Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Vinyl

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Vinyl

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Vinyl – Belakangan ini penggunaan lantai vinyl menjadi tren baru di sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya lantai vinyl mampu mengubah tampilan interior rumah menjadi lebih cantik dan indah tanpa perlu merenovasi lantai secara keseluruhan.

Selain mudah dalam proses pemasangannya, lantai vinyl juga saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam motif, konsep hingga tekstur menarik. Motif lantai vinyl yang kerap menjadi incaran masyarakat biasanya memiliki corak serat kayu karena diklaim mampu membuat hunian menjadi lebih elegan serta terkesan lebih mewah.

Akan tetapi, saat proses pemasangan lantai vinyl di rumah tentunya membutuhkan adanya perhitungan matang sejak awal, baik itu kebutuhan material ataupun biaya pemasangannya. Perlu diketahui, total kebutuhan material lantai vinyl sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari jenis hingga ukuran materialnya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana memasang lantai vinyl untuk memperindah tampilan interior ruangan, sebaiknya hitung terlebih dahulu kebutuhannya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung kebutuhan lantai vinyl untuk semua jenis beserta ukurannya.

Jenis Lantai Vinyl

Sebelum pembahasan utama mengenai cara menghitung kebutuhan lantai vinyl berlanjut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa jenisnya. Hingga kini setidaknya terdapat 4 jenis lantai vinyl yang tersedia di pasaran, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Lantai Vinyl Plank

Lantai Vinyl Plank

Lantai vinyl plank biasanya hadir dengan bentuk persegi panjang bermotif kayu berukuran panjang 90 cm sampai 100 cm serta lebar 10 cm hingga 20 cm. Jika dilihat dari segi tampilannya, lantai vinyl jenis ini memang terlihat seperti material kayu asli.

Lantai Vinyl Roll

Lantai Vinyl Roll

Sesuai namanya, lantai vinyl jenis ini berbentuk menyerupai gulungan. Lebar lantai vinyl jenis roll sekitar 2 meter, sementara untuk panjangnya yaitu bisa mencapai 25 meter. Uniknya, lantai vinyl roll memiliki ketebalan yang cukup bervariasi, yaitu 0.5 mm sampai 2.2 mm sehingga membuatnya tidak mudah rusak maupun pecah.

Lantai Vinyl Tile

Lantai Vinyl Tile

Jenis lantai vinyl selanjutnya memiliki bentuk menyerupai keramik tanah liat. Dimana lantai vinyl tile berbentuk persegi berukuran 30 cm sampai 50 cm sedangkan ketebalannya sendiri mulai dari 1.5 mm sampai 3 mm, tergantung pada mereknya.

Lantai Vinyl Click

Lantai Vinyl Click

Lantai vinyl jenis terakhir ini cukup berbeda dengan beberapa jenis di atas. Sebab, proses pemasangan lantai vinyl click tidak memerlukan lem karena sudah dilengkapi dengan sistem penguncian khusus. Umumnya lantai vinyl click dijual dalam bentuk persegi panjang dengan tebal sekitar 5 mm.

Ukuran Standar Lantai Vinyl

Ukuran Standar Vinyl

Sebagaimana diketahui, total kebutuhan material lantai vinyl akan dipengaruhi oleh dimensinya, baik itu dari segi panjang, lebar hingga ketebalannya. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan berikut akan kami berikan beberapa daftar ukuran standar lantai vinyl disertai jumlah per boxnya.

DimensiIsi Per Box
15 cm x 91.5 cm x 2 mm36
15 cm x 91.5 cm x 3 mm18
15 cm x 91 cm x 3 mm24
18 cm x 92 cm x 3 mm24
15.24 cm x 91.44 cm x 3 mm20

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Vinyl

Sebenarnya cara menghitung kebutuhan lantai vinyl di rumah hampir mirip seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN KERAMIK 50X50. Hal tersebut dikarenakan kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu total luas atau volume bidang pekerjaan lantai yang akan dipasangi material vinyl. Daripada penasaran, berikut adalah tata cara perhitungan total kebutuhannya.

Volume Pekerjaan Lantai

Volume Pekerjaan Lantai

Cara pertama yaitu silahkan cari tahu terlebih dahulu volume bidang pekerjaan lantai sebuah ruangan. Misalkan kalian akan memasang lantai vinyl berukuran 15 cm x 91 cm x 3 mm pada ruang tamu dengan panjang 5 meter serta lebar 4 meter, maka perhitungan volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter.
  • Lebar ruangan : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume lantai ruangan : Panjang x Lebar.
  • Volume lantai ruangan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Kebutuhan Lantai Vinyl

Kebutuhan Lantai Vinyl

Cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan material lantai vinyl untuk ruang tamu seluas 20 meter persegi. Perlu diketahui, biasanya lantai vinyl dimensi tersebut mampu menutup luas permukaan sekitar 3.34 meter yang berisikan 24 pcs per box.

Untuk tata cara menghitung kebutuhannya sendiri yaitu membagi luas bidang pekerjaan lantai dengan luas permukaan lantai vinyl. Agar lebih jelas, simak baik-baik cara menghitung kebutuhan material lantai vinyl pada ruangan seluas 20 meter persegi di bawah ini.

  • Kebutuhan material : Volume pekerjaan ÷ Luas permukaan lantai vinyl.
  • Kebutuhan material : 20 m2 ÷ 3.34 m = 5.9 box.

Jadi, total kebutuhan material lantai vinyl berukuran 15 cm x 91 cm x 3 mm untuk ruang tamu berukuran 5 m x 4 m yaitu kurang lebih sekitar 5.9 box atau dibulatkan menjadi 6 box (144 pcs). Ketika hendak memasangnya, saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja borongan atau kontraktor berpengalaman.

Hal tersebut dikarenakan HARGA BORONGAN LANTAI VINYL diklaim lebih murah ketimbang pekerja dengan sistem harian. Selain itu, pekerja borongan tersebut juga biasanya mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu sesuai perjanjian sebelumnya.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa langkah-langkah perhitungan kebutuhan lantai vinyl sebenarnya mudah untuk dilakukan. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa setiap dimensi atau ukuran lantai vinyl nantinya akan mempengaruhi total kebutuhannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung kebutuhan lantai vinyl untuk semua jenis beserta ukurannya. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan sebagai bahan referensi ketika hendak menghitung kebutuhan material lantai vinyl.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *