Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Rumah Type 27

Harga Borongan Rumah Type 27

Harga Borongan Rumah Type 27 – Pada dasarnya, kenyamanan sebuah hunian tidak pernah ditentukan dari ukuran rumah. Luas atau tidaknya rumah tidak menjadi patokan atau faktor yang paling menentukan tingkat kenyamanan sebuah hunian.

Memang ukuran serta luas sebuah bangunan menjadi salah satu hal yang mampu memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. Namun, bukan berarti rumah berukuran kecil atau mungil tidak bisa menciptakan suasana nyaman di dalamnya.

Salah satu jenis hunian yang tergolong dalam rumah kecil yang mampu menghadirkan sebuah kenyamanan bagi penghuninya yaitu rumah type 27. Biasanya rumah ini memiliki ukuran yang bervariasi, seperti 60 meter persegi hingga 72 meter persegi.

Dengan ukuran yang terbatas tersebut, untuk menampilkan kesan kenyamanan harus diperlukan sebuah desain serta perencanaan yang matang terkhusus biaya pembangunannya. Nah, berikut ini akan kami jelaskan mengenai beberapa biaya yang harus dipersiapkan sebelum membangun beserta harga borongan rumah type 27.

Daftar Harga Borongan Rumah Type 27

Sangat penting untuk kalian ketahui mengenai biaya borongan upah bangunan serta membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) ketika hendak membangun sebuah hunian, terutama rumah type 27. Hal itu bertujuan agar kalian dapat memperkirakan dan menghemat biaya pengeluaran ketika proses pembangunan rumah sedang berlangsung.

Biaya Pembangunan Rumah

Sebelum membahas harga borongan rumah type 27 lebih lanjut, sebaiknya kalian mengerti terlebih dahulu mengenai biaya-biaya yang harus dipersiapkan ketika hendak membangun rumah. Biaya-biaya tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Menghitung Luas Lahan

Menghitung Luas Lahan

Hal pertama yang harus kalian perhatikan yaitu menghitung luas lahan. Pastikan lahan sudah bersih dari tumbuhan serta pepohonan yang menghalangi atau mengganggu proses pengukuran. Ukurlah panjang dan lebar tanah sesuai dengan kepemilikan AJB atau SHM yang dimiliki.

2. Menghitung Biaya Desain dan Arsitek

Menghitung Biaya Desain dan Arsitek

Agar kalian mendapatkan hasil akhir dari pembangunan rumah sesuai dengan apa yang diharapkan, sebaiknya gunakan jasa desain atau arsitek profesional. Selain itu, penggunaan jasa ini juga bertujuan untuk menghindari kesalahan pada konstruksi bangunan yang kalian miliki.

3. Menghitung Biaya Material Bangunan

Menghitung Biaya Material Bangunan

Setelah mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan, barulah kalian bisa mengecek daftar harga material bahan bangunan yang diperlukan seperti SEMEN, pasir, batu bata, paku dan lain sebagainya. Meskipun tahapan ini bisa kalian serahkan kepada kontraktor, namun sebaiknya kalian juga harus mempunyai perhitungan sendiri. Dengan begitu, kalian tidak perlu khawatir biaya akan membengkak di tengah-tengah proses pembangunan.

4. Menghitung Biaya Ongkos Pekerja

Menghitung Biaya Ongkos Pekerja

Untuk upah atau ongkos pekerja ini biasanya akan berbeda-beda pada daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Saran kami, pilihlah pemborong atau kontraktor yang sudah berpengalaman dan dapat dipercaya sehingga kalian bisa mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.

5. Mempersiapkan Biaya lainnya

Mempersiapkan Biaya lainnya

Ketika sedang melakukan pembangunan rumah, biasanya akan ada biaya tambahan yang sifatnya tidak terduga atau mendadak. Seperti contoh kalian ingin melakukan perubahan konstruksi ataupun harga material naik. Oleh karena itu, sebaiknya siapkan dana sebesar 10% dari total anggaran biaya bangun rumah untuk keperluan tidak terduga.

Harga Borongan Rumah Type 27 Per Meter

Harga Borongan Rumah Type 27 Per Meter

Untuk harga borongan rumah type 27 ini biasanya berbeda-beda, maka dari itu kalian harus rajin mencari informasi yang terbaru. Namun, secara umum harga borongan bangunan memiliki standar berdasarkan jenis pekerjaannya masing-masing. Di bawah ini adalah rincian harga borongan pembangunan rumah berdasarkan jenis pekerjaannya yang sudah kami rangkum untuk kalian.

1. Persiapan

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Pekerjaan Direksitm2Rp 53.000
Bouwplankm1Rp 32.000
Pemagaranm1Rp 33.000

2. Galian dan Pondasi

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Pekerjaan Tanah Pondasim3Rp 80.500
Pemasangan Batu Kalim3Rp 93.000
Urugan Tanah Levelingm3Rp 49.000
Lantai kerjam2Rp 18.000

3. Beton Bertulang

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Beton Sloofm1Rp 52.000
Beton Bertulang Kolom Praktism1Rp 42.000
Beton Bertulang Ring Balokm1Rp 49.000
Beton Balok Dakm1Rp 71.000
Beton Plat Dakm1Rp 60.000

4. Pemasangan Batu Bata

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Pemasangan Batu Batam2Rp 50.000
Plesteranm2Rp 35.000
Acianm2Rp 25.000
Pemasangan Sekonenganm1Rp 55.000

5. Kusen

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Pemasangan Kusen PintuunitRp 110.000
Pemasangan Daun Pintu PanelunitRp 150.000
Pemasangan Kusen JendelaunitRp 75.000
Pemasangan Daun JendelaunitRp 77.000

6. Rangka Atap

URAIAN PEKERJAANSATUANHARGA
Pemasangan Atapm2Rp 98.000
Pemasangan Kerpusm2Rp 80.000
Pemasangan Listplankm1Rp 45.000
Pemasangan Talangm1Rp 45.000

Tips Hemat Biaya Pembangunan Rumah

Tips Hemat Biaya Pembangunan Rumah Type 27

Perlu kalian ingat, dalam proses perencanaan dan pembangunan harus dilakukan serta diawasi dengan teliti. Agar dapat menghemat pengeluaran dalam membangun rumah impian, kalian perhatikan beberapa tips yang akan kami berikan berikut ini.

  • Merencanakan pembangunan dengan matang sejak awal
  • Gunakan desain yang tidak rumit dan minimalis
  • Carilah tim konstruksi yang efisien
  • Lakukan riset dan survei sendiri harga material bangunan
  • Bangun rumah sedikit demi sedikit atau secara bertahap

Akhir Kata

Penting untuk kalian mengetahui harga borongan sebuah bangunan. Selain kalian bisa memperkirakan pengeluaran, kalian juga dapat menentukan perlu tidaknya suatu pekerjaan untuk dilakukan apabila memiliki anggaran biaya yang mepet.

Jika kalian menginginkan pekerjaan konstruksi pembangunan yang lengkap, tentu kalian harus menambah anggaran dana pengeluaran dalam pembangunan rumah. Demikian beberapa informasi yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai biaya-biaya serta harga borongan rumah type 27.

Harga Borongan Rumah Type 27

IDR 18000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Paving Block

Jihan
3 min read

Harga Kusen Aluminium

Jihan
2 min read

Harga Besi Hollow

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *