Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Relief Dinding Per Meter 2023: Tenaga & Material

Harga Relief Dinding Per Meter

Harga Relief Dinding Per Meter – Untuk membuat bangunan menjadi terlihat lebih menarik, berbagai macam cara dilakukan oleh banyak orang. Ada beberapa orang yang melakukan pengecatan sampai menggunakan hiasan-hiasan gantung yang cantik.

Jika sebelumnya, plitur menjadi andalan utama untuk mempercantik rumah berbahan kayu, namun kini pilihan yang tersedia sudah semakin banyak. Nah, salah satu material yang seringkali digunakan untuk memperindah dinding rumah yaitu relief.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak tukang bangunan yang menyediakan jasa pemasangan maupun pembuatan relief dinding. Dimana pada umumnya para tukang bangunan tersebut menentukan harga pemasangan dengan satuan per meter.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk membuat atau memasang relief dinding, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai harga relief dinding per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Apa Itu Relief Dinding?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai harga relief dinding per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, relief dapat diartikan sebagai senu pahatan yang diaplikasikan pada dinding sebuah bangunan.

Di Eropa, seni relief seringkali digunakan sebagai penghias sebuah ruangan di dalam bangunan. Adapun contoh relief sendiri juga bisa terlihat pada bangunan-bangunan kuno seperti candi. Sementara untuk bentuk atau model relief berbeda-beda karena polanya disesuaikan dengan konsep bangunan.

Pada umumnya, relief dinding tidak diberi warna karena strukturnya sendiri sudah cukup menonjol. Akan tetapi, terdapat juga beberapa relief bangunan yang diberikan warna menggunakan cat dinding dengan alasan supaya terlihat lebih menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Relief Dinding

Sebelum memutuskan untuk membuat relief dinding, rencanakan terlebih dahulu tentang ukuran, konsep dan lokasi ruangan yang akan diaplikasikan. Relief umumnya tidak diaplikasikan pada seluruh bagian dinding rumah, namun hanya untuk beberapa ruangan tertentu saja.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa relief dinding memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan sejumlah keunggulan serta kelemahan relief dinding.

Kelebihan

  • Mempunyai nilai estetika sangat menarik.
  • Model atau bentuknya sangat beragam.
  • Harga serta kualitasnya beragam.
  • Mampu menaikkan harga jual rumah.
  • Perawatannya cukup mudah.

Kekurangan

  • Pembuatan relief dinding membutuhkan anggaran dan lebih mahal ketimbang tembok biasa.
  • Membutuhkan tukang berpengalaman dalam proses pembuatannya.
  • Meskipun perawatannya mudah, namun perlu dilakukan secara rutin.

Harga Relief Dinding Per Meter

Daftar Harga Relief Dinding Per Meter

Setelah memahami sekilas pengertian hingga kelebihan dan kekurangan relief dinding, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar harga pemasangan ataupun pembuatannya. Seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran harga relief dinding per meter bisa saja berbeda di sejumlah wilayah.

Pada umumnya, para tukang bangunan penyedia jasa pembuatan relief dinding akan menerima desain gambar yang pelanggan atau kliennya inginkan. Dengan kata lain, setiap jasa tukang borongan pembuatan relief dinding akan mengikuti kebutuhan serta keinginan pelanggannya.

Untuk saat ini, besaran harga pembuatan relief dinding per meter perseginya berada di angka Rp 1.500.000 sampai Rp 3.500.000. Kembali lagi bahwa besaran harga jasa relief dinding per meter tersebut ditentukan berdasarkan desain motif gambar, ketebalan batu hingga luas relief.

Di dalam besaran harga jasa tersebut sudah mencakup beberapa hal mulai dari ongkos jasa tukang bangunan hingga semua kebutuhan bahan materialnya. Namun, perlu diingat bahwa harga jasa di atas bisa sewaktu-waktu berubah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Cara Menghitung Ongkos Relief Dinding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pembuatan relief dinding per meter untuk semua jenis, model dan ukurannya. Nah, kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengerti ongkos jasa tukang bangunan pemasangan relief dinding, namun tidak memahami bagaimana tata cara menghitungnya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, para tukang bangunan penyedia jasa relief dinding tersebut menentukan harga dengan satuan per meter persegi. Maka hal tersebut semakin memudahkan kalian ketika ingin menghitung berapa total kebutuhan anggaran dan untuk membuatnya.

Sebagai contoh kalian ingin membuat relief dinding untuk halaman teras depan rumah dengan ukuran panjang 4 meter serta tinggi 3 meter, maka cara menghitungnya yaitu hanya perlu mengalikan luas dinding dengan harga jasa relief per meter perseginya. Agar lebih jelasnya, perhatikan cara menghitungnya di bawah ini.

  • Luas Dinding Bangunan
    • Luas dinding = Panjang x Lebar.
    • Luas dinding = 4 m x 3 m.
    • Luas dinding = 12 m2.
  • Ongkos Reilef Dinding
    • Ongkos pekerja = Luas dinding x Harga relief dinding.
    • Ongkos pekerja = 12 m2 x Rp 1.500.000 – Rp 3.500.000.
    • Ongkos pekerja = Rp 18.000.000Rp 42.000.000.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk membuat relief dinding pada tembok berukuran 4 m x 3 m menggunakan jasa borongan tersebut yaitu kurang lebih sekitar Rp 18.000.000 sampai Rp 42.000.000. Perlu diingat, di dalam anggaran biaya tersebut nantinya sudah mencakup ongkos atau upah pekerja hingga pembelian kebutuhan bahan materialnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga jasa relief dinding per meter untuk semua jenis, model hingga ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat relief dinding di rumah.

Sumber gambar : id.aliexpress.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *