Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggi Kuda Kuda Bentang 12 Meter : Rumus & Cara Menghitung

Tinggi Kuda Kuda Bentang 12 Meter

Tinggi Kuda Kuda Bentang 12 Meter – Di berbagai macam daerah Indonesia, kuda kuda atap rumah sering juga disebut sebagai gunungan atau sopi-sopi. Dimana pada umumnya kuda kuda atap rumah tersebut terbuat dari berbagai macam bahan material, mulai dari konstruksi kayu, bambu, baja hingga beton bertulang.

Secara garis besarnya, konstruksi kuda kuda atap sebuah hunian terdiri dari rangkaian batang yang membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, konstruksi kuda-kuda satu sama lain akan berbeda, terlebih lagi untuk ukuran bentang kuda kuda yang nantinya juga akan mempengaruhi konstruksinya.

Berbicara mengenai bentang kuda-kuda atap rumah, salah satu ukuran yang mungkin paling sering digunakan dalam membangun rumah yaitu bentang 12 meter. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana khususnya bagi para pemula di dunia konstruksi bangunan yang kebingungan mengenai total tingginya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membangun rumah dengan bentang atap sepanjang 12 meter, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu ukuran tinggi kuda-kudanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai tinggi kuda kuda bentang 12 meter.

Kuda Kuda Bentang 12 Meter

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kuda kuda atap rumah merupakan hal yang tergolong cukup penting di dalam struktur bangunan suatu hunian. Dimana komponen atau konstruksi tersebut berfungsi sebagai penyangga utama pada struktur atap rumah.

perkakas

Oleh sebab itu, ketinggian atap rumah juga dapat ideal apabila kuda kuda sudah diperhitungkan dengan tepat sejak awal pembangunan. Namun, tak sedikit yang masih merasa kebingungan mengenai bagaimana cara menghitung tinggi kuda kuda atap rumah bagi pemula.

Nah, untuk kuda-kuda bentang 12 meter sendiri seringkali digunakan dalam membangun beberapa jenis bangunan, mulai dari rumah tinggal, gedung perkantoran dan lain sebagainya. Beberapa jenis bahan material yang sering digunakan untuk membuat kuda kuda bentang 12 meter yaitu kayu serta beton bertulang.

Rumus Menghitung Kuda Kuda

Untuk mencari tahu berapa tinggi kuda kuda bentang 12 meter, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan dengan rumus supaya hasilnya bisa lebih akurat. Dimana pada pembahasan mengenai rumus menghitung tinggi kuda kuda sebenarnya sudah dijelaskan bahwa perhitungannya cukup mudah dilakukan, asalkan paham terkait rumusnya.

Sebagai informasi tambahan, tinggi kuda kuda atap rumah juga nantinya akan sangat bergantung terhadap kemiringannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rumus menghitung tinggi kuda kuda di bawah ini, entah itu untuk kuda kuda dari kayu, bambu, baja maupun beton bertulang.

Tinggi Kuda Kuda = ½ (Panjang Bentang) x Tangen Sudut Kemiringan Atap

Tinggi Kuda Kuda Bentang 12 Meter

Cara Menghitung Tinggi Kuda Kuda Bentang 12 Meter

Setelah memahami beberapa rumus perhitungan untuk tinggi kuda kuda, maka langkah selanjutnya kalian tinggal melakukan perhitungannya. Namun, perlu diingat bahwa di atas sudah dijelaskan bahwa nantinya perhitungan tinggi kuda kuda bentang 12 meter akan dipengaruhi oleh tingkat kemiringan atap rumah itu sendiri.

Oleh sebab itu, sebelum memulai menghitung berapa tinggi kuda kuda, maka kalian diharuskan untuk mencari tahu kemiringan atap bangunannya terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan membangun rumah dengan lebar bentang 12 meter dan sudut kemiringan sebesar 30 derajat, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Lebar bentang : 12 meter.
  • Tangen sudut kemiringan : 30 derajat (0.58).

Perhitungan :

  • Tinggi kuda kuda = ½ (Panjang bentang) x Tangen sudut kemiringan.
  • Tinggi kuda kuda = (12 m ÷ 2) x 0.58.
  • Tinggi kuda kuda = 6 m x 0.58 = 3.48 m.

Jadi dari data perhitungan di atas, dengan lebar bentang 6 meter dan sudut kemiringan 30 derajat, maka tinggi kuda kuda atap rumah adalah 3.48 meter. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa tinggi kuda kuda untuk bentangan 12 meter tersebut nantinya bisa saja berbeda tergantung pada kemiringan atap rumahnya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tinggi kuda-kuda atap rumah dengan bentang 12 meter akan dipengaruhi oleh tingkat kemiringannya. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu bahwa tingkat kemiringan atap rumahnya supaya nantinya perhitungan tinggi kuda kuda bisa dilakukan dengan akurat.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung tinggi kuda kuda bentang 12 meter menggunakan rumus. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menghitung tinggi kuda-kuda atap rumah bentangan 12 meter.

Sumber gambar : facebook.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.