Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Kerpus

Harga Borongan Pasang Kerpus

Harga Borongan Pasang Kerpus – Ketika sedang membangun sebuah hunian, struktur atap menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan dan diperhitungkan dengan matang. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia sangat banyak sekali material atap di pasaran yang bisa digunakan, salah satunya yaitu atap genteng.

Tidak hanya sekedar memperhatikan material gentengnya saja, namun kalian juga harus memperhitungkan pemasangan kerpus. Kerpus sendiri merupakan sebuah material yang digunakan untuk menutupi perpotongan antara sudut atap pada bagian puncak atau biasa disebut dengan bubungan.

Jika kerpus dipasang secara asal-asalan atau sembarangan tanpa memperhitungkan tingkat kerapiannya, maka bisa menyebabkan atap rumah mengalami kebocoran. Untungnya, kini sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menyediakan jasa pelayanan pasang kerpus.

Umumnya para pekerja borongan pemasangan kerpus atap rumah genteng tersebut mematok harga dengan satuan per meter. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membantu kalian dalam mencari tahu daftar harga borongan pasang kerpus per meter di semua daerah.

Jenis Kerpus

Jenis Kerpus

Sebelum membahas terkait harga borongan pasang kerpus lebih dalam, alangkah baiknya pahami beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu. Untuk saat ini, kerpus atap genteng hanya tersedia dalam 3 jenis, yaitu kerpus flat garis, kerpus flat batu serta kerpus bulat.

Sebenarnya ketiga jenis kerpus atap rumah genteng tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan jika dilihat dari segi bahan dasar atau material pembuatannya. Hanya saja masing-masing kerpus ini memiliki bentuk dan ukuran berbeda sesuai dengan namanya.

Kelebihan dan Kekurangan Kerpus

Kelebihan dan Kekurangan Kerpus

Setiap bahan material bangunan khususnya material atap rumah pastinya mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk kerpus. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan material kerpus.

Kelebihan

  • Kualitas kerpus sudah terjamin.
  • Memiliki sifat kuat dan kokoh.
  • Tersedia dalam beragam variasi sehingga bisa disesuaikan dengan konsep dan model rumah.
  • Sangat cocok apabila diaplikasikan pada rumah minimalis serta perkantoran.
  • Bisa diberi warna sesuai keinginan sehingga bisa disesuaikan dengan warna genteng.

Kekurangan

  • Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan material sejenisnya.
  • Bobot kerpus cukup berat.
  • Mudah mengalami keretakan apabila terbentur benda keras.

Harga Borongan Pasang Kerpus Per Meter

Harga Borongan Pasang Kerpus Per Meter

Seperti halnya HARGA BORONGAN PASANG GENTENG, besaran upah jasa borongan dalam memasang kerpus juga bisa berbeda di beberapa daerah. Umumnya perbedaan harga borongan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lokasi pekerjaan, tingkat kesulitan pemasangan, jenis kerpus hingga risiko pemasangannya.

Seperti dijelaskan di atas, pekerja borongan atau kontraktor mematok harga borongan pemasangan kerpus dengan hitungan per meter. Untuk besaran harga atau tarif jasa borongan pasang kerpus sendiri berada di kisaran Rp 80.000 sampai Rp 100.00 per meternya.

Perlu diingat bahwa besaran ongkos tukang borongan dalam pemasangan kerpus tersebut hanya merupakan tenaga kerja saja. Dengan kata lain, pihak kontraktor tidak menyediakan alat dan bahan pemasangan seperti material kerpus serta semen sehingga pemilik rumah harus mencari dan membelinya sendiri.

Cara Menghitung Biaya Pasang Kerpus

Cara Menghitung Biaya Pasang Kerpus

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang kerpus per meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Secara garis besar, perhitungan biaya pasang kerpus hampir mirip seperti MENGHITUNG KEBUTUHAN NOK GENTENG.

Pasalnya, nantinya kalian hanya perlu mencari tahu total panjang atap rumah genteng ketika hendak menghitung biaya pasang kerpus. Sebagai contoh kalian akan memasang kerpus pada atap rumah genteng model pelana sepanjang 14 meter, maka cara menghitung biaya pemasangannya yaitu seperti di bawah ini.

  • Biaya pemasangan kerpus : Panjang atap x Harga borongan.
  • Biaya pemasangan kerpus : 14 m x Rp 80.000 = Rp 1.120.000.

Jadi, total biaya pemasangan kerpus pada atap rumah genteng model pelana sepanjang 14 meter menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.120.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa di dalam besaran anggaran biaya tersebut hanya mencakup ongkos tenaga kerja borongannya saja.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif atau ongkos jasa pemborong dalam pemasangan kerpus dihitung dengan satuan per meter. Selain itu, besaran harga borongan tersebut juga bisa saja berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor.

Itulah sekiranya penjelasan seputar rincian harga borongan pasang kerpus per meter dilengkapi perhitungan biaya pemasangannya versi Epropertyrack. Semoga pembahasan di atas bisa dijadikan sebagai gambaran ketika hendak memasang kerpus pada atap genteng di rumah menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang Kerpus

IDR 80000
9.4

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Kualitas

9.3/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *