Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter 2022

Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter

Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter – Di dalam dunia konstruksi bangunan, terdapat berbagai macam jenis lantai yang seringkali digunakan pada hunian, salah satunya yaitu lantai teraso. Dimana jenis lantai ini sebenarnya sempat populer di masa lampau dan kini kembali menjadi tren untuk melengkapi desain hunian.

Secara garis besarnya, lantai teraso merupakan sebuah material yang terbuat dari campuran semen dan pasir dengan bagian atasnya dilapisi menggunakan bahan keras seperti pecahan marmer. Maka dari itu, permukaan teraso sangat berkilau dan cerah sehingga banyak digunakan sebagai material interior pada hunian hingga gedung perkantoran.

Berbicara mengenai lantai teraso, sebenarnya di Indonesia sendiri juga sudah tersedia pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan material tersebut. Pada umumnya, pada pekerja borongan tersebut menetapkan harga pemasangan lantai teraso dengan hitungan per meter persegi (m2).

Nah, apabila kalian berencana untuk memasang lantai teraso di rumah menggunakan sistem pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga pasang lantai teraso per meter mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

Apa Itu Lantai Teraso?

Apa itu Lantai Teraso

Sebelum pembahasan poin utama mengenai harga pasang lantai teraso per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah kami jelaskan sebelumnya, teraso merupakan salah satu jenis material pelapis lantai yang memiliki corak di permukaannya.

perkakas

Dimana teraso menjadi sebuah material yang terbuat dari campuran pecahan marmer, semen, tegel serta pasir. Adapun bahan material bangunan ini terkenal dengan keindahan motifnya yang tak lekang oleh waktu sehingga kerap digunakan untuk berbagai macam gedung.

Di dalam penggunaannya, lantai teraso seringkali dijadikan sebagai alternatif lantai pada rumah, sekolah, kantor dan beberapa bangunan lainnya. Hal tersebut dikarenakan lantai teraso mampu menghasilkan corak sesuai yang diinginkan karakter masing-masing bangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Teraso

Ketika memutuskan untuk menggunakan material alternatif teraso sebagai lantai hunian, pastinya kalian juga harus memperhatikan beberapa karakteristiknya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya lantai teraso juga pastinya mempunyai sejumlah keunggulan dan kelemahan yang harus dipertimbangkan.

Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan secara lengkap mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan teraso sebagai lantai sebuah hunian.

Kelebihan

  • Halus dan anti-gores.
  • Tahan lama.
  • Tidak licin.
  • Tahan beban berat.
  • Mempunyai corak elegan.
  • Proses perawatannya mudah.
  • Memiliki kemampuan penyerapan panas cukup tinggi.

Kekurangan

  • Harga lantai teraso cukup mahal.
  • Proses pemasangannya membutuhkan tenaga ahli berpengalaman.

Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter

Daftar Harga Pasang Lantai Teraso Per Meter

Seperti halnya besaran harga borongan pemasangan keramik lantai pada umumnya, pastinya ongkos jasa pemasangan lantai teraso per meter dapat berbeda di sejumlah wilayah. Hal ini dikarenakan besaran harga tenaga borongan bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, entah itu internal maupun eksternal.

Meskipun demikian, selisih perbedaan harga pasang lantai teraso per meter di beberapa daerah di Indonesia sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Sebagai gambaran, di bawah ini akan kami berikan contoh analisa harga pasang lantai teraso per meter persegi dengan ketebalan 3 cm, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
BAHAN
Lantai Teraso Cor0.036m3Rp 3.500.000Rp 126.000
TENAGA KERJA
Pekerja0.360OHRp 100.000Rp 36.000
Tukang Batu0.18OHRp 115.000Rp 20.700
Kepala Tukang0.018OHRp 130.000Rp 2.340
Mandor0.018OHRp 130.000Rp 2.340
TOTAL HARGARp 187.380

Dari data analisa di atas, maka untuk pemasangan lantai teraso setebal 3 cm oleh pekerja borongan membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 187.380 atau dibulatkan menjadi Rp 187.500 per meter perseginya. Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga pasang lantai teraso per meter di atas bisa saja berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Biaya Pasang Lantai Teraso

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga pasang lantai teraso per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui harga pemasangannya, namun tidak mengetahui bagaimana cara menghitung total kebutuhan biaya memasang lantai teraso di rumah.

Seperti halnya saat menghitung kebutuhan keramik lantai 60×60, nantinya kalian harus mengetahui total luas ruangan yang akan dipasangi lantai teraso terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik tata cara menghitung biaya pasang lantai teraso menggunakan pekerja sistem borongan berikut ini.

Luas Ruangan

Sebagai contoh kalian akan memasang lantai teraso pada ruang tamu berukuran 3 m x 4 m, maka cara menghitung total luas ruangannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas ruangan = Panjang x Lebar.
  • Luas ruangan = 4 m x 3 m.
  • Luas ruangan = 12 m2.

Biaya Pemasangan

Setelah mengetahui total luas ruangan yang akan menggunakan lantai teraso, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan biaya pemasangannya. Cara menghitungnya yaitu mengalikan luas ruangan dengan harga pasang lantai teraso per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan = Luas ruangan x Harga pasang lantai teraso.
  • Biaya pemasangan = 12 m2 x Rp 187.500.
  • Biaya pemasangan = Rp 2.250.000.

Jadi, untuk memasang lantai teraso pada ruang tamu berukuran 3 m x 4 m yaitu membutuhkan anggaran dana kurang lebih sekitar Rp 2.250.000. Di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup pembelian kebutuhan material lantai teraso hingga ongkos pekerja borongannya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga pasang lantai teraso per meter untuk semua jenis dan ukuran, mulai dari kebutuhan material sampai ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang lantai teraso di rumah.

Sumber gambar : exto.london.com, terramix.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.