Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah (Pelana, Limas & Perisai)

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah – Dalam membangun sebuah hunian, struktur atap menjadi hal penting yang harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan matang sejak awal. Dimana struktur tersebut berfungsi sebagai pelindung rumah dari berbagai macam ancaman luar.

Sebagaimana diketahui, struktur atap rumah sendiri terdiri dari beberapa bagian, salah satunya yaitu kuda kuda. Kuda kuda atap rumah mempunyai fungsi penting dalam proses pembuatan rumah ataupun gedung sebagai langkah awal dalam pembuatan kerangka penopang material atap rumah.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak material bangunan yang kerap digunakan sebagai bahan pembuatan kuda kuda atap rumah. Untuk mendapatkan kuda-kuda atap rumah berkualitas baik dan presisi, pastinya dibutuhkan adanya perhitungan menggunakan rumus, khususnya untuk ketinggiannya.

Oleh sebab itu, jika kalian hendak menghitung kebutuhan material atap rumah, sebaiknya hitung terlebih dahulu ketinggian kuda kudanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan rumus tinggi kuda kuda atap rumah untuk semua jenis-jenisnya dilengkapi contoh perhitungannya.

Jenis Kuda Kuda Atap Rumah

Seperti dijelaskan sebelumnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak material bangunan yang digunakan sebagai pembuatan kuda kuda atap rumah. Sebelum pembahasan utama mengenai rumus tinggi kuda kuda baja ringan berlanjut, berikut akan kami berikan beberapa jenis-jenisnya.

1. Beton

Sesuai namanya, jenis kuda kuda beton terbuat dari beton bertulang. Umumnya jenis kuda kuda beton diterapkan untuk tempat tinggal ataupun gedung-gedung tertentu. Perlu diketahui, pemasangan kuda kuda beton harus dilakukan secara teliti supaya bangunan bisa lebih kuat dan kokoh.

2. Kayu

Kayu mungkin menjadi salah satu material bahan bangunan yang paling sering digunakan sebagai kuda kuda atap rumah. Salah satu keunggulan material kayu yaitu sifatnya lebih praktis sehingga mudah dalam penempatan komponen pendukung lainnya.

3. Batu Bata

Di dalam dunia konstruksi bangunan, pemasangan kuda kuda menggunakan bata juga kerap disebut sebagai gunungan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kuda kuda batu bata berbentuk segitiga sehingga terlihat seperti sebuah gunung. Umumnya jenis kuda kuda batu bata kerap diaplikasikan untuk atap rumah model pelana.

4. Baja Ringan

Seiring berjalannya waktu, penggunaan bahan material pembuatan kuda kuda atap rumah juga terus mengalami inovasi, salah satunya yaitu pemanfaatan baja ringan. Selain bobotnya yang tidak begitu berat, HARGA BAJA RINGAN di pasaran juga cukup terjangkau.

5. Baja Konvensional

Jenis kuda kuda atap rumah terakhir yaitu terbuat dari material baja konvensional. Biasanya kuda kuda baja konvensional ini digunakan pada bangunan-bangunan ataupun gedung-gedung berukuran besar seperti pabrik hingga pergudangan.

Rumus Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Setelah mengetahui jenis-jenis kuda kuda atap rumah, selanjutnya kalian juga harus mengerti rumus perhitungan ketinggiannya. Ketika memasang kuda kuda, sudut kemiringan atap menjadi faktor utama supaya semuanya berjalan lancar.

Dimana standar kemiringan atap rumah sendiri berada di kisaran 25 sampai 40 derajat. Namun, umumnya kebanyakan bangunan rumah tinggal ataupun gedung-gedung di Indonesia lebih sering menggunakan atap dengan kemiringan 30 derajat.

Alasan mengapa sudut kemiringan atap rumah itu penting yaitu karena nantinya perhitungan tinggi kuda kuda akan mengacu pada kemiringannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah rumus tinggi kuda kuda atap rumah untuk semua jenis-jenisnya.

Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah : ½ (Panjang Bentang) x Tangen Sudut Kemiringan Atap

Cara Menghitung Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Cara Menghitung Tinggi Kuda Kuda Atap Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rumus perhitungan kuda kuda atap rumah untuk semua jenis-jenisnya. Jika kalian belum terlalu paham atau bahkan masih bingung, jangan khawatir karena di bawah ini juga akan kami berikan contoh perhitungannya, baik itu untuk atap pelana, limas, perisai dan lain sebagainya.

Sebenarnya, perhitungan tinggi kuda kuda atap rumah hampir sama saat MENGHITUNG KUDA KUDA BAJA RINGAN. Misalkan kalian akan membuat atap rumah dengan bentang 6.5 meter dengan sudut kemiringan 30 derajat, maka tata cara menghitung tinggi kuda kuda atap rumah tersebut yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Bentang atap : 6.5 meter.
  • Kemiringan atap : Tan 30 derajat (0.58).

Perhitungan :

  • Tinggi kuda kuda : ½ (Panjang bentang) x Tangen kemiringan atap.
  • Tinggi kuda kuda : (6.5 m ÷ 2) x 0.58.
  • Tinggi kuda kuda : 3.25 m x 0.58 = 1.885 m.

Dari data perhitungan menggunakan rumus di atas, maka tinggi kuda kuda untuk atap rumah dengan panjang bentangan 6.5 meter serta kemiringan 30 derajat yaitu sekitar 1.885 meter.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rumus tinggi kuda kuda atap rumah untuk semua jenis-jenisnya dilengkapi contoh perhitungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung tinggi kuda kuda atap rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *