Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah Standar PLN!

Ukuran Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah

Ukuran Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah – Dalam instalasi kelistrikan, pemilihan jenis kabel merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kegiatan ini bertujuan agar instalasi listrik bisa terpasang dan berfungsi dengan baik serta memberikan keamanan dalam pengoperasiannya.

Di Indonesia sendiri, semua komponen kelistrikan sudah diatur supaya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Bukan hanya itu saja, namun semua peralatan kelistrikan tersebut seperti jenis-jenis hingga ukuran kabel listrik juga harus lolos uji kelayakan.

Namun sayangnya, masih ada sebagian besar orang di luar sana yang mengeluhkan bahwa mereka belum memahami apa saja jenis-jenis kabel listrik beserta ukurannya untuk instalasi kelistrikan di rumah sesuai standar PLN. Dimana ukuran kabel listrik pada dasarnya tergantung pada tipe atau jenis hingga merknya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin melakukan pemasangan atau instalasi kelistrikan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu standar ukuran kabelnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah sesuai standar PLN untuk semu jenisnya.

Jenis Kabel Listrik Standar PLN

Sebelum pembahasan poin utama mengenai ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah sesuai standar PLN lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya. Perlu diketahui, secara garis besarnya kabel listrik merupakan sekumpulan kawat (wire) yang diikat dan terisolator yang kemudian berguna sebagai penghantar arus listrik.

Adapun komponen utama dari kabel listrik yaitu isolator dan konduktor. Sementara untuk fungsi kabel listrik juga sebenarnya berbeda-beda, tergantung dari jenis serta komponen utamanya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik jenis-jenis kabel listrik yang sesuai dengan standar PLN di bawah ini.

  • Kabel NYA.
  • Kabel NYM.
  • Kabel NYY.
  • Kabel NYAF.
  • Kabel NYFGbY.
  • Kabel NYYHY.
  • Kabel NYMHY.
  • Kabel NYMHYO.
  • Kabel BC.
  • Kabel ACSR.

Ukuran Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah

Standar Ukuran Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah

Setelah memahami sekilas pengertian hingga jenis-jenis kabel untuk instalasi listrik di rumah, selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa ukuran standarnya sesuai anjuran dari PLN. Sebenarnya pemilihan kabel instalasi listrik standar PLN untuk kebutuhan rumah tangga ukurannya mengacu pada ketentuan Persyaratan Umum Instalasi Listrik (PUIL).

Dimana di dalam peraturan tersebut mengatur semu aspek yang berkaitan dengan keselamatan dan pemasangan instalasi listrik voltase rendah untuk rumah tangga. Tidak hanya untuk bangunan dengan 1 lantai saja, namun peraturan PUIL juga akan menjelaskan tentang skema instalasi listrik pada rumah bertingkat.

PUIL telah menetapkan ukuran kabel standar untuk instalasi listrik berdasarkan daya pada penggunaan rumah tangga, seperti 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, 2.200 VA, 3.500 VA, 4.400 VA dan seterusnya. Selain itu, jenis kabel yang paling umum digunakan untuk instalasi kelistrikan di rumah yaitu tipe NYA maupun NYM.

Perlu diketahui, kode NYM pada kabel listrik tersebut mempunyai sebuah arti, yaitu seperti berikut ini.

  • N : Kabel inti tembaga.
  • Y : Isolasi PVC.
  • M : Inti kabel lebih dari satu.

Dari penjelasan di atas, maka dapat diartikan bahwa kabel NYM merupakan kabel dengan konduktor tembaga yang berjumlah lebih dari satu serta menggunakan isolasi selubung berbahan PVC. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah sesuai standar PLN dan PUIL.

  • Rumah daya 450 VA – 900 VA : Kabel NYM ukuran 3 x 2.5 mm2.
  • Rumah daya 1.300 VA – 2.200 VA : Kabel NYM minimal ukuran 3 x 2.5 mm2, atau sebaiknya ukuran 3 x 4 mm2.
  • Rumah daya 3.500 VA – 4.400 VA : Kabel NYM ukuran 3 x 4 mm2.
  • Rumah daya 5.500 VA – 7.700 VA : Kabel NYM minimal ukuran 3 x 4 mm2, atau sebaiknya ukuran 3 x 6 mm2.
  • Rumah daya 11.000 VA – 13.200 VA : Kabel NYM ukuran 3 x 10 mm2.

Sebagai informasi tambahan, kabel jenis NYM mempunyai keunggulan dari segi keamanan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kabel listrik jenis NYM menggunakan 2 lapisan selubung pada bagian luarnya serta mempunyai 3 inti kabel di dalamnya.

Ketentuan Pemasangan Kabel Untuk Instalasi Listrik Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah sesuai standar PLN berdasarkan besaran daya kelistrikannya. Perlu diketahui, pemasangan atau instalasi listrik rumah untuk beberapa jenis kabel di atas juga harus memenuhi beberapa ketentuan seperti berikut ini.

  • Dapat dipasang langsung menempel pada plesteran atau kayu maupun ditanam langsung dalam plesteran, termasuk di ruang lembab atau basah, di tempat kerja atau gudang dengan bahaya kebakaran dan ledakan.
  • Dapat dipasang langsung pada bagian bangunan, konstruksi, rangka dan sebagainya, asalkan cara instalasinya tidak merusak selubung luar.
  • Tidak diperbolehkan untuk dipasang di dalam tanah.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar ukuran kabel untuk instalasi listrik rumah sesuai standar PLN dan PUIL berdasarkan besaran daya kelistrikannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang atau menginstalasi sistem kelistrikan di rumah.

Sumber gambar : hamillcreek.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *