Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Rabat Lantai per Meter 2022 : Tenaga & Material

Harga Borongan Rabat Lantai
Advertisements

Harga Borongan Rabat Lantai – Rabat beton atau biasa juga disebut dengan lean concret merupakan jenis campuran bahan material beton dengan kandungan semen kurang dari 10%. Hal tersebut membuatnya hanya memiliki kekuatan dengan tingkat rendah sehingga seringkali dimanfaatkan untuk tanah yang dipadatkan.

Umumnya, rabat lantai di bangun di dalam galian tanah ketika proses pembangunan ataupun pembuatan rumah berlangsung dengan ukuran ketebalan tidak lebih dari 5 cm. Adapun perbedaan antara rabat lantai dengan beton biasa yaitu terdapat pada campuran konsentrat dan semen dalam proses pembuatannya. Selain itu, kualitas kekuatannya juga jauh lebih rendah.

Berbicara mengenai rabat lantai, saat ini di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa tenaga pembuatan rabat lantai. Secara garis besar, mereka biasanya mematok tarif atau harga jasa pembuatan rabat lantai dengan hitungan per meter persegi, entah itu untuk semua jenis dan ukurannya.

Advertisements

Nah, jika kalian berencana membuat rabat lantai menggunakan pekerja borongan, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan rabat lantai per meter persegi untuk semua jenis atau mutu beserta ukurannya.

Fungsi Rabat Lantai

Fungsi Rabat Lantai
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai harga borongan rabat lantai lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertian hingga fungsinya. Seperti dijelaskan sebelumnya, rabat beton lantai kerja atau biasa disebut dengan lean concrete ialah sebuah lapisan beton bermutu rendah dengan ketebalan tidak lebih dari 5 cm

Umumnya rabat lantai terbut dar campuran beton sitemix 1 PC : 3 PS : 5 KR. Selain itu, terdapat juga beberapa orang yang membuat rabat lantai menggunakan beton readymix BO atau readymix K123, tergantung pada persyaratan dari pihak perencana. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa fungsi dari rabat lantai.

  • Mempermudah proses pembuatan cor bangunan.
  • Berfungsi sebagai landasan pekerja borongan.
  • Menjadikan proses pengerjaan konstruksi berjalan lebih cepat.
  • Meluruskan permukaan tanah.
  • Mempermudah pembesian tulangan beton.
  • Berfungsi sebagai landasan cetakan (bekisting) cor beton pada sisi bawah.
  • Penahan kelembapan beton.

Kelebihan dan Kekurangan Rabat Lantai

Meskipun memiliki kualitas tergolong cukup rendah, namun rabat lantai mempunyai sejumlah beberapa kelebihan ataupun kelemahan. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan pekerja borongan dalam membuat rabat lantai, berikut kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangannya.

Kelebihan

  • Bisa dijadikan sebagai landasan bangunan.
  • Permukaan rabat lantai rata.
  • Memudahkan proses pengecoran bangunan.
  • Mempermudah pembesian tulangan beton.
  • Proses konstruksi bangunan menjadi lebih cepat.

Kekurangan

  • Proses pembuatannya membutuhkan persiapan dengan matang sejak awal.
  • Membutuhkan campuran bahan material yang tepat.
  • Rabat lantai tidak cocok untuk proyek yang membutuhkan lebih dari 2 inci sub-base ataupun ground clearance.
  • Rabat lantai tidak akan berpengaruh terhadap kualitas konstruksi bangunan.

Harga Borongan Rabat Lantai Per Meter

Seperti halnya harga borongan gelar beton, pastinya besaran tarif jasa borongan rabat lantai dapat berbeda di sejumlah wilayah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya proses pengerjaan rabat lantai tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pengerjaannya.

Umumnya para pemborong atau kontraktor menyediakan jasa borongan rabat lantai dengan hitungan per meter persegi, namun khusus untuk tenaga kerjanya saja. Dimana besaran harga tenaga borongan rabat lantai tersebut yaitu berkisar antara Rp 25.000 sampai Rp 50.000 per meter perseginya.

Sementara jika kalian menginginkan pekerjaan borongan rabat lantai plus bahan material, maka tarif atau harga jasanya akan jauh lebih mahal. Mengingat kebanyakan para pemborong atau kontraktor menyediakan jasa borongan plus material untuk pekerjaan rabat lantai menggunakan cor beton readymix BO.

Cara Menghitung Borongan Rabat Lantai

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan rabat lantai per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung ongkos borongan pengerjaan rabat lantai di rumah.

Sebenarnya perhitungan upah borongan rabat lantai tidak akan jauh berbeda seperti halnya saat menghitung cor beton m3. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai tata cara menghitung ongkos pengerjaan rabat lantai mengunakan pekerja borongan.

Luas Pekerjaan Lantai

Langkah pertama, pastinya kalian perlu menghitung luas ataupun volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan melakukan pengerjaan rabat beton pada lantai berukuran 7 m x 5 m mengunakan pekerja borongan, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang lantai : 7 meter.
  • Lebar lantai : 5 meter.

Perhitungan :

  • Luas lantai : Panjang x Lebar.
  • Luas lantai : 7 m x 5 m = 35 m2.

Ongkos Pekerja Bangunan

Setelah mengetahui luas ataupun volume bidang pekerjaan rabat lantai, kemudian tahap berikutnya yaitu menghitung besaran ongkos jasa pengerjaannya. Adapun cara menghitung ongkos pengerjaan rabat lantai seluas 35 meter persegi menggunakan pekerja borongan diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Ongkos borongan : Luas pekerjaan x Harga borongan per meter.
  • Ongkos borongan : 35 m2 x Rp 25.000 = Rp 875.000.

Jadi, untuk melakukan pekerjaan rabat beton pada lantai berukuran 7 m x 5 m menggunakan pekerja borongan yaitu membutuhkan anggaran biaya sebesar Rp 875.000. Perlu diingat, di dalam besaran biaya pengerjaan rabat lantai tersebut hanya mencakup ongkos tenaga borongannya saja, belum termasuk pembelian bahan material.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaan rabat lantai beton. Sementara untuk besaran harga borongannya sendiri sebenarnya bisa berbeda di sejumlah wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan rabat lantai per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin melakukan pekerjaan rabat lantai di rumah dengan memanfaatkan pekerja sistem borongan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.