Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Scaffolding 2021 (Tenaga & Material)

Harga Borongan Pasang Scaffolding

Harga Borongan Pasang Scaffolding – Sebagian besar orang yang awam di dunia konstruksi bangunan mungkin belum mengetahui apa itu scaffolding. Dimana komponen tersebut nantinya akan sangat dibutuhkan oleh pekerja apabila proses pembangunan sudah mencapai ketinggian tertentu.

Secara umum, scaffolding sendiri terbuat dari bahan logam besi berbentuk rangkaian pipa sehingga membentuk sebuah struktur kokoh. Meskipun demikian, masih ada beberapa pekerja bangunan yang membuat struktur scaffolding atau perancah menggunakan material bambu.

Padahal, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali penyedia scaffolding yang dapat disewa dengan hitungan mingguan ataupun bulanan. Bahkan beberapa penyedia scaffolding tersebut juga menghadirkan jasa pemborong atau kontraktor terkait pemasangannya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak menggunakan scaffolding saat membangun sebuah hunian, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa harga borongan pemasangannya. Nah, kali ini penulis akan membantu memberikan kisaran harga borongan pasang scaffolding per meter perseginya beserta contoh perhitungan biayanya.

Pengertian Scaffolding

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan pasang scaffolding berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Scaffolding ialah sebuah struktur semi permanen atau konstruksi guna membantu menyangga material, menyangga tenaga kerja atau membantu pemasangan peralatan lainnya.

Biasanya scaffolding atau di dalam dunia konstruksi disebut juga dengan perancah dan steger ini berbentuk sistem modular dari pipa maupun tabung logam. Bahan dasar pembuatannya sendiri juga umumnya berasal dari pipa besi sehingga memiliki kekuatan tinggi dalam menopang beban berat di atasnya.

Fungsi Scaffolding

Seperti dijelaskan sebelumnya, scaffolding mempunyai fungsi utama sebagai penopang beban berat di atasnya, baik itu material bangunan, tenaga kerja dan lain sebagainya. Dengan adanya struktur scaffolding membuat tukang atau pekerja terjamin keselamatannya dalam bekerja.

Di sisi lain, scaffolding juga berfungsi sebagai pelindung bagi pekerja lainnya, seperti pekerja di bawahnya yang harus terlindungi dari jatuhnya bahan atau alat dari atas. Pada intinya, scaffolding akan dibutuhkan ketika proses pembangunan sudah mencapai ketinggian 1.8 meter ataupun 2 meter.

Harga Borongan Pasang Scaffolding

Perlu diketahui, kebutuhan penggunaan scaffolding sebenarnya tergantung pada pemilik proyek sebuah bangunan. Hal ini dikarenakan beberapa orang menganggap bahwa penggunaan scaffolding pada konstruksi bangunan membutuhkan anggaran biaya lebih ketimbang penggunaan perancah dari bambu.

Meskipun demikian, bukan berarti penggunaan scaffolding tidak direkomendasikan untuk pekerjaan konstruksi dalam skala kecil. Pasalnya, saat ini sudah tersedia jasa pemborong atau kontraktor yang menawarkan harga borongan bangunan lebih murah dibandingkan pekerja sistem harian.

Untuk saat ini, harga borongan pasang scaffolding biasanya dihitung dengan satuan per meter persegi, yaitu sekitar Rp 38.000 sampai Rp 50.000. Harga borongan tersebut juga sebenarnya tidak hanya berlaku untuk pemasangannya saja, namun juga untuk pembongkarannya jika memang proses pembangunan sudah berakhir.

Namun, perlu diingat bahwa bisa saja besaran harga borongan pasang scaffolding tersebut berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti tingkat kesulitan pemasangan, kondisi bidang pekerjaan hingga risiko pemasangannya.

Harga Sewa Scaffolding

Perlu diketahui, besaran harga borongan di atas hanya mencakup ongkos pemasangan oleh pekerja atau tukang bangunannya saja, belum termasuk penyewaannya. Dengan kata lain, pemilik bangunan perlu menyediakan material scaffolding atau perancah sendiri.

Untungnya saat ini sudah tersedia cukup banyak penyedia material scaffolding yang menyewakannya. Biasanya para penyedia material scaffolding tersebut menentukan tarif penyewaan dengan hitungan per unit ataupun per set.

Tarif atau biaya sewa scaffolding sendiri juga sebenarnya sangat bervariasi, mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 500.000 per bulannya, tergantung dengan modelnya. Namun, ada juga beberapa penyedia scaffolding yang menetapkan tarif penyewaan lebih mahal yaitu sekitar Rp 1.500.000 untuk merek seperti Krisbow atau Youngman.

Cara Menghitung Biaya Pasang Scaffolding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang scaffolding per meter perseginya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya, baik itu untuk ongkos pekerja ataupun biaya penyewaannya.

Karena pada dasarnya saat ini penyedia scaffolding sudah menawarkan material per unit, maka sebenarnya perhitungannya akan jauh lebih mudah. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung biaya pemasangan scaffolding di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan cari tahu luas atau volume bidang pekerjaan penggunaan scaffolding. Sebagai contoh kalian akan menggunakan scaffolding untuk pekerjaan cor dak rumah lantai 2 pada ruangan berukuran 6 m x 5 m, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume ruangan : Panjang x Lebar.
  • Volume ruangan : 6 m x 5 m = 30 m2.

Biaya Pasang Scaffolding

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan scaffolding menggunakan pekerja borongan. Selain menghitung ongkos pekerja borongan, kalian juga perlu menghitung besaran biaya penyewaan material scaffolding. Agar lebih jelasnya, perhatikan perhitungan ongkos pemasangan scaffolding berikut ini.

  • Biaya pasang scaffolding : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya pasang scaffolding : 30 m2 x Rp 38.000 = Rp 1.140.000.
  • Biaya sewa scaffolding model biasa : Rp 500.000 per bulan.

Dari data perhitungan di atas, anggaran dana yang diperlukan untuk memasang scaffolding dalam pekerjaan cor dak lantai dua para ruangan seluas 30 meter persegi yaitu sekitar Rp 1.640.000. Dimana perincian biaya pasang scaffolding tersebut diantaranya yaitu untuk ongkos borongan pemasangan sebesar Rp 1.140.000 serta penyewaan selama satu bulan sekitar Rp 500.000.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pasang scaffolding per meter perseginya dilengkapi dengan perhitungan biaya pemasangannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan scaffolding dalam membangun sebuah hunian, khususnya rumah bertingkat.

Harga Borongan Pasang Scaffolding

IDR 38000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga KalsiBoard

Jihan
3 min read

Harga Pasir

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *