Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Harga Borongan Pasang Batu Kumbung 2021 (Pondasi & Dinding)

Harga Borongan Pasang Batu Kumbung

Harga Borongan Pasang Batu Kumbung – Di dalam proses membangun sebuah hunian, tentunya diperlukan adanya perencanaan perhitungan biaya dengan matang sejak awal. Selain itu, pemilihan material bahan bangunan yang akan digunakan juga perlu dilakukan agar nantinya bangunan lebih kuat dan tidak mudah roboh.

Pondasi dan dinding mungkin menjadi konstruksi bangunan penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan material pembuatannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kedua struktur tersebut nantinya berfungsi untuk menopang beban konstruksi di atasnya.

Salah satu material bahan bangunan yang kerap digunakan sebagai struktur pondasi ataupun dinding di rumah-rumah tinggal yaitu batu kumbung. Batu kumbung sendiri merupakan bebatuan kapur bertekstur kuat untuk menggantikan fungsi bata merah ataupun bata hebel.

Terlebih lagi, saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pekerja borongan menawarkan jasa pemasangan batu kumbung. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap daftar harga borongan pasang batu kumbung per meternya, baik itu untuk pondasi ataupun dinding bangunan.

Fungsi Batu Kumbung

Fungsi Batu Kumbung

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebenarnya batu kumbung memiliki fungsi sama seperti batu bata merah. Akan tetapi, batu kumbung memiliki tingkat kekuatan dan daya tahan lebih tinggi dibandingkan dengan material batu bata merah.

Hal ini dikarenakan batu kumbung berasal dari bebatuan alam dan pastinya susunan atomnya jauh lebih rapat ketimbang batu bata biasa. Oleh sebab itu, saat ini sudah banyak orang melirik batu kumbung untuk digunakan sebagai material pembuatan pondasi ataupun dinding bangunan.

Ukuran Standar Batu Kumbung

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang batu kumbung tentunya dipengaruhi oleh dimensi atau ukurannya. Dimana ukuran standar batu kumbung untuk pembuatan pondasi sebuah rumah tinggal yaitu sekitar 24 cm x 24 cm x 48 cm.

Sementara ukuran atau dimensi batu kumbung untuk dinding bangunan yaitu 8 cm x 12 cm x 24 cm. Umumnya batu kumbung dijual dengan satuan muatan 1 truk sebanyak 2.500 untuk ukuran standar dinding serta 250 untuk ukuran standar pondasi.

Kelebihan dan Kekurangan Batu Kumbung

Kelebihan dan Kekurangan Batu Kumbung

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk batu kumbung. Nah, sebelum membahas harga borongan pasang batu kumbung lebih lanjut, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan

  • Harga batu kumbung cukup terjangkau.
  • Proses pemasangannya relatif cepat.
  • Tidak terlalu membutuhkan banyak adukan semen dan pasir.
  • Mudah di plester dan di aci.

Kekurangan

  • Pemasangan dinding batu kumbung membutuhkan kolom praktis setiap 2.5 meter.
  • Cukup sulit untuk mendapatkan batu kumbung.

Harga Borongan Pasang Batu Kumbung Per Meter

Harga Borongan Pasang Batu Kumbung Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PASANG DINDING HEBEL, besaran ongkos jasa pemasangan batu kumbung juga biasanya akan berbeda untuk beberapa wilayah tertentu. Tentunya perbedaan harga atau ongkos borongan pasang batu kumbung tersebut dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Dimana faktor-faktor yang mempengaruhi harga borongan pemasangan batu kumbung tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, risiko pemasangan hingga tingkat kerumitannya. Umumnya, para pekerja borongan mematok tarif pekerja pasang dinding batu kumbung mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 45.000 per meter perseginya.

Sedangkan harga borongan pasang pondasi batu kumbung sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per meternya. Perlu diingat, besaran harga borongan tersebut hanya mencakup ongkos tenaga kerjanya saja, jadi belum pembelian bahan material batu kumbung belum termasuk.

Cara Menghitung Biaya Pasang Batu Kumbung

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang batu kumbung per meternya, selanjutnya kalian juga harus memahami bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pasang batu kumbung menggunakan pekerja borongan berikut ini, baik itu untuk pondasi ataupun dinding bangunan.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu mencari tahu luas atau volume bidang pekerjaannya. Misalkan kalian akan membuat pondasi rumah sepanjang 30 meter, tinggi 1 meter dengan lebar pondasi atas 30 cm serta bawah 80 cm menggunakan batu kumbung, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 30 meter.
  • Tinggi : 1 m.
  • Lebar atas : 30 cm = 0.3 m.
  • Lebar bawah : 80 cm = 0.8 m.

Perhitungan :

  • Luas penampang : (Lebar atas + Lebar bawah) x Tinggi ÷ 2.
  • Luas Penampang : (0.3 m + 0.8 m) x 1 m ÷ 2.
  • Luas Penampang : 0.85 m x 1 m ÷ 2 = 0.55 m2.
  • Volume pondasi : Luas penampang x Panjang total pondasi.
  • Volume pondasi : 0.55 m2 x 30 m = 16.5 m3.

Biaya Pasang Batu Kumbung

Biaya Pasang Batu Kumbung

Langkah selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan batu kumbung untuk pondasi sepanjang 30 meter menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu dengan mengalikan volume pondasi batu kumbung dengan harga borongan per meternya.

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 16.5 m3 x Rp 50.000 = Rp 825.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang pondasi batu kumbung sepanjang 30 mete menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 825.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa di dalam perhitungan biaya di atas hanya mencakup ongkos pekerja borongannya saja.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pasang batu kumbung dilengkapi tata cara perhitungan biaya pemasangannya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang batu kumbung sebagai salah satu konstruksi bangunan di rumah.

Harga Borongan Pasang Batu Kumbung

IDR 30000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *