Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding (Material & Biaya)

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding – Memanfaatkan wallpaper sebagai pelapis dinding hunian dapat menjadi solusi yang lebih praktis serta ekonomis dibandingkan menggunakan cat. Di sisi lain, wallpaper juga memiliki sejumlah keunggulan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memasangnya.

Salah satu kelebihan menggunakan wallpaper yaitu pemilik rumah bisa dengan bebas mengkreasikan dinding hunian karena material tersebut sudah tersedia dalam berbagai macam motif menarik. Menariknya lagi, wallpaper juga bisa menutupi keretakan pada dinding sehingga dengan tingkat daya tahan mencapai 3 sampai 8 tahun.

Ketika seseorang hendak memasang wallpaper sebagai pelapis dinding di rumah, tentunya mereka perlu memperhitungkan total kebutuhan materialnya. Dimana perhitungan tersebut nantinya bertujuan supaya pemilik rumah tidak mengalami pembengkakan ataupun kelebihan dana dalam proses pemasangannya.

Sebenarnya tata cara menghitung keperluan material wallpaper dinding rumah cukup mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding mulai dari bahan material hingga biaya pembeliannya.

Keunggulan dan Kelemahan Wallpaper Dinding

Keunggulan dan Kelemahan Wallpaper Dinding

Seperti dijelaskan sebelumnya, sebagai salah satu material bahan bangunan pastinya wallpaper dinding memiliki sejumlah kelebihan serta kekurangan. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum mengaplikasikan wallpaper dinding, berikut akan kami berikan beberapa keunggulan beserta kelemahannya.

Keunggulan

  • Tersedia dalam berbagai macam motif.
  • Mampu menutupi keretakan pada tembok.
  • Proses pemasangannya cepat.
  • Wallpaper mampu memberikan kesan mewah dan elegan pada sebuah hunian.
  • Mudah dibersihkan.

Kelemahan

  • Tidak tahan lama.
  • Harganya cukup mahal.
  • Mudah mengalami kerusakan dan berjamur.
  • Bisa menimbulkan bekas pada dinding rumah.
  • Harus rajin dirawat serta dibersihkan.

Rumus Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding

Rumus Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding

Ketika hendak menghitung total kebutuhan material wallpaper dinding, tentunya kalian memerlukan adanya sebuah rumus. Penggunaan rumus tersebut nantinya bertujuan agar hasil akhir perhitungan kebutuhannya bisa lebih akurat.

Dimana kalian harus menghitung total luas dinding ruangan yang akan dipasangi wallpaper terlebih dahulu. Selain itu, kalian juga perlu mengetahui bagaimana cara menghitung luas bidang wallpaper dalam satuan 1 roll.

Oleh sebab itu, sebelum membahas cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan rumus-rumus perhitungannya.

Luas Bidang Dinding : ((Panjang + Lebar dinding) x 2) x Tinggi (dari lantai ke plafon)

Luas Bidang Wallpaper 1 Roll : Panjang x Lebar wallpaper

Kebutuhan Wallpaper : Luas bidang dinding ÷ Luas bidang wallpaper 1 roll

Cara Menghitung Kebutuhan Wallpaper Dinding

Setelah memahami rumus perhitungan kebutuhan material wallpaper dinding, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkah menghitungnya. Pada dasarnya, perhitungan kebutuhan wallpaper dinding ini hampir sama seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN CAT TEMBOK.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kalian perlu menghitung luas bidang pekerjaan dinding atau tembok ruangan terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding untuk semua jenis dan ukuran di bawah ini.

Volume Bidang Pekerjaan Dinding

Volume Bidang Pekerjaan Dinding

Cara pertama yaitu mencari tahu volume bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi wallpaper. Sebagai contoh kalian akan memasang wallpaper berukuran 0.5 m x 10 m pada ruangan dengan panjang 5 meter, lebar 4 meter serta tinggi 3.5 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Ukuran wallpaper : 0.5 m x 10 m.
  • Panjang dinding : 5 m.
  • Lebar dinding : 4 m.
  • Tinggi dinding : 3.5 m.

Perhitungan :

  • Volume dinding : ((Panjang + Lebar dinding) x 2) x Tinggi dinding.
  • Volume dinding : ((5 m + 4 m) x 2) x 3.5 m.
  • Volume dinding : (9 m x 2) x 3.5 m.
  • Volume dinding : 18 m x 3.5 m = 63 m2.

Luas 1 Roll Wallpaper Dinding

Luas 1 Roll Wallpaper Dinding

Langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung luas 1 roll bidang wallpaper dindingnya. Karena disini kalian akan menggunakan wallpaper berukuran 0.5 m x 10 m, maka tata cara menghitung luas 1 roll bidang wallpaper dindingnya yaitu seperti di bawah ini.

  • Luas 1 roll : Panjang x Lebar wallpaper.
  • Luas 1 roll : 10 m x 0.50 m = 5 m2.

Kebutuhan Wallpaper Dinding

Kebutuhan Wallpaper Dinding

Apabila sudah mengetahui luas bidang pekerjaan dinding ruangan beserta luas 1 roll wallpaper, tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan materialnya. Cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding sebenarnya cukup mudah, yaitu tinggal membagi luas bidang pekerjaan dengan luas bidang 1 roll wallpaper dindingnya.

  • Kebutuhan wallpaper : Volume bidang pekerjaan ÷ Luas wallpaper 1 roll.
  • Kebutuhan wallpaper : 63 m2 ÷ 5 m2 = 12.6 roll (dibulatkan menjadi 13 roll).

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan wallpaper dinding berukuran 0.5 m x 10 m pada ruangan sepanjang 5 meter, lebar 4 meter serta tinggi 3.5 meter yaitu kurang lebih sekitar 13 roll.

Biaya Pembelian Wallpaper Dinding

Biaya Pembelian Wallpaper

Kemudian hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan ketika hendak memasang wallpaper dinding yaitu menghitung biaya pembelian bahan materialnya. Sebagai contoh harga 1 roll wallpaper ukuran 0.5 m x 10 m di pasaran saat ini adalah Rp 150.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Biaya pembelian wallpaper : Kebutuhan wallpaper x Harga per roll.
  • Biaya pembelian wallpaper : 13 roll x Rp 150.000 = Rp 1.950.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membeli material wallpaper berukuran 0.5 m x 10 m yang akan dipasangkan pada dinding seluas 63 meter persegi yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.950.000. Apabila ingin lebih menghemat biaya pemasangannya, kalian juga bisa memanfaatkan pekerja borongan atau kontraktor.

Pasalnya, HARGA BORONGAN PASANG WALLPAPER DINDING sendiri dinilai lebih murah dibandingkan dengan pekerja sistem harian. Akan tetapi, pastikan kalian menggunakan pekerja borongan berpengalaman supaya hasil akhirnya bisa sesuai dengan harapan.

Akhir Kata

Demikian ulasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung kebutuhan wallpaper dinding untuk semua jenis serta ukurannya, baik itu dari segi bahan material hingga anggaran biaya pembeliannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung kebutuhan wallpaper dinding.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *