Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Melamin Pintu

Harga Borongan Melamin Pintu

Harga Borongan Melamin Pintu – Sebagian besar dari kalian pasti sudah pernah mendengar tentang cat melamin atau melamine. Cat melamin sendiri merupakan salah satu produk yang kerap digunakan dalam pembuatan mebel serta produk lainnya dari kayu seperti kusen, pintu hingga jendela.

Tujuan dari pelapisan cat melamin pada pintu, jendela atau kusen tersebut bertujuan agar komponen menjadi lebih awet serta tampilannya lebih menarik. Pasalnya, pengerjaan dengan melamin ini akan menghasilkan lapisan finishing dengan warna transparan namun mengkilap.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaan melamin pintu. Tentunya mereka juga memiliki ketentuan terkait ongkos atau tarif tenaga borongan pengerjaan melamin daun pintu per buah ataupun per unit.

Jika kalian berencana melakukan finishing pintu dengan melamin menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan melamin pintu per daunnya.

Apa Itu Finishing Melamin?

Apa Itu Finishing Melamin

Seperti dijelaskan di atas, melamin sendiri merupakan sebuah produk finishing dalam pembuatan mebel dan produk-produk lainnya dari kayu. Di dalam proses finishing sendiri, melamin merujuk pada produk sejenis plitur yang mampu memberikan tampilan lebih baik. Akan tetapi, biasanya harga bahan finishing melamin sedikit lebih mahal dibandingkan dengan HARGA CAT KAYU.

Kelebihan dan Kekurangan Melamin

Kelebihan dan Kekurangan Melamin

Sebagaimana diketahui, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk melamin. Sebelum pembahasan mengenai harga borongan melamin pintu lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Proses pengeringan lebih cepat.
  • Hasil akhir film lebih keras dan tebal.
  • Memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap air, alkohol serta beberapa zat kimia lainnya.
  • Memiliki tingkat ketahanan tinggi terhadap blocking (tanda bekas akibat tumpukan atau packing mark).
  • Memiliki tingkat kekerasan mencapai 2H sehingga daya tahan terhadap goresan sangat baik.
  • Mampu memberikan permukaan film mulus.
  • Mampu menampilkan pola serta kayu terutama pintu sehingga menimbulkan kesan hidup dan hangat.

Kekurangan

  • Rentan terhadap keretakan apabila terkena panas secara terus menerus.
  • Warna transparan akan berubah menjadi kuning jika terkena paparan sinar matahari secara terus menerus.
  • Rentan terhadap goresan.
  • Proses pengerjaan melamin pintu tergolong cukup lama.

Harga Borongan Melamin Pintu

Harga Borongan Melamin Pintu Per Unit

Perlu diketahui, mungkin besaran harga borongan melamin pintu per unit bisa berbeda di beberapa wilayah atau daerah. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pengerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya.

Di Indonesia sendiri pekerjaan borongan melamin daun pintu dapat dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu borongan tenaga serta borongan plus material. Dimana borongan tenaga berarti pemborong hanya menyediakan tenaga kerjanya saja, sementara borongan plus material berarti pemborong menyediakan tenaga kerja serta bahan materialnya.

Biasanya besaran harga borongan tenaga melamin pintu di beberapa daerah berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 250.000 per unitnya. Sedangkan harga borongan melamin pintu plus bahan pastinya lebih mahal, yaitu kurang lebih sekitar Rp 600.000 hingga Rp 650.000.

Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja borongan melamin pintu plus material sehingga kalian tidak perlu repot-repot mencari bahan materialnya sendiri. Selain itu, jika dihitung-hitung harga borongan plus material tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga borongan tenaga saja.

Cara Menghitung Biaya Melamin Pintu

Cara Menghitung Biaya Melamin Pintu

Setelah mengetahui harga borongan melamin pintu per unitnya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total biaya pengerjaannya. Sebenarnya cara menghitung biaya melamin pintu sangat mudah untuk dilakukan, sebab kalian hanya perlu mengalikan total unit daun pintu dengan ongkos jasa borongannya.

Misalkan kalian akan melakukan pengerjaan melamin pada 4 buah PINTU MODEL KUPU TARUNG menggunakan pekerja borongan plus material, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Biaya melamin pintu : Jumlah daun pintu x harga borongan.
  • Biaya melamin pintu : 4 unit x Rp 600.000 = Rp 2.400.000.

Jadi, total biaya untuk pengerjaan melamin 4 daun pintu menggunakan pekerja borongan plus bahan yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.400.000. Saran kami sebaiknya mintalah kepada para pemborong untuk menggunakan bahan material berkualitas meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pengerjaan melamin daun pintu bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan karena beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan melamin pintu per unit atau per buah untuk semua jenis-jenisnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak melakukan finishing melamin pintu menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Melamin Pintu

IDR 200000
9.4

Harga

9.3/10

Kualitas

9.5/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *