Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Biaya Tambah Freon AC Rumah 2021 (R22, R32 & R410)

Biaya Tambah Freon AC Rumah

Biaya Tambah Freon AC Rumah – Sebagaimana diketahui, seiring berjalannya waktu AC rumah akan mengalami kerusakan serta penurunan kualitas secara perlahan. Jika dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan akan semakin parah sehingga membuat penghuninya tidak nyaman saat berada di dalam rumah.

Oleh sebab itu, untuk mencegah adanya kerusakan parah maka pemilik rumah perlu memeriksa kondisi AC secara rutin. Biasanya salah satu masalah kerap dialami oleh pemilik rumah yaitu AC sudah tidak terasa dingin karena freon di dalamnya sudah berkurang ataupun habis.

Dimana freon atau refrigerant sendiri ialah sebuah gas berupa fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan dan menjadi salah satu komponen AC paling awet. Pada intinya, freon memiliki peranan cukup penting bagi AC di rumah supaya bisa bekerja dengan optimal.

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak tukang service AC rumah yang menyediakan jasa penambahan freon. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas selengkapnya terkait rincian biaya tambah freon AC rumah untuk semua jenis beserta ukurannya menggunakan jasa tukang service.

Gejala Freon AC Rumah Berkurang

Gejala Freon AC Rumah Berkurang

Sebelum pembahasan utama mengenai rincian biaya tambah freon AC rumah berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa gejala atau ciri-ciri permasalahannya. Tentunya freon AC yang sudah mulai berkurang maupun habis ditandai dengan beberapa gejala, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pipa tidak terasa dingin.
  • AC tidak membuat suhu ruangan di dalam rumah terasa dingin.
  • Adanya kebocoran air atau penggumpalan pada evaporator AC.
  • Lampu indikator berkedip.
  • Biaya listrik menjadi bengkak.
  • Penghuni rumah merasakan gejala keracunan.

Penyebab Freon AC Rumah Berkurang

Penyebab Freon AC Rumah Berkurang

Seperti diketahui, munculnya sebuah permasalahan pada AC rumah tentunya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Maka dari itu, pemilik rumah perlu mengetahui apa saja faktor penyebab freon AC rumah berkurang ataupun habis. Agar lebih jelasnya, berikut adalah daftar penyebab freon AC di rumah berkurang.

  • Pengaturan remote AC kurang sesuai.
  • Kapasitas pendingin AC tidak sesuai dengan luas ruangan di dalam rumah.
  • Tegangan listrik di dalam rumah tidak stabil.
  • Tekanan freon AC berkurang.
  • Kondisi ruangan sering terpapar sinar matahari.
  • Kompresor AC rusak.

Perbedaan Tambah dan Isi Freon AC Rumah

Perbedaan Tambah dan Isi Freon

Perlu diketahui, tentunya besaran biaya tambah freon AC di rumah akan berbeda dengan tarif jasa pengisian freon AC. Sesuai namanya, jasa penambahan freon oleh tukang service dilakukan hanya untuk menambahkan kadar freon di dalam komponen AC rumah.

Sedangkan pengisian freon AC bisa dilakukan dengan cara mengisi ulang atau menggantinya dengan yang baru. Biasanya penambahan dilakukan karena freon AC rumah berkurang, sementara pengisian dilakukan apabila terjadi kebocoran salah satu komponennya.

Biaya Tambah Freon AC Rumah

Biaya Tambah Freon AC Rumah Semua Jenis

Secara garis besar, biaya tambah freon AC rumah tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan BIAYA PEMASANGAN AC. Meskipun demikian, tetap saja besaran harga penambahan freon AC tersebut dapat berbeda di beberapa wilayah tertentu karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Adapun beberapa faktor pembeda tarif atau ongkos jasa service AC rumah tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko penambahan Freon AC. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya tambah freon AC rumah untuk semua jenis serta ukurannya.

KeteranganUkuranBiaya
Tambah freon AC R220.5 – 1 PKRp 150.000
Tambah freon AC R221.5 – 2 PKRp 200.000
Tambah freon AC R32/R4100.5 – 1 PKRp 200.000
Tambah freon AC R32/R4101.5 – 2 PKRp 250.000

Seperti dijelaskan sebelumnya, jasa penambahan serta pengisian freon AC rumah memiliki sedikit perbedaan. Hal ini juga berlaku untuk ongkos atau harga jasa pelayanannya. Dimana biaya pengisian freon AC rumah akan lebih mahal dibandingkan biaya penambahan freon AC rumah. Di bawah ini adalah rincian biaya isi freon AC untuk semua jenis beserta ukurannya.

KeteranganUkuranBiaya
Isi freon AC R220.5 – 1 PKRp 250.000
Isi freon AC R221.5 – 2 PKRp 350.000
Isi freon AC R32/R4100.5 – 1 PKRp 350.000
Isi freon AC R32/R4101.5 – 2 PKRp 450.000

Tips Merawat AC Rumah

Tips Merawat AC

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tambah freon AC rumah untuk semua jenis serta ukurannya. Selanjutnya juga akan kami berikan bagaimana tips dan cara merawat AC rumah supaya awet bertahun-tahun dan tetap dingin.

  • Gunakan timer saat menyalakan AC.
  • Bersihkan komponen filter AC secara berkala minimal 1 atau 2 bulan sekali.
  • Bersihkan kumparan kondensor AC secara rutin.
  • Pastikan termostat selalu dalam keadaan baik.
  • Pastikan kipas masih berada dalam kondisi bagus.
  • Lakukan servis AC secara berkala.
  • Pastikan daya listrik di rumah mencukupi.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa antara penambahan serta pengisian freon AC rumah memiliki sedikit perbedaan definisi. Selain itu, antara kedua kegiatan tersebut juga memiliki tarif atau biaya jasa service AC rumah yang berbeda, yaitu ongkos pengisiannya sedikit lebih mahal.

Itulah sekiranya ulasan seputar rincian biaya tambah freon AC rumah untuk semua jenis beserta ukurannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan jasa service AC rumah terdekat dalam hal penambahan freon.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kitchen Set

Jihan
3 min read

Biaya Pasang AC Rumah

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *