Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Harga Borongan Cat Zinc Chromate Per Meter 2022 : Jenis & Merk

Harga Borongan Cat Zinc Chromate

Harga Borongan Cat Zinc Chromate – Sebagaimana diketahui, cat mempunyai peran penting pada elemen sebuah hunian. Dimana cat tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dinding atau tembok saja, namun bahan material bangunan tersebut juga dapat dijadikan sebagai cerminan kepribadian pemilik rumah.

Maka dari itu, tidak jarang pula cat hadir dengan berbagai macam jenis serta turunan skala warna supaya seseorang bebas memilih sesuai dengan keinginan serta kebutuhan. Di pasaran Indonesia sendiri, cat tersedia dalam beragam jenis yang pastinya memiliki karakteristik, fungsi dan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Salah satu jenis cat yang sering digunakan oleh sebagian besar orang untuk melapisi material rentan terhadap karat atau korosi yaitu cat zinc chromate primer. Dengan kata lain, cat zinc chromate dimanfaatkan oleh para pekerja ataupun tukang bangunan untuk melapisi beberapa material seperti besi, seng hingga baja.

Nah, jika diantara kalian berencana melapisi beberapa jenis material tersebut menggunakan cat zinc chromate, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan cat zinc chromate per meter perseginya.

Fungsi Cat Zinc Chromate

Fungsi Cat Zinc Chromate

Sebelum membahas poin utama mengenai daftar harga borongan cat zinc chromate lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi ataupun kegunaan salah satu jenis material bahan bangunan tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, cat zinc chromate ialah sebuah jenis cat dasar untuk logam yang bahannya terbuat dari zinc chromate.

perkakas

Dimana salah satu tujuan dilakukannya pengecatan zinc chromate yaitu untuk menghindari karat atau korosi pada logam. Hal ini dikarenakan cat zinc chromate mempunyai resin sintetik dan daya anti karat terbaik di kelasnya. Adapun penggunaan cat zinc chromate di dalam dunia konstruksi bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti pada pengecatan logam, seng, besi, baja hingga jenis logam lainnya.

Keunggulan Cat Zinc Chromate

Di atas sudah kami singgung bahwa setiap jenis cat di dalam dunia konstruksi bangunan memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing, termasuk cat zinc chromate. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan cat zinc chromate, ada baiknya pahami beberapa keunggulannya berikut ini.

1. Daya Lekat Terbaik

Sebagai cat dasar besi dan baja, zinc chromate mempunyai kemampuan daya lekat serta daya sebar terbaik di kelasnya. Menariknya lagi, produk cat besi ini juga bisa diaplikasikan menggunakan berbagai macam media, entah itu roll, kuas maupun spray.

2. Memberi Perlindungan Terhadap Karat

Cat zinc chromate juga memberikan penggunanya jaminan cat anti karat ketika digunakan untuk melapisi besi dan baja. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab cat zinc chromate mempunyai resin sintetik sehingga memiliki daya anti korosi terbaik sebagai cat dasar besi serta baja.

Harga Borongan Cat Zinc Chromate Per Meter

Harga Borongan Cat Zinc Chromate Per Meter

Seperti halnya harga borongan cat tembok pada umumnya, besaran ongkos jasa borongan cat zinc chromate juga dapat berbeda di sejumlah wilayah di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya besaran harga ataupun upah jasa borongan nantinya dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai dari kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan sampai risiko pengecatannya.

Selain itu, jenis, merk produk beserta warna cat zinc chromate juga nantinya dapat mempengaruhi total harga borongan pengerjaannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap daftar harga borongan cat zinc chromate untuk semua jenis dan merek per meter perseginya.

MerkSatuanHarga Borongan
Catylacm2Rp 18.000 – Rp 20.000
Duluxm2Rp 18.000 – Rp 19.000
Jotun Jotaplastm2Rp 19.000 – Rp 21.000
Jotun Majesticm2Rp 20.000 – Rp 22.000
Jotunm2Rp 20.000 – Rp 22.000
Propanm2Rp 20.000 – Rp 22.000
Mowilexm2Rp 21.000 – Rp 23.000

Perlu diingat, besaran harga borongan di atas merupakan daftar ongkos jasa tukang dalam pengerjaan cat zinc chromate sesuai merek dan jenisnya saja, belum termasuk pembelian bahan materialnya. Dengan kata lain, para pemborong ataupun kontraktor hanya menyediakan tenaga borongan pengecatannya saja, tidak menyertakan bahan materialnya.

Cara Menghitung Borongan Cat Zinc Chromate

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cat zinc chromate untuk semua jenis dan merk per meter perseginya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung ongkos atau upah jasa borongan pengecatan zinc chromate pada baja dan besi.

Pada bangunan seperti rumah-rumah tinggal ataupun gedung perkantoran, biasanya mereka menggunakan material konstruksi baja WF yang harus dilapisi oleh cat zinc chromate. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung borongan cat zinc chromate per meter perseginya.

Sebagai contoh kalian akan melakukan pengerjaan pengecatan zinc chromate pada material baja WF berukuran 200 x 100 x 5, 5 x 8 dengan total panjang 100 meter. Maka cara menghitung luas bidang cat baja WF tersebut diantaranya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Luas cat : ((0.2 x 2) + (0.1 x 4) x 100 = 80 m2.

Dari data perhitungan di atas, maka total luas bidang pengecatan zinc chromate untuk baja WF berukuran 200 x 100 x 5, 5 x 8 sepanjang 100 meter yaitu 80 meter persegi. Kemudian cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung ongkos borongan pengerjaannya. Misalkan kalian hendak mengunakan cat zinc chromate merk Dulux, maka siapkan anggaran biaya seperti perhitungan berikut ini.

  • Ongkos borongan : Luas pekerjaan x Harga borongan cat per meter persegi.
  • Ongkos borongan : 80 m2 x Rp 18.000 = Rp 1.440.000.

Jadi, total kebutuhan anggaran biaya untuk pengerjaan cat zinc chromate merk Dulux pada material baja WF seluas 80 meter persegi menggunakan jasa pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.440.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya pengerjaan cat zinc chromate tersebut hanya untuk upah atau ongkos jasa tenaga kerjanya saja.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan seputar daftar harga borongan cat zinc chromate per meter persegi untuk semua jenis dan merk versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan jasa pekerja borongan dalam pengerjaan cat zinc chromate.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.