Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

8 Penyebab MCB Listrik Sering Turun & Cara Mengatasinya!!

Penyebab MCB Listrik Sering Turun
Advertisements

Penyebab MCB Listrik Sering Turun – Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mengalami listrik di rumah sering padam. Terkadang kondisi tersebut kerap membuat beberapa orang panik, terlebih lagi jika mereka tidak paham tentang sistem kelistrikan. Pasalnya, kebanyakan dari mereka tidak tahu harus berbuat apa.

Seperti diketahui, listrik jepret atau jeglek merupakan salah satu jenis masalah kelistrikan yang paling umum dialami oleh banyak pemilik rumah. Dimana penyebutan listrik jepret sendiri sebenarnya berasal dari suara jumper atau tuas hidup-mati (on-off) Miniature Circuit Breaker (MCB) yang turun karena mengalami suatu masalah.

Biasanya kondisi tersebut akan menyebabkan seluruh perangkat elektronik secara otomatis tidak berfungsi sehingga aktivitas pemilik rumah pun ikut terganggu. Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana kebingungan mengenai hal apa penyebab listrik di rumah sering turun.

Advertisements

Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap apa saja penyebab MCB listrik sering turun di rumah, entah itu karena kesalahan teknis ataupun faktor eksternal lainnya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami bahas mengenai bagaimana solusi atau cara mengatasi permasalahan tersebut.

Fungsi MCB Listrik

Fungsi MCB Listrik
Advertisements

Sebelum pembahasan utama mengenai penyebab MCB listrik di rumah sering turun, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa fungsi komponen kelistrikan tersebut. MCB merupakan sebuah komponen kelistrikan yang berguna sebagai sistem proteksi dalam instalasi listrik apabila terjadi beban lebih dan hubungan singkat arus listrik (korsleting).

Secara sederhana, MCB berperan sebagai pengaman pada sistem kelistrikan di dalam bangunan. Sebagai contoh saat beban listrik di rumah berlebih atau terjadi korsleting, maka secara otomatis MCB akan memutus aliran listrik tersebut.

Di Indonesia sendiri saat ini pemasangan MCB kerap digunakan sebagai pengganti sekring dengan alasan lebih aman dan bahan materialnya juga berkualitas. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa fungsi komponen MCB pada instalasi listrik.

  • Pemutus sirkuit.
  • Perlindungan kelebihan beban.
  • Perlindungan hubungan singkat (korsleting).

Penyebab MCB Listrik Sering Turun

Penyebab MCB Listrik di Rumah Sering Turun

Setelah mengetahui beberapa fungsi MCB pada instalasi listrik, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja penyebab komponen tersebut sering bermasalah. Seperti dijelaskan sebelumnya, MCB listrik sering turun bisa disebabkan oleh beberapa hal, entah itu karena kesalahan teknis ataupun karena adanya faktor eksternal.

Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasan sejumlah penyebab MCB listrik sering turun berikut ini.

1. Penggunaan Peralatan Elektronik Berlebihan

Penyebab utama MCB listrik sering turun yaitu karena pemakaian ataupun penggunaan peralatan elektronik di dalam rumah melebihi daya kapasitas. Biasanya MCB listrik akan turun apabila terdapat banyak peralatan elektronik hidup secara bersamaan dalam jangka waktu cukup lama, seperti TV, AC, kulkas, pompa air dan lain sebagainya.

2. MCB Listrik Rusak

Jika penggunaan perangkat elektronik masih dalam batas wajar, namun listrik masih tetap turun, maka bisa jadi penyebab permasalahannya yaitu karena MCB meteran listrik rusak. Ketika MCB listrik bermasalah, biasanya akan ditandai dengan bodi komponen panas serta tercium bau seperti plastik terbakar.

Selain itu saat diperiksa, maka umumnya akan terdapat noda gosong bekas akibat percikan api. Permasalahan tersebut bisa disebabkan karena sambungan kabel dalam perangkat longgar atau goyang. Namun, umumnya MCB meteran listrik rusak disebabkan karena usia pakainya sudah terlalu lama sehingga sering mengalami masalah.

3. Terdapat Kerusakan Pada Peralatan Listrik

Penyebab MCB listrik sering turun selanjutnya yaitu karena adanya kerusakan ataupun keborocan pada salah satu peralatan elektronik di rumah. Untuk mengetahuinya, kalian bisa mencabut seluruh colokkan peralatan listrik di rumah, kemudian nyalakan listrik kembali. Jika MCB menyala kembali, maka terdapat kerusakan pada salah satu peralatan elektronik di rumah.

4. Terjadi Korsleting

Jika tuas MCB turun lagi dalam jangka waktu cepat setelah dinaikkan, bisa jadi terdapat hubungan arus pendek atau korsleting pada instalasi listrik di rumah, seperti pada sakelar, stop kontak ataupun fitting lampu. Sebenarnya masalah ini juga masih berkaitan dengan adanya kerusakan pada salah satu peralatan elektronik di rumah.

5. Kerusakan Instalasi Grounding

Penyebab terakhir mengapa MCB listrik sering turun yaitu adanya kesalahan ataupun kerusakan instalasi grounding. Hampir mirip seperti korsleting, hanya saja perbedaannya ada pada kabel yang terhubung adalah kabel phasa dengan kabel grounding. Untuk gejalanya sendiri juga sama, yaitu akan muncul percikan api atau munculnya bau terbakar.

Cara Mengatasi MCB Listrik Sering Turun

Cara Mengatasi MCB Listrik Sering Turun

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab MCB listrik sering turun, entah itu karena kesalahan teknis ataupun karena faktor eksternal. Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui beberapa penyebabnya, namun tidak mengetahui bagaimana solusi atau cara mengatasinya.

Secara garis besar, untuk mengatasi MCB listrik sering turun di rumah sebenarnya mengacu pada faktor penyebab permasalahannya. Adapun tata cara mengatasi MCB meteran listrik sering turun di rumah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Kontrol Penggunaan Peralatan Elektronik

Cara mengatasi MCB listrik sering turun pertama yaitu dengan mengontrol penggunaan atau pemakaian beberapa peralatan kelistrikan di rumah. Saran kami sebaiknya gunakanlah alat-alat elektronik dengan lebih bijak dan angan menyalakan peralatan elektronik tersebut secara bersamaan. Jika ingin lebih aman lagi, ada baiknya lakukan pengajuan penambahan daya listrik ke PLN.

2. Ganti MCB Listrik

Seperti sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab listrik di rumah sering turun yaitu karena komponen MCB sudah termakan usia. Maka dari itu, solusi paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu mengganti MCB listrik dengan yang baru. Saat ini di pasaran juga sudah tersedia cukup banyak jenis dan merk MCB berkualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan serta keinginan.

3. Perbaiki Instalasi Listrik

Cara mengatasi MCB listrik sering turun terakhir yaitu dengan memperbaiki sistem atau instalasi kelistrikan di rumah. Sebaiknya segera panggil teknisi listrik yang berpengalaman untuk memastikan kondisi instalasi listrik di rumah dan memperbaikinya.

Atau kalian juga bisa meminta bantuan atau solusi kepada pihak PLN dalam mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya pihak PLN sendiri memiliki beberapa layanan online yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan, entah itu melalui call center ataupun situs resminya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa permasalahan MCB listrik sering jepret atau jeglek bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut sebenarnya sangat beragam. Namun, jika ingin lebih aman, sebaiknya segera panggil teknisi kelistrikan berpengalaman.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar penyebab MCB listrik sering turun dilengkapi dengan sejumlah cara untuk mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika mengalami masalah MCB listrik di rumah sering turun.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.