Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Cara Memasang Stop Kontak 3 Kabel Semua Merk & Warna

Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah Bertingkat
Advertisements

Cara Memasang Stop Kontak 3 Kabel – Sebagaimana diketahui, stop kontak ialah sebuah tempat untuk menghubungkan alat elektronik dengan arus listrik pada sebuah bangunan. Pada umumnya, stop kontak berbentuk kotak dan memiliki lubang di tengahnya sebagai tempat untuk memasukkan steker.

Dalam beberapa kasus, komponen tersebut mampu menjadi salah satu penyebab kejadian arus pendek atau korsleting sehingga mengakibatkan kebakaran. Maka dari itu, sangat penting bagi kalian untuk mempunyai pemahaman mengenai bagaimana cara kerja serta prosedur pemasangan stop kontak.

Di Indonesia, stop kontak atau bisa dikenal dengan istilah terminal listrik sendiri terbagi menjadi berbagi macam jenis, mulai dari stop kontak dengan 2 kabel ataupun 3 kabel. Mungkin stop kontak 3 kabel menjadi salah satu jenis komponen yang proses pemasangannya membutuhkan ketelitian lebih.

Advertisements

Nah, apabila diantara kalian berencana melakukan pemasangan stop kontak 3 kabel di rumah, sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana prosedurnya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara memasang stop kontak 3 kabel sesuai standar PLN.

Cara Kerja Stop Kontak 3 Kabel

Cara Kerja Stop Kontak 3 Kabel
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai cara memasang stop kontak 3 kabel lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja komponen tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, stop kontak berfungsi sebagai tempat untuk menghubungkan aliran dari sumber listrik ke peralatan elektronik di rumah.

Biasanya, stop kontak terbuat dari bahan plastik/PVC atau bisa juga terbuat bahan bersifat isolator lainnya. Apabila dilihat dari strukturnya, stop kontak mempunyai dua buah lubang tempat colokan. Dimana kedua lubang tersebut berguna sebagai tempat untuk menyambungkan kabel listrik fasa dan netral.

Nah, pada stop kontak 3 kabel, komponen tersebut juga dilengkapi dengan terminal untuk kabel arde atau juga biasa disebut dengan grounding. Tujuan adanya terminal kabel arde yaitu supaya instalasi serta peralatan listrik di rumah menjadi lebih aman apabila digunakan.

Pada intinya, cara kerja stop kontak 3 kabel yaitu mengalirkan sumber listrik menuju ke terminal melalui kabel. Saat perangkat disambungkan ke stop kontak, maka listrik yang terkumpul di stop kontak akan terus mengalir melalui steker serta kabel sampai menuju ke perangkat elektronik tersebut.

Urutan Memasang Stop Kontak 3 Kabel

Urutan Memasang Stop Kontak 3 Kabel

Perlu diketahui, sebenarnya prosedur pasang stop kontak 3 kabel juga biasanya masuk ke dalam urutan pemasangan instalasi listrik rumah bertingkat. Oleh sebab itu, cara memasang stop kontak 3 kabel harus sesuai dengan standar PLN. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana urutan pemasangan stop kontak 3 kabel.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Cara pertama, silahkan siapkan beberapa kebutuhan alat dan bahan dalam proses pemasangan stop kontak 3 kabel. Adapun beberapa jenis alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam memasang stop kontak 3 kabel tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Alat :

  • Cutter atau pemotong kabel.
  • Obeng.
  • Crimping tool (apabila menggunakan skun).

Bahan :

  • Stop kontak.
  • Kabel listrik.
  • AC power plug (soket listrik AC).

2. Memotong Kabel

Setelah mempersiapkan beberapa alat dan bahan di atas, tahap selanjutnya yaitu memotong kabel sesuai dengan kebutuhan. Kemudian kupas kedua ujung kabel menggunakan cutter sehingga bagian kawat tembaga terekspos.

3. Buka Penutup Stop Kontak

Cara berikutnya yaitu tinggal membuka baut pada rumah penutup terminal listrik atau stop kontak 3 kabel menggunakan obeng. Pastikan kalian membuka semua baut di stop kontak kemudian melepaskannya secara perlahan.

4. Menyambung Kabel

Langkah terakhir yaitu tinggal memasang atau menyambungkan kabel yang telah dikupas sebelumnya ke soket yang sudah disediakan. Biasanya kalian hanya perlu mengencangkan lubang kabel dengan baut atau bahkan hanya dengan plat baut saja, tergantung jenis stop kontaknya.

Cara Memasang Stop Kontak 3 Kabel

Cara Memasang Stop Kontak 3 Kabel Sandar PLN

Setelah mengetahui urutan memasang stop kontak 3 kabel sesuai standar PLN, kemudian tahap berikutnya yaitu tinggal memahami bagaimana cara ataupun langkah-langkah melakukannya. Sebagai informasi tambahan, biasanya kabel isi 3 terdiri dari beberapa warna seperti biru, cokelat dan kuning.

Untuk standarisasi, warna kabel biru dan cokelat digunakan untuk jalur listrik (live serta netral), sementara warna kuning digunakan untuk jalur grounding (kabel arde). Pada gambar di atas, kabel warna biru dan cokelat di pasangkan pada soket terluar di bagian kiri serta kanan stop kontak.

Setelah mengencangkan baut untuk kabel biru dan cokelat di stop kontak, maka cara selanjutnya yaitu tinggal memasang kabel ke 3 berwarna kuning. Dimana kabel berwarna kuning sendiri dipasangkan pada soket di bagian tengah stop kontak, lalu kencangkan kembali bautnya.

Setelah berhasil memasang ketiga kabel pada masing-masing soket di stop kontak, maka langkah berikutnya yaitu mengunci kabel yang telah terpasang. Tujuan penguncian kabel di stop kontak sendiri yaitu supaya kabel-kabel tersebut tidak mudah lepas pada saat tertarik secara tidak sengaja.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini pemasangan stop kontak 3 kabel sebenarnya tergolong cukup mudah, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Namun, pastikan bahwa kalian memasang masing-masing warna kabel pada soket stop kontak sesuai dengan fungsinya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara memasang stop kontak 3 kabel sesuai urutan dari standar PLN. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan pemasangan stop kontak 3 kabel di rumah.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.