Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Jasa Bongkar Rumah Per Meter 2022 : Tenaga & Alat

Biaya Jasa Bongkar Rumah Per Meter

Biaya Jasa Bongkar Rumah Per Meter – Membongkar rumah dengan memanfaatkan jasa pekerja borongan merupakan proses penting ketika hendak melakukan renovasi total kemudian memulai pembangunan dari nol kembali. Akan tetapi, sebelum memutuskan pembongkaran bangunan, terdapat beberapa hal penting perlu diperhatikan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya merobohkan rumah harus mempertimbangkan beberapa aspek tertentu guna mencegah pengeluaran dana membengkak dan penanganan sisa material bangunan yang salah. Dimana perencanaan tersebut dapat dimulai dari perhitungan ongkos jasa borongan, pemilihan kontraktor hingga perkiraan total anggaran biaya bongkar rumah.

Untungnya di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia sangat banyak sekali kontraktor maupun pemborong yang menyediakan jasa pembongkaran bangunan, entah itu rumah tinggal, kontrakan ataupun gedung bertingkat. Rata-rata para pekerja borongan bongkar rumah tersebut menentukan tarif atau harga dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian berencana membongkar rumah menggunakan jasa pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai biaya jasa bongkar rumah per meter di semua daerah.

Faktor Penentu Biaya Jasa Bongkar Rumah

Faktor Penentu Biaya Jasa Bongkar Rumah

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya jasa bongkar rumah per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besaran ongkos pekerjanya. Adapun beberapa faktor ataupun komponen penentu besaran harga borongan jasa bongkar rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

perkakas

1. Lokasi Bangunan

Faktor utama penentu besaran biaya jasa bongkar rumah yaitu lokasi bangunan. Apabila lokasi atau letak rumah berada di wilayah padat penduduk, maka bisa dipastikan bahwa besaran biayanya akan semakin mahal. Hal ini dikarenakan risiko keselamatan serta pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar akan semakin tinggi sehingga proses pembongkaran membutuhkan kehati-hatian ekstra.

2. Luas Bangunan

Seperti dijelaskan sebelumnya, umumnya para kontraktor ataupun pemborong menentukan besaran ongkos jasa bongkar rumah dengan hitungan per meter persegi. Selain akan mempengaruhi total anggaran biaya pembongkaran rumah, luas bangunan juga akan berdampak pada estimasi waktu pengerjaannya.

3. Material Rumah

Faktor penentu besaran biaya jasa bongkar rumah selanjutnya yaitu bahan material. Ketika bangunan menggunakan material rapuh, maka biayanya juga akan semakin murah. Begitupun sebaliknya, jika rumah menggunakan material kokoh berkualitas, maka dapat dipastikan bahwa ongkos jasa borongannya akan semakin mahal.

4. Pengurangan Harga Borongan Bongkar Rumah

Kemudian pemilihan apakah ingin menggunakan bahan material tersisa dari proses pembongkaran atau tidak juga bisa memengaruhi besaran biayanya. Oleh karena itu, penting sekali untuk menentukan material apa saja yang masih bisa digunakan kembali, pasalnya nantinya akan ada pengurangan biaya pembongkaran dari kontraktor.

5. Pemilihan Jasa Kontraktor

Komponen terakhir yang memengaruhi besaran biaya jasa bongkar rumah per meter yaitu mengenai pemilihan jasa pekerjanya. Saran kami sebaiknya gunakanlah jasa kontraktor dengan kontrak jelas dan profesional. Akan tetapi, pastinya kalian perlu mempersiapkan anggaran dana cukup besar ketika hendak menggunakan jasanya.

Biaya Jasa Bongkar Rumah Per Meter

Setelah mengetahui faktor apa saja yang menentukan besaran biaya jasa bongkar rumah per meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti angka pastinya. Mungkin besaran ongkos atau upah jasa bongkar rumah secara keseluruhan akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga borongan bongkar dinding.

Di Indonesia sendiri, umumnya para kontraktor ataupun pemborong mematok biaya jasa bongkar rumah mulai dari Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per meter perseginya. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran ongkos jasa borongan bongkar rumah tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti sudah kami jelaskan di atas.

Dimana di dalam besaran biaya jasa bongkar rumah per meter ini biasanya sudah mencakup ongkos tenaga pekerja hingga biaya sewa alat berat. Dengan kata lain, semua kebutuhan bahan material dalam proses pembongkaran rumah sudah disediakan dari pihak kontraktor ataupun pemborong.

Cara Menghitung Biaya Jasa Bongkar Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya jasa bongkar rumah per meter perseginya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan bagaimana tata cara menghitung ongkos jasa bongkar rumah menggunakan pekerja borongan. Daripada penasaran, perhatikan baik-baik perhitungan biaya jasa bongkar rumah per meter di bawah ini.

1. Luas Bangunan

Langkah pertama yaitu mencari tahu luas atau volume bangunan yang akan dibongkar. Sebagai contoh kalian akan membongkar rumah berukuran 12 m x 8 m menggunakan pekerja borongan, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang bangunan : 12 meter.
  • Lebar bangunan : 8 meter.

Perhitungan :

  • Luas bangunan : Panjang x Lebar.
  • Luas bangunan : 12 m x 8 m = 96 m2.

2. Ongkos Jasa Bongkar Rumah

Setelah mengetahui total luas bangunan, tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung besaran biaya atau ongkos jasa pembongkarannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara menghitung ongkos jasa bongkar rumah seluas 96 meter persegi menggunakan pekerja borongan.

  • Ongkos bongkar rumah : Luas bangunan x Harga jasa per meter.
  • Ongkos bongkar rumah : 96 m2 x Rp 100.000 = Rp 9.600.000.

Jadi, untuk membongkar rumah berukuran 12 m x 8 m menggunakan pekerja borongan membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 9.600.000.

Tips Memilih Jasa Bongkar Rumah

Meskipun saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong yang menawarkan jasa bongkar rumah, namun kalian juga pastinya harus pintar-pintar dalam memilihnya. Hal ini bertujuan supaya proses pembongkaran rumah nantinya biasa sesuai dengan harapan. Maka dari itu, berikut kami berikan sejumlah tips dalam memilih jasa bongkar rumah.

  • Mencari informasi secara jelas dan lengkap terkait kontraktor ataupun pemborong.
  • Analisa setiap testimoni jasa bongkar rumah dari setiap klien atau pelanggan.
  • Meminta saran kepada orang lain seperti teman ataupun keluarga.
  • Pastikan penyedia jasa bongkar rumah tersebut sudah berpengalaman.
  • Pastikan juga pemilihan jasa bongkar rumah sudah sesuai dengan bujet pengeluaran.

Akhir Kata

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar besaran biaya jasa bongkar rumah per meter di semua daerah dilengkapi dengan contoh perhitungan borongannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membongkar rumah saat hendak merenovasi bangunan dari nol.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.