Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Update Harga Pasir Urug Per M3 Semua Jenis 2022

Harga Pasir Urug Per M3

Harga Pasir Urug Per M3 – Seperti diketahui, pasir urug merupakan limbah pasir yang pembentukannya didapat dari hasil penyaringan pasir sedot dan pasir cuci. Dimana setelah menjadi limbah pasir, maka pasir urug akan tampak sangat halus dan bersih dengan ciri khas berwarna abu-abu tua atau coklat.

Salah satu keunggulan pasir urug yaitu dikenal memiliki kemampuan sangat baik dalam menyerap air. Meskipun disebut sebagai urug, namun jenis pasir ini tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan bahan urugan saja, namun bahan material tersebut juga seringkali dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Menariknya lagi, saat ini di pasaran Indonesia pasir urug sudah bisa didapatkan dengan mudah karena sudah tersedia cukup banyak supplier yang menyediakannya, khususnya untuk kebutuhan bangunan. Secara garis besarnya, para supplier pasir urug tersebut menjualnya dengan satuan per meter kubik.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk membeli pasir urug untuk kebutuhan konstruksi bangunan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai daftar harga pasir urug per m3 untuk semua jenis-jenisnya.

Kegunaan Pasir Urug

Kegunaan Pasir Urug

Sebelum pembahasan poin utama mengenai daftar harga pasir urug per m3 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, pasir urug merupakan salah satu jenis pasir yang terbentuk dari hasil penyaringan pasir cuci dan pasir sedot sehingga bisa menjadi sebuah limbah pasir.

Fungsi pasir urug sebenarnya tidak hanya sebagai bahan urugan saja, namun juga bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan lainnya. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa fungsi maupun kegunaan pasir urug di dalam sebuah proyek konstruksi bangunan.

  • Menyeimbangkan bagian permukaan tanah yang asli dan menyebarkan beban yang berasal dari bagian permukaan tanah.
  • Membuat beban dari permukaan tanah nantinya bisa dipikul secara menyeluruh dan merata.
  • Digunakan untuk material pondasi bawah bangunan dengan cara diurug atau dikubur di bagian permukaan lubang galian tanah.
  • Digunakan untuk menimbun bawah lantai sebelum memasang keramik lantai.
  • Timbunan pasir mampu memperkuat pondasi atau lantai yang memiliki tebal kurang lebih sekitar 5 sampai 10 cm.
  • Bisa digunakan untuk menghalangi banjir dengan cara memasukkan pasir ke dalam karung.

Jenis Pasir Urug

Ketika hendak mengetahui besaran harga pasir urug per m3, tentunya kalian juga harus mengetahui beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya setiap jenis pasir urug memiliki kualitas yang berbeda-beda sesuai dengan tempat penambangannya.

Adapun beberapa jenis pasir urug yang seringkali digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan konstruksi bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti di berikut ini.

  • Pasir kali.
  • Pasir dari gunung.
  • Pasir pasang.
  • Pasir beton.
  • Pasir elod.
  • Pasir merah atau jebrod.

Keunggulan dan Kelemahan Pasir Urug

Perlu diketahui, salah satu keunggulan atau kelebihan dari pasir urug yaitu bisa dilihat dari segi harganya. Dimana harga pasir urug per m3 sendiri dinilai lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan jenis pasir bangunan lainnya.

Meskipun demikian, setiap bahan material bangunan pastinya mempunyai kelebihan beserta kekurangannya masing-masing, termasuk pasir urug. Oleh karena itu, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan beberapa keunggulan dan kelemahan pasir urug.

Keunggulan

  • Tidak mudah buyar.
  • Dapat menghalangi banjir.
  • Membuat pondasi tahan gempa.
  • Mampu menyerap air dengan baik.

Kelemahan

  • Mempunyai kualitas rendah.
  • Kurang cocok apabila digunakan sebagai bahan bangunan karena tidak bisa diaduk.
  • Tidak bisa digunakan untuk membuat pondasi bangunan, entah itu untuk tembok maupun rumah.
  • Mengandung lumpur yang tinggi sehingga tidak cocok untuk konstruksi bangunan.

Harga Pasir Urug Per M3

Daftar Harga Pasir Urug Per M3

Setelah memahami sekilas pengertian, kegunaan atau fungsi, jenis hingga kelebihan beserta kekurangan pasir urug, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai besaran harganya. Pada umumnya, para supplier pasir urug menjualnya dengan satuan per meter kubik atau per m3.

Namun, seperti halnya harga pasir pada umumnya, biasanya harga pasir urug per m3 juga bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Nah, sebagai bahan patokan atau acuan buat kalian, berikut ini akan kami berikan standar harga pasir urug di pasaran Indonesia.

Jumlah Pasir UrugHarga
3.5 – 4 m3Rp 900.000
6.5 – 7 m3Rp 1.300.000
22 – 24 m3Rp 4.000.000

Catatan : Harga pasir urug per m3 di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu karena terpengaruh oleh sejumlah hal.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya beberapa penyedia atau supplier pasir urug tidak hanya menjualnya dengan harga dan satuan per m3 saja, namun juga tersedia dengan satuan per angkutan, mulai dari colt diesel, tronton hingga engkel. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar harga pasir urug per angkutan di bawah ini.

Muatan Pasir UrugHarga
Colt DieselRp 1.100.000 – Rp 1.350.000
Tronton 25 m3Rp 120.000 – Rp 200.000 per m3
Engkel 3.3 m3Rp 900.000 – Rp 1.100.000

Apabila diantara kalian ingin lebih menghemat anggaran biaya pembangunan rumah, saran kami sebaiknya gunakanlah jasa borongan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya banyak orang menganggap bahwa harga borongan urugan tanah maupun pasir lebih murah apabila dibandingkan dengan membeli material secara terpisah.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga pasir urug per m3 untuk semua jenis dilengkapi dengan kegunaan beserta kelebihan hingga kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli pasir urug untuk kebutuhan konstruksi bangunan.

Sumber gambar : google.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *