Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Wastafel Kamar Mandi Minimalis Semua Tipe!

Ukuran Wastafel Kamar Mandi

Ukuran Wastafel Kamar Mandi – Seiring berjalannya waktu, fungsi wastafel kamar mandi tidak hanya digunakan sebagai tempat cuci tangan atau merias diri saja. Dimana pemilihan wastafel yang baik mampu mempercantik serta membuat kamar mandi berfungsi dengan baik dan semestinya.

Akan tetapi, terdapat cukup banyak sekali hal yang perlu dipikirkan ketika ingin membeli ataupun mengganti wastafel, salah satunya yaitu tentang ukurannya. Selain itu, sebagian besar orang juga seringkali merasa kebingungan akan hal tersebut sehingga mereka memilih untuk menunda pembeliannya.

Berbicara mengenai wastafel kamar mandi, tentunya di pasaran Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak jenis dan model yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Namun, secara garis besarnya material tersebut mempunyai ukuran standar dalam pemasangannya, terutama tentang ketinggiannya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana ingin membeli dan memasang wastafel pada kamar mandi, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukurannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai standar ukuran wastafel kamar mandi dan tips memilihnya.

Fungsi Wastafel Kamar Mandi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ukuran standar wastafel kamar mandi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi ataupun kegunaannya. Secara fungsi, wastafel kamar mandi digunakan sebagai tempat untuk membasuh tangan, mencuci muka, menyikat gigi, mencukur atau membersihkan bagian-bagian tertentu serta menunjang kegiatan sehari-hari.

Sebenarnya penempatan wastafel tidak melulu di kamar mandi, hanya saja letaknya biasanya tidak berjauhan dengan kamar mandi ataupun dapur. Misalkan terletak di kamar utama, maka penempatan wastafel biasanya berada di depan kamar mandi kamar.

Tipe Wastafel Kamar Mandi

Seiring perkembangan zaman, ragam dan bentuk wastafel kamar mandi sangat variatif, demikian pula dengan komposisi materialnya. Dimana di pasaran Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak wastafel kamar mandi berdasarkan bahan pembuatannya, mulai dari batu alam, keramik hingga kaca.

Nah, sebelum mencari tahu ukuran wastafel kamar mandi dan memutuskan untuk membelinya, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tipe ataupun jenisnya. Adapun beberapa tip wastafel kamar mandi yang sering digunakan di dalam rumah tangga tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Wastafel kamar mandi dipasang di atas meja.
  • Wastafel kamar mandi dipasang dengan tumpuan.
  • Wastafel kamar mandi dipasang menempel pada dinding.

Mungkin wastafel kamar mandi paling umum yang sering kalian lihat yaitu tipe pertama, wastafel yang dipasang di atas meja konter. Dimana wastafel jenis ini biasanya mempunyai space relatif lebih besar ketimbang jenis lainnya sehingga kalian bisa menyimpan barang di atasnya.

Kemudian untuk wastafel jenis selanjutnya biasanya terlihat unik, sebab dapat memberikan tampilan vintage pada kamar mandi. Nah, sementara wastafel kamar mandi yang dipasang menempel pada dinding juga cocok untuk ruangan berukuran kecil, pasalnya biasanya kamar mandi tidak dilengkapi dengan meja konter.

Ukuran Wastafel Kamar Mandi

Standar Ukuran Wastafel Kamar Mandi

Setelah memahami sekilas tentang pengertian, fungsi hingga jenis-jenis wastafel kamar mandi, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai ukuran standarnya. Perlu diketahui, ukuran ketinggian material tersebut sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada preferensi pribadi kalian.

Adapun ukuran standar ketinggian wastafel kamar mandi berkisar antara 29 inci sampai 36 inci atau 70 cm hingga 90 cm, tergantung pada jenis materialnya. Kemudian untuk wastafel pedestal kamar mandi yang terpisah dari lemari kabinet dibangun dengan ukuran ketinggian antara 70 cm sampai 80 cm.

Sementara wastafel kamar mandi dan lemari kabinet yang menjadi satu berkisar antara 75 cm sampai 90 cm. Secara garis besarnya, hampir tidak ada kode bangunan yang menunjukkan ketinggian minimal tertentu untuk wastafel kamar mandi, kecuali kalian ingin memasang wastafel untuk orang berkebutuhan khusus.

Dimana ketinggian standar wastafel kamar mandi yang ramah untuk penyandang disabilitas yaitu kurang lebih sekitar 34 inci dari tepi wastafel hingga lantai. Wastafel tersebut juga harus bersih dari benda apapun di bawahnya supaya wastafel bisa diakses dengan kursi roda.

Pastikan jarak bebas lutut untuk wastafel kamar mandi mempunyai dimensi setinggi 27 inci, lebar 30 inci dan kedalaman setidaknya 19 inci untuk mengakomodir kursi roda. Pengecualian diterapkan untuk wastafel kamar mandi yang hanya digunakan untuk anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.

Dimana wastafel kamar mandi ini mempunyai ukuran atau jarak lutut 24 inci di bawahnya selama tepi wastafel tidak lebih dari 31 inci dari lantai. Selanjutnya wastafel kamar mandi tersebut harus berukuran setidaknya minimal 6.5 inci di bawah peraturan ADA (American Disabilities Act).

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya saat ini sudah tersedia pekerja borongan bangunan atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan wastafel kamar mandi. Tentunya para pemborong atau kontraktor tersebut sudah memahami secara detail tentang ukuran standar dalam pemasangannya.

Tips Memilih Wastafel Kamar Mandi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai standar ukuran wastafel kamar mandi untuk semua jenis dan model dilengkapi beberapa fungsinya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih serta membeli wastafel kamar mandi.

  • Perhatikan gaya dan desain rumah.
  • Tentukan desain wastafel.
  • tentukan posisi wastafel jika ingin menggunakan meja.
  • Pilih material wastafel kamar mandi.
  • Pastikan kamar mandi muat untuk wastafel.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran wastafel kamar mandi untuk semua jenis dan model dilengkapi dengan sejumlah tips memilihnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli wastafel untuk diletakkan di kamar mandi.

Sumber gambar : sunrisespecialty.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *