Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu – Kusen merupakan salah satu bagian fundamental pada sebuah hunian yang penting untuk diperhatikan. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia banyak sekali jenis kusen dari berbagai macam bahan, seperti kusen kayu, aluminium, vinyl, fiberglass, UPVC dan lain sebagainya.

Sebagaimana diketahui, kusen merupakan suatu wadah atau rangka yang dihubungkan sedemikian rupa sesuai dengan suatu konstruksi, fungsi serta keinginan dari pemilik bangunan. Oleh sebab itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk membuat kusen sendiri ketimbang membelinya dalam bentuk jadi.

Kusen berbahan dasar kayu mungkin menjadi jenis kusen paling sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Selain digunakan sebagai tempat untuk meletakkan daun pintu dan jendela, kusen juga bisa dimanfaatkan sebagai penyekat dinding ataupun pemisah antar ruangan.

Jika berencana untuk membuat kusen kayu sendiri, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar jasa ongkos pekerja borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan membuat kusen kayu, entah itu kusen pintu ataupun jendela.

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Kusen Kayu

Setiap material bahan bangunan pastinya memiliki karakteristik masing-masing berbeda, termasuk kusen kayu. Sebelum membahas harga borongan membuat kusen kayu lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Terdapat beragam variasi bentuk sesuai kebutuhan (tradisional, minimalis, modern, klasik dan lain sebagainya).
  • Kusen kayu dapat diterapkan pada desain rumah type saja.
  • Memiliki tampilan alami dan natural sesuai jenisnya.
  • Memiliki daya tahan tinggi serta kuat seperti kayu jati, kaper maupun ulin apabila melalui proses pengovenan.
  • Memiliki sifat fleksibel sehingga bisa dibentuk sesuai kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.
  • Mampu menahan panas ataupun dingin dari luar ruangan.

Kekurangan

  • Saat ini cukup sulit untuk mendapatkan kayu berkualitas.
  • Mudah dimakan rayap.
  • Memerlukan perawatan secara berkala.
  • Harus dilapisi menggunakan lapisan coating agar tetap awet.
  • mampu menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu bisa berubah-ubah.
  • Dalam proses pemasangannya, harganya terbilang lebih mahal dibandingkan kusen aluminium.

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Kayu

Cara Menghitung Kebutuhan Kusen Kayu

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan sebelum memulai membuat kusen kayu yaitu menghitung total kebutuhan materialnya. Pasalnya, total kebutuhan material kusen kayu ini akan sangat mempengaruhi besarnya biaya yang diperlukan pada saat proses pembangunannya, terutama pada PEMBUATAN RUMAH KAYU.

Sebagai contoh kalian akan membuat pintu kayu dengan ukuran 90 cm x 215 cm serta menggunakan kusen kayu berukuran 5 cm x 10 cm berbentuk gawangan, maka panjangnya adalah 2.15 m + 0.9 m x 2.15 m = 5.2 m. Jadi, total kebutuhan kayu kusen ukuran 5 cm x 10 cm yaitu sekitar 5.2 meter.

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

Daftar Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

Pada dasarnya harga borongan membuat kusen kayu cukup bervariasi di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh faktor tertentu. Meskipun terdapat berbedaan, itupun selisihnya tidak akan terlalu jauh. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian harga borongannya.

Jenis Kusen KayuSatuanHarga
Kusen pintuunitRp 65.000
Kusen jendelaunitRp 65.000
Daun pintuunitRp 250.000
Daun pintu kupu tarungunitRp 500.000

Sebaiknya gunakan pekerja borongan ataupun kontraktor berpengalaman sehingga hasil akhir bisa sesuai harapan. Selain itu pada rumah berukuran cukup besar, alangkah baiknya gunakan MODEL PINTU KUPU TARUNG sehingga akan terlihat lebih cocok.

Tips Memilih Kusen Kayu

Tips Memilih Kusen

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan membuat kusen kayu untuk semua jenis-jenis bahan dasarnya. Seperti diketahui, salah satu kelemahan kusen kayu yaitu kerap dimakan rayap. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips memilih kusen kayu agar material dapat bertahan lama.

  • Perhatikan jenis bahan dasar kusen kayu.
  • Pilihlah kusen anti rayap.
  • Pastikan kusen kayu tahan terhadap kebocoran.
  • Pilihlah material kuat dan kokoh.
  • Sesuaikan dengan konsep hunian.
  • Cocokkan dengan interior rumah.
  • Gunakan ukuran kusen kayu sesuai kebutuhan.
  • Pilih jenis kusen kayu sesuai dengan anggaran dana.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa harga borongan dalam pembuatan kusen kayu di beberapa daerah bisa saja berbeda. Sebab, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besaran harganya seperti bentuk kusen, jenis kayu dan lain sebagainya,

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan membuat kusen kayu untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat kusen kayu menggunakan jasa pekerja borongan.

Harga Borongan Membuat Kusen Kayu

IDR 65000
9.2

Harga

9.5/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.2/10

Daya Tahan

9.0/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *