Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Tukang Kayu Furniture Per Meter 2023

Harga Borongan Tukang Kayu Furniture

Harga Borongan Tukang Kayu Furniture – Tukang kayu furniture dapat diartikan sebagai seseorang yang terlibat dalam produksi mebel kompleks furniture dan membuat pintu, jendela, lengkungan, tangga dan produk kayu lainnya. Dimana karya pengrajin kayu tersebut secara garis besarnya langsung berhubungan dengan kayu solid.

Seiring berjalannya waktu seperti sekarang ini, tukang kayu furniture bisa menggunakan berbagai macam teknologi dalam melakukan pekerjaannya, seperti fanerirovanie, pelapisan hingga laminating. Tukang kayu furniture sendiri mempunyai beberapa fungsi seperti produksi berbagai item kayu, perakitan produk hingga pemasangan produk kayu.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak tukang kayu furniture yang menentukan upah atau ongkos jasa dengan metode borongan. Adapun metode borongan dari kontraktor ataupun pemborong tersebut tentunya memberikan keuntungan kepada para pelanggannya, salah satunya yaitu dari segi harga.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana ingin menggunakan jasa tukang kayu furniture untuk memenuhi kebutuhan konstruksi di rumah, ada baiknya cari tahu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai harga borongan tukang kayu furniture per meter di seluruh wilayah Indonesia.

Keuntungan Menggunakan Jasa Tukang Kayu Furniture

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga borongan tukang kayu furniture lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menggunakan jasa borongan tersebut. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa keuntungan ketika menggunakan jasa pekerja tukang kayu furniture.

  • Mampu memilih jenis kayu untuk furniture yang sesuai dengan model serta budget.
  • Memilih desain menarik sesuai dengan gaya yang ingin diterapkan oleh pemilik rumah.
  • Berkonsultasi terkait desain apabila kalian mempunyai gambaran desain lainnya.
  • Ukuran furniture akan disesuaikan dengan ruangan.

Kemampuan Tukang Kayu Furniture

Pada saat ingin menggunakan jasa tukang kayu furniture, tentunya kalian harus memperhatikan beberapa hal penting, salah satunya yaitu tentang kemampuan serta pengetahuannya. Dimana seorang tukang kayu furniture atau juga bisa disebut sebagai pengrajin kayu sendiri sebenarnya diwajibkan untuk memiliki beberapa kemampuan.

Hal ini dikarenakan profesionalisme dan tingkat tinggi produk yang diproduksi secara langsung bergantung pada seberapa banyak temperamen serta kualitas pribadi berhubungan dengan karakteristik proses kerja. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang tukang furniture kayu di bawah ini.

  • Memiliki pengetahuan tentang semua properti yang relevan dari pohon kayu.
  • Memiliki kemampuan untuk menangani material dan pengetahuan terkait metode penyegelan kursi individu.
  • Memahami bagaimana konsep cacat kayu.
  • Memiliki pengetahuan tentang metode yang digunakan dalam pembuatan, fit dan tali-temali bengkel tukang kayu furniture.
  • Memiliki pengetahuan tentang teknologi yang sudah ada serta peralatan yang digunakan dalam pertukangan.
  • Memiliki kemampuan untuk membaca cetak biru.

Harga Borongan Tukang Kayu Furniture

Daftar Harga Borongan Tukang Kayu Furniture

Setelah memahami beberapa keuntungan hingga kemampuan yang wajib dimiliki seorang tukang furniture kayu, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai besaran harga borongannya. Seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran upah jasa tukang furniture sendiri bisa berbeda di sejumlah wilayah.

Dimana adanya perbedaan harga di setiap wilayah Indonesia tersebut sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi pekerjaan, tingkat kerumitan atau kesulitan hingga risiko pengerjaannya. Secara garis besarnya, saat ini rata-rata tukang furniture kayu menentukan harga borongan dengan hitungan per meter persegi.

Adapun besaran harga borongan tukang kayu furniture sendiri saat ini yaitu berada di kisaran Rp 300.000 sampai Rp 450.000 per meter persegi dari furniture yang dikerjakan. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran upah jasa borongan tersebut bisa saja lebih murah atau bahkan lebih mahal, tergantung pada kesulitan pengerjaan furniture itu sendiri.

Saran kami sebaiknya kalian bertanya tentang besaran biaya yang dibutuhkan untuk mengerjakan furniture kalian pada penyedia jasa langsung dengan menjelaskan desain dan ukuran furniture. Nantinya jasa tukang kayu furniture pasti akan mampu menyesuaikan pengerjaannya dengan ketentuan desain serta batasan budget yang kalian miliki.

Cara Menghitung Upah Borongan Tukang Kayu Furniture

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran harga borongan tukang kayu furniture per meter persegi di semua wilayah Indonesia dilengkapi dengan keuntungannya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran harga borongannya, namun tidak mengerti bagaimana tata cara menghitungnya.

Secara garis besarnya, perhitungan upah atau ongkos jasa borongan tukang kayu furniture hampir sama seperti halnya pada saat menghitung harga pembuatan kitchen set. Dimana nantinya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu berapa total ukuran furniture yang ingin dibuat menggunakan jasa tukang kayu tersebut.

Misalkan kalian ingin menggunakan jasa tukang kayu furniture metode borongan untuk membuat meja makan dengan panjang 3 meter serta lebar 1.5 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang meja : 3 meter.
  • Lebar meja : 1.5 meter.

Perhitungan :

  • Ukuran Meja Makan
    • Ukuran meja = Panjang x Lebar.
    • Ukuran meja = 3 m x 1.5 m.
    • Ukuran meja = 4.5 m2.
  • Ongkos Tukang Kayu Furniture
    • Ongkos tukang = Ukuran meja x Harga borongan per meter persegi.
    • Ongkos tukang = 4.5 m2 x Rp 300.000.
    • Ongkos tukang = Rp 1.350.000.

Dari data perhitungan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk membuat meja makan berukuran 3 m x 1.5 m menggunakan jasa borongan tukang kayu furniture membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 1.350.000. Perlu diingat, harga tersebut hanya mencakup ongkos jasa tukang kayu furniture saja, belum termasuk pembelian bahan materialnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan tukang kayu furniture per meter persegi di seluruh daerah Indonesia dilengkapi dengan tata cara menghitungnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan jasa borongan tukang kayu furniture.

Sumber gambar : kcmart.in

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *