Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase Semua Tegangan 2022

Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase
Advertisements

Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase – Sebagaimana diketahui, penambahan daya listrik PLN seringkali menjadi kebutuhan bagi beberapa orang karena kondisi tertentu. Salah satu contohnya yaitu ketika penggunaan barang-barang elektronik di rumah ataupun kantor semakin bertambah sehingga kebutuhan listrik juga semakin meningkat.

Untungnya, saat ini pihak Perusahaan Listrik Negara atau PLN sendiri sudah menyediakan layanan berupa penambahan daya listrik kepada para pelanggannya. Dimana layanan tersebut tidak hanya bisa digunakan oleh pelanggan listrik dengan daya 1 phase saja, namun juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna listrik 3 phase.

Sebagai informasi tambahan, salah satu perbedaan paling signifikan antara listrik 1 phase dengan 3 phase yaitu bisa dilihat dari segi penggunaannya. Adapun listrik 1 phase sendiri umumnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari pada rumah-rumah tinggal, sementara listrik 3 phase lebih ditujukan pada industri skala besar seperti bisnis perhotelan.

Advertisements

Nah, apabila kalian berencana melakukan pengajuan penambahan daya listrik 3 phase ke pihak PLN, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya tambah daya listrik 3 phase dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya.

Apa Itu Listrik 3 Phase?

Apa Itu Listrik 3 Phase
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya tambah daya listrik 3 phase lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pasokan listrik bagi pelanggan di Indonesia tidak hanya dibedakan berdasarkan sistem kelistrikannya saja, namun juga berdasarkan kelompok sambungannya.

Adapun pengelompokan pasokan listrik berdasarkan sambungannya sendiri yaitu terbagi menjadi 2 jenis, yaitu listrik 1 phase dan 3 phase (dibedakan berdasarkan fase atau gelombangnya). Umumnya listrik 1 phase digunakan pada kebutuhan rumah tangga dengan kapasitas daya tidak terlalu besar. Sedangkan listrik 3 phase digunakan pada industri besar atau bisnis perhotelan.

Sesuai namanya, rangkaian listrik 3 phase ialah sebuah rangkaian yang mempunyai 3 buah keluaran simetris serta memiliki perbedaan sudut setiap phase sebesar 120°. Pada rangkaian listrik 3 phase tersebut terdapat dua jenis hubungan, diantaranya yaitu seperti hubung kawat dan hubung delta.

Dimana pada rangkaian listrik 3 phase hubung delta menggunakan 3 kawat, sementara rangkaian 3 phase hubung bintang mengunakan 4 kawat (3 kawat phase dan 1 kawat netral). Pada intinya, rangkaian listrik 3 phase lebih direkomendasikan untuk kebutuhan industri dengan skala besar.

Keunggulan Listrik 3 Phase

Perlu diketahui, pihak PLN merekomendasikan para pelaku usaha atau bisnis industri dengan skala besar untuk menggunakan listrik 3 phase. Hal ini dikarenakan rangkaian listrik 3 phase sendiri mempunyai sejumlah keunggulan. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan atau kelebihan listrik 3 phase.

  • Menyediakan daya kelistrikan lebih besar untuk industri kelas menengah dan kelas besar.
  • Arus yang mengalir untuk daya yang sama akan lebih rendah karena menggunakan tegangan lebih tinggi.
  • Untuk daya besar, kabel yang digunakan bisa lebih kecil sehingga dapat lebih menghemat biaya pembelian kabel.
  • Untuk motor induksi dengan daya besar, listrik 3 phase tidak membutuhkan kapasitor lagi guna menggerakkan motor.

Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase

Biaya Tambah Daya Listrik 3 Phase Sermua Tegangan

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga keunggulan rangkaian sistem kelistrikan 3 phase, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya administrasi pengajuan penambahan dayanya. Perlu diingat, besaran biaya tambah daya listrik 3 phase sendiri sudah diatur secara resmi oleh pihak PLN sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia.

Dimana untuk saat ini pihak PLN sendiri menentukan besaran tarif tambah daya untuk listrik 3 phase dengan hitungan per VA, entah itu untuk tegangan menengah ataupun tinggi. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai biaya tambah daya listrik 3 phase untuk semua jenis tegangan.

Kelompok SambunganBiaya
Sambungan 3 phase atau tambah daya dengan pembatasan serta pengukuran tegangan menengahRp 631 per VA
Sambungan 3 phase atau tambah daya dengan pembatasan serta pengukuran tegangan tinggiRp 535 per VA

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya tambah daya listrik 3 phase di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebijakan dan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Meskipun terdapat sebuah perubahan, biasanya pihak PLN akan memberikan informasi secara detail melalui situs ataupun sosial media resminya.

Syarat Tambah Daya Listrik 3 Phase

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya tambah daya listrik 3 phase untuk semua jenis tegangan, entah itu tegangan menengah ataupun tinggi. Selain biaya, terdapat beberapa komponen lainnya yang harus dipenuhi oleh pelanggan PLN ketika hendak mengajukan penambahan daya listrik 3 phase kepada PLN.

Secara garis besarnya, syarat tambah daya listrik 3 phase hampir sama seperti halnya persyaratan tambah daya listrik untuk UMKM. Adapun beberapa syarat dan ketentuan tambah daya listrik 3 phase tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Menyetujui ketentuan peletakan atau penempatan APP (Alat Pembatas dan Pengukur) milik PT PLN.
  • Menjaga APP serta perlengkapan milik PLN lainnya.
  • Membayar ganti rugi jika APP hilang atau rusak akibat kelalaian ataupun kesengajaan pelanggan sesuai ketentuannya.
  • Sudah membayar tagihan atas pemakaian listrik secara tepat waktu.
  • Membayar tagihan susulan apabila terdapat pelanggaran pemakaian tenaga listrik atau akibat pemakaian tidak terukur secara penuh secara resmi ke pihak PLN.
  • Menyediakan lokasi dan membayar biaya pemindahan serta ganti rugi kWh yang tidak tersalur jika memang pelanggan bermaksud untuk memindahkan tiang listrik dan peralatan pendukung lainnya atas persetujuan PLN.
  • Melapor kepada pihak PLN maksimal 7 hari setelah penyalaan pada persil pelanggan untuk memastikan kesesuaian prosedur tambah daya listrik 3 phase.

Sementara untuk pengajuan permohonan tambah daya listrik 3 phase sendiri dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara online melalui situs resmi ataupun secara offline lewat kantor cabang atau rayon PLN terdekat. Namun, pastikan kalian memenuhi semua syarat dan ketentuan di atas supaya proses penambahan daya dapat disetujui dan diterima.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya tambah daya listrik 3 phase untuk semua jenis tegangan dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengajukan permohonan penambahan daya listrik 3 phase.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.