Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Atap Membran Per M2 2023: Jenis & Merk

Harga Atap Membran Per M2

Harga Atap Membran Per M2 – Belakangan ini, mulai populer kanopi di rumah yang menggunakan material berupa atap membran atau kain. Dimana penggunaan kanopi dari material tersebut diklaim mampu memberikan kesan rumah yang mewah dan indah.

Selain itu, kelebihan ketika menggunakan atap membran yaitu pemasangannya cepat, tidak mudah kotor, hemat biaya dan kekuatannya tinggi. Atap membran juga mempunyai struktur yang unik dan elegan apabila dibandingkan dengan jenis atap kanopi material biasa.

Di pasaran Indonesia sendiri, umumnya material atap membran dijual dengan hitungan ataupun satuan per meter persegi (m2). Adapun untuk besaran harganya sendiri biasanya nantinya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari jenis, ukuran hingga merknya.

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian berencana ingin membeli atap membran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai harga atap membran per m2 semua jenis dan ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Membran

Kelebihan dan Kekurangan Atap Membran

Sebelum pembahasan poin utama mengenai harga atap membran per m2 untuk semua jenis dan ukuran lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, atap membran merupakan sebuah atap atau tenda yang umumnya berwarna putih.

Dimana material atap ini mempunyai struktur yang lebih unik dan elegan apabila dibandingkan dengan jenis atap kanopi dengan material biasa. Hal ini menjadikan atap membran sangat cocok diaplikasikan pada hunian maupun bangunan komersial agar tampak elegan dan mewah.

Di Indonesia sendiri saat ini terdapat cukup banyak jenis atap berbahan membran yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan serta keinginan desain rumah. Selain pemasangannya mudah, kalian juga bisa mendapatkan bentuk-bentuk yang tidak biasa karena sifat fleksibilitas dari atap membran.

Meskipun mempunyai sejumlah keunggulan, namun bukan berarti atap membran tidak memiliki kelemahan ataupun kekurangan sama sekali. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan atap membran sebagai material bahan bangunan.

Kelebihan

  • Proses perawatan mudah.
  • Konstruksi kokoh.
  • Daya tahan tinggi.
  • Model stylish.
  • Bahan kain sejuk.
  • Tahan cuaca.
  • Kemudahan renovasi.
  • Mempunyai nilai estetika tinggi.
  • Tahan goncangan.

Kekurangan

  • Penampilan atap membran sangat berbeda dengan kanopi pada umumnya sehingga sangat mencolok.
  • Ketahanan dalam menahan bebannya terbatas.
  • Warna atap membran kebanyakan putih.

Jenis Atap Membran

Perlu diketahui, penggunaan jenis atap membran sebenarnya mempunyai daya tarik tersendiri pada sebuah hunian. Dimana material atap membran sendiri dapat diaplikasikan sebagai atap di berbagai macam area outdoor seperti sebagai kanopi di area carport hingga atap kafe yang bersuasana outdoor.

Seperti halnya harga atap Alderon, besaran harga atap membran per m2 di pasaran Indonesia nantinya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu jenis atau tipe. Secara garis besarnya terdapat 4 jenis atap membran yang seringkali digunakan sebagai material bahan bangunan, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Atap Karet Sintetis
    • Atap karet sintetis terbuat dari material sintetis atau ethylene propylene diene monomer rubber (EPDM).
  • Atap Membran PVC
    • Umumnya digunakan sebagai kanopi parkir yang dipasang dengan cara dilas sehingga cukup kuat menahan cuaca.
  • Olefin Termoplastik
    • Jenis atap dengan jaring-jaring polyster dan fiberglass.
  • Atap Membran PTFE
    • Atap dengan jaring-jaring dari fiberglass yang mampu menghadapi cuaca ekstrem dengan daya tahan hingga 30 tahun.

Harga Atap Membran Per M2

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kini para pemasok ataupun penyedia atap membran biasanya menjual material tersebut dengan satuan atau hitungan per meter persegi (m2) dengan harga yang bervariasi. Selain jenis, sebenarnya merk atau brand atap membran juga nantinya akan mempengaruhi besaran harga jualnya di pasaran.

Dimana di pasaran Indonesia sendiri setidaknya terdapat 4 jenis merk atap membran yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat. Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran daftar harga atap membran per m2 untuk semua jenis dan merknya.

Agtex

MerkTipeTebalHarga Per M2
Agtex551 P1550 GSMRp 600.000
Agtex651 P1650 GSMRp 700.000
Agtex651 OP1650 GSMRp 750.000
Agtex751 P1750 GSMRp 800.000
Agtex851 OP1850 GSMRp 900.000
Agtex951 P1950 GSMRp 950.000

Heytex

MerkTipeTebalHarga Per M2
HeytexH5572700 GSMRp 850.000
HeytexH5571850 GSMRp 950.000
HeytexH5573900 GSMRp 1.050.000
HeytexBlockout850 GSMRp 1.000.000

Serge Ferrari

MerkTipeTebalHarga Per M2
Serge Ferrari502 S2520 GSMRp 1.150.000
Serge Ferrari702 S2750 GSMRp 1.350.000
Serge Ferrari902  S2950 GSMRp 1.500.000

Dickson

MerkTebalHarga Per M2
Dickson680 GSMRp 900.000
Dickson720 GSMRp 1.100.000
Dickson950 GSMRp 1.200.000

Catatan : Besaran harga atap membran per m2 di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Tips Memilih Atap Membran

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk atap membran mulai dari pengertian, kelebihan dan kekurangan hingga harga per m2 untuk semua jenis-jenisnya. Nah, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih atap atau tenda membran.

  • Perhatikan kualitas jenis bahan atap membran.
  • Pilih jasa pemasangan atap membran yang profesional dan terpercaya.
  • Pertimbangkan waktu pemasangan.
  • Sesuaikan dengan ketersediaan dana.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga atap membran per m2 untuk semua jenis di pasaran Indonesia dilengkapi dengan kelebihan beserta kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli atap membran untuk memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan di rumah.

Sumber gambar : soloproperty.co.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *