ini merupakan kumpulan profesional dengan tugas menjaga peralatan serta perabotan kalian aman selama proses pemindahan.

Nah, ketika kalian berencana ingin pindahan rumah menggunakan jasa tersebut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besaran tarif maupun harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai harga jasa pindahan rumah beberapa perusahaan dilengkapi dengan tips memilihnya.

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Pindahan Rumah

Mengingat proses pindahan rumah memang bukanlah hal mudah, hal tersebut membuat seseorang membutuhkan adanya sebuah bantuan jasa dari orang lain. Oleh karena itu, jasa pindahan rumah hadir sebagai kumpulan profesional yang akan menjaga peralatan dan perabotan kalian aman selama proses pemindahan.

Akan tetapi, menggunakan jasa pindahan rumah pastinya mempunyai sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai daftar harga jasa pindahan rumah lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Tidak perlu repot-repot melakukan sendiri, sebab sudah ada yang membantu.
  • Kegiatan yang berat dilakukan oleh para profesional.
  • Terdapat asuransi dan memastikan barang aman sampai tujuan.

Kekurangan

  • Pelanggan harus mengikuti jadwal dari jasa pindahan rumah.
  • Tidak dapat mengawasi secara terus menerus barang ketik akan dipindahkan.
  • Lebih mahal jika dibandingkan dengan pindahan sendiri.

Harga Jasa Pindahan Rumah

Daftar Harga Jasa Pindahan Rumah

Setelah memahami beberapa kelebihan hingga kekurangan jasa pindahan rumah, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besaran harga maupun tarifnya. Seperti halnya harga jasa borongan pada umumnya, besaran ongkos jasa pindahan rumah juga bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Adapun sejumlah faktor yang mampu mempengaruhi harga jasa tersebut yaitu seperti layanan atau fasilitas yang ditawarkan, jarak pindahan, total jumlah barang yang dipindahkan dan lain sebagainya. Perlu diketahui, di kota-kota besar saat ini seperti di Jabodetabek sebenarnya sudah tersedia beberapa perusahaan pindahan rumah, seperti Deliveree, GoBox, Lalamove, Raja Pindah, The Lorry dan masih banyak lainnya.

Karena banyaknya perusahaan yang menyediakan jasa pindahan rumah tersebut membuat harganya juga bisa bervariasi. Pada umumnya, para penyedia jasa pindahan rumah tersebut menentukan harga atau tarif berdasarkan hitungan per meter kubik (m3), yaitu mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 500.000 untuk semua jenis kendaraan.

Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga jasa pindahan rumah di atas bisa saja berbeda untuk beberapa perusahaan karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Maka dari itu, saran kami sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa banyak kebutuhan barang yang ingin di pindahkan dari rumah lama ke rumah baru.

Cara Menghitung Biaya Pindahan Rumah

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengerti besaran harga jasa pindahan rumah, namun tidak mengetahui bagaimana tata cara menghitung estimasi biayanya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat ini jasa pindahan rumah menentukan ongkos atau upah berdasarkan hitungan per meter kubik.

Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik estimasi menghitung biaya pindahan rumah menggunakan sebuah jasa di bawah ini.

KeteranganPanjangLebarTinggiJumlahVolume
Ruang Tamu
Meja Tamu140606010.504
Sofa 3 Seat240909011.944
Sofa 2 Seat180909011.458
Sofa 1 Seat120909010.972
Lemari Pajangan1206020011.44
Isi Lemari Pajangan50505030.375
Ruang Keluarga
Kabinet TV80505010.45
TV180902010.08
Ruang Makan
Meja Makan1809010011.62
Kursi Makan90606041.296
Peralatan Makan50505010.125
Ruang Tidur
Spring Bed2001808012.88
Lemari Pakaian1806020012.16
Box Isi Pakaian50505010.75
JUMLAH TOTAL16.054

Menurut tabel data di atas, jadi barang total jumlah barang yang akan dipindah yaitu kurang lebih sekitar 17 m3 (rounded up 17 CBM). Sementara jika diasumsikan menggunakan harga jasa pindahan rumah di atas, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana minimal Rp 200.000 x 17 CBM = Rp 3.400.000.

Tips Memilih Jasa Pindahan Rumah

Di atas sudah dijelaskan mengenai harga jasa pindahan di semu wilayah Indonesia dilengkapi dengan estimasi perhitungan biayanya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dengan banyaknya penyedia jasa pindahan rumah di Indonesia membuat kalian harus mempertimbangkan untuk memilih mana yang terbaik.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan sejumlah tips dalam memilih jasa pindahan rumah.

  • Periksa sudah berapa lama perusahaan jasa pindahan tersebut melayani pelanggannya.
  • Pastikan jasa pindahan rumah sudah berlisensi.
  • Mencari tahu seberapa jauh jarak antar jasa pindahan rumah.
  • Periksa review penyedia jasa pindahan rumah secara online.
  • Pastikan penyedia jasa pindahan rumah mempunyai peralatan serta pegawai profesional.
  • Pastikan penyedia jasa pindahan rumah memenuhi checklist dan syarat yang kalian miliki untuk mempermudah proses pindahan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga jasa pindahan rumah di seluruh wilayah Indonesia dilengkapi dengan cara menghitung estimasi biaya beserta kelebihan hingga kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan jasa pindahan rumah.

Sumber gambar : iproperty.com.my

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *