Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Memasang MCB Pengganti Sekring Anti Gagal, Aman & Mudah!!

Cara Memasang MCB Pengganti Sekring

Cara Memasang MCB Pengganti Sekring – Seperti diketahui, ternyata memasang MCB untuk menggantikan sekring di rumah bisa dilakukan secara mandiri tanpa membutuhkan bantuan ahli kelistrikan. Namun, pastinya kalian tetap harus mengedepankan keamanan ketika hendak melakukan penggantian salah satu jenis komponen kelistrikan tersebut.

Memang benar bahwa komponen kelistrikan antara MCB dan sekring memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk memutus aliran listrik di sebuah bangunan. Namun, seringkali kebanyakan orang lebih memilih menggunakan MCB karena dinilai memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan lebih tinggi ketimbang sekring.

Dimana MCB sendiri terdiri dari mekanisme saklar internal yang akan terputus ketika arus listrik di bangunan tersebut terjadi kelebihan daya ataupun korsleting. Meskipun pemasangannya saat ini sudah bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli kelistrikan, namun tetap saja bahwa kalian harus melakukannya dengan prosedur yang benar.

Maka dari itu, sebelum melakukan penggantian sekring dengan MCB, ada baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap bagaimana cara memasang MCB pengganti sekring di rumah, mulai dari tahap persiapan hingga pemasangannya.

Pengertian Rangkaian MCB

Pengertian Rangkaian MCB

Sebelum pembahasan poin utama berlanjut mengenai cara memasang MCB pengganti sekring, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. MCB atau dalam bahasa Inggris berarti Miniatur Circuit Braker menjadi salah satu komponen penting dalam sistem kelistrikan di sebuah bangunan.

perkakas

Fungsi MCB sendiri sebenarnya sangat penting, karena apabila terdapat sebuah kelebihan arus di dalam sebuah sistem kelistrikan, maka komponen tersebut akan mendeteksi dan langsung memutus arus secara otomatis. Umumnya cara kerja MCB dalam memutus arus kelistrikan ditandai dengan turunnya saklar bersamaan dengan suara jepret.

Cara Baca Kode MCB

Ketika hendak memasang MCB pengganti sekring, pastinya kalian perlu mengetahui berapa kapasitas tegangan maksimalnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika kapasitas atau range tegangan tidak sesuai, maka secara otomatis akan sering terjadi korsleting.

Jika sering terjadi korsleting pada sistem kelistrikan, maka hal tersebut juga bisa menjadi sebuah penyebab mengapa MCB meteran listrik rusak. Daripada penasaran, di bawah ini adalah tata cara baca kode MCB pada meteran listrik di rumah.

  • C60N : MCB dengan arus maksimal atau daya sekitar 60A.
  • 230-400V : Kisaran tegangan listrik yang kuat di jangkau oleh MCB.
  • 6000A : Kemampuan MCB dalam menahan arus ialah 6000 ampere.

Cara Kerja MCB

Selain harus mengetahui bagaimana cara membaca kode MCB, kalian juga harus mengerti bagaimana cara atau sistem kerja saat ingin memasang MCB pengganti sekring. Seperti diketahui, cara kerja MCB sendiri menggunakan bahan bimetal untuk komponen utamanya yang terdiri dari 2 lapisan logam.

Nantinya masing-masing lapisan logam tersebut berposisi sejajar lalu disatukan dan akan ada koefisien pemuaian. Pada saat tegangan melebihi batas, maka logam akan menjadi bengkok kemudian terjadilah proses pemuaian panas sehingga memicu saklar pada MCB untuk bergerak ke posisi mati atau off.

Dengan adanya cara kerja tersebut, maka secara otomatis semua arus kelistrikan di dalam bangunan akan terputus dan saklar akan berada di posisi off atau 0. Jadi, pada intinya cara kerja MCB sebenarnya terbilang sangat sederhana dan mudah dimengerti, sebab komponen tersebut menggunakan mekanisme pemuaian.

Cara Memasang MCB Pengganti Sekring

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap sekilas pembahasan mengenai sistem rangkaian, cara baca kode hingga cara kerja MCB listrik. Nah, di bawah ini kami juga akan menjelaskan secara lengkap bagaimana langkah-langkah memasang MCB untuk menggantikan fungsi sekring.

Sebelum memulai memasang MCB sebagai pengganti sekring, pastikan bahwa faktor keamanan menjadi prioritas kalian dan lakukanlah sesuai prosedur. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami bahas secara tuntas bagaimana cara memasang MCB pengganti sekring secara mandiri di rumah tanpa membutuhkan ahli kelistrikan.

Siapkan Alat & Bahan

Siapkan Alat & Bahan

Cara pertama dalam memasang MCB pengganti listrik yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Adapun beberapa jenis alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam prosedur pemasangan MCB sebagai pengganti sekring tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. MCB sesuai kebutuhan sistem kelistrikan.
  2. Box panel MCB.
  3. Kabel listrik jenis NYM atau MCA.
  4. Sekrup guna mengencangkan.
  5. Paku.
  6. Palu.
  7. Pipa PVC apabila diperlukan untuk melindungi kabel listrik.
  8. Tang potong atau kombinasi.
  9. Obeng plus dan minus.
  10. Test pen ataupun multimeter.

Pemasangan MCB Pengganti Sekring

Pemasangan MCB Pengganti Sekring

Setelah mempersiapkan semua alat serta bahan, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal memahami bagaimana cara memasang MCB pengganti sekring di rumah. Kami ingatkan sekali lagi bahwa faktor keamanan menjadi prioritas utama ketika hendak melakukan kegiatan tersebut secara mandiri. Perhatikan baik-baik cara memasang MCB pengganti sekring berikut ini.

  1. Cara pertama, matikan sumber listrik dengan mencabut sekring.
  2. Kemudian cek kabel fase dan netral menggunakan test pen atau multimeter.
  3. Lalu pasanglah box MCB sesuai pada tempatnya.
  4. Setelah itu, buat jalur pipa kemudian paku ke tembok sampai ke MCB.
  5. Cara selanjutnya memasang kabel output dari MCB utama ke MCB baru.
  6. Cek kembali bahwa kabel sudah terpasang dengan baik dan benar.
  7. Langkah berikutnya buat kabel ground untuk menghubungkan dengan terminal netral serta terminal grounding.
  8. Tahap terakhir, silahkan tutup box MCB.

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, silahkan hidupkan kembali sistem kelistrikan di rumah. Apabila semua rangkaian pemasangan MCB benar, maka tidak akan terjadi korsleting atau arus pendek dan listrik di rumah akan menyala.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa meskipun MCB dan sekring memiliki fungsi sama dalam memutus arus listrik, namun MCB dikenal memiliki daya tahan lebih tinggi. Akan tetapi, ketika hendak menggantinya pastikan bahwa kalian melakukannya sesuai prosedur.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara memasang MCB pengganti sekring di rumah secara mandiri tanpa membutuhkan tenaga ahli kelistrikan. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang MCB untuk menggantikan fungsi sekring.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.