Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Cara Menghitung Biaya Galian Tanah Per Meter : Jenis & Ukuran

Cara Menghitung Biaya Galian Tanah Per Meter 1

Cara Menghitung Biaya Galian Tanah Per Meter – Seperti diketahui, pekerjaan galian tanah menjadi hal paling penting dalam proses pembuatan sebuah bangunan. Adapun beberapa fungsi galian tanah tersebut diantaranya yaitu seperti untuk membuat lubang pondasi, lubang septic tank dan peresapan atau menurunkan level tanah yang akan digunakan untuk lokasi pembangunan.

Selain itu, pengolahan ketinggian lahan atau proses cut and fill juga seringkali melibatkan pekerjaan galian tanah. Dimana pengerjaan menggali tanah sendiri dapat dilakukan menjadi dua cara yaitu menggunakan cara manual atau mengandalkan tenaga manusia serta dengan bantuan alat-alat besar seperti excavator.

Tentunya setiap hendak membangun rumah impian sendiri, tentunya kalian harus merencanakan semua kebutuhan komponennya dengan matang sejak awal, khususnya Rincian Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya. Akan tetapi, masih ada beberapa orang diluar sana mengeluhkan bahwa mereka kebingungan mengenai bagaimana tata cara menghitungnya, termasuk pekerjaan galian tanah.

Maka dari itu, jika kalian berencana melakukan pengerjaan galian tanah untuk berbagai macam jenis kebutuhan di rumah, ada baiknya analisa biayanya terlebih dahulu. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya galian tanah per meter, entah itu tanah biasa, keras, cadas hingga tanah lumpur.

Komponen Pekerjaan Galian Tanah

Komponen Pekerjaan Galian Tanah

Sebelum membahas poin utama mengenai cara menghitung biaya galian tanah per meter lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa komponen-komponen beserta material yang nantinya akan masuk ke dalam RAB. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah kebutuhan komponen di dalam pekerjaan galian tanah.

perkakas

Peralatan

Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam pekerjaan galian tanah tentunya tidak ada material yang dibutuhkan. Pasalnya hasil pengerjaannya yaitu hanya lubang atau galian pada tanah dengan ukuran yang sudah sesuai gambar atau teknis kebutuhannya. Maka dari itu, biasanya kalian hanya membutuhkan beberapa peralatan seperti berikut ini.

  • Linggis.
  • Sekop.
  • Cangkul.
  • Excavator (proyek skala besar).

Tenaga Kerja

Selain beberapa peralatan di atas, kalian juga harus memperhatikan salah satu komponen lainnya, yaitu mengenai tenaga kerjanya. Dimana ongkos atau upah tenaga kerja galian tanah juga nantinya akan masuk ke dalam RAB bangunan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa jenis tenaga kerja dalam pengerjaan galian tanah.

  • Pekerja.
  • Mandor.

Catatan : Komponen mandor dapat dihilangkan apabila pekerjaan galian tanah dilakukan dalam skala kecil dan mudah dikerjakan.

Rumus Menghitung Volume Galian Tanah

Pada pembahasan sebelumnya mengenai harga borongan galian tanah pondasi per meter sudah pernah kami jelaskan bahwa untuk mengetahui berapa besar ongkos tenaga kerja, maka kalian harus mengetahui total volume bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Maka dari itu, supaya hasil perhitungan volume galian tanah bisa lebih akurat, saran kami sebaiknya gunakanlah rumus.

Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana rumus menghitung volume galian tanah untuk semua jenis pekerjaan.

Volume Galian = Panjang x Lebar x Tinggi Galian

Catatan : Volume pekerjaan galian tanah tidak dapat dihitung dari volume tanah bekas galian karena nantinya akan melibatkan kedalaman galian.

Analisa Biaya Galian Tanah Per Meter

Analisa Biaya Galian Tanah Per Meter

Ketika hendak mengetahui bagaimana cara menghitung biaya galian tanah per meter, maka pastinya kalian harus mengerti analisa perhitungan biaya per meter perseginya terlebih dahulu. Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat ini terdapat beberapa jenis pekerjaan galian tanah, mulai dari tanah biasa, keras, cadas hingga tanah lumpur.

Dimana tentunya setiap analisa biaya galian tanah per meter tersebut memiliki standar ideal pengerjaannya. Hal ini juga tercantum di dalam SNI 2835:2008 serta indeksnya akan berbeda tergantung kedalaman galian serta jenis tanah. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap analisa biaya galian tanah per meter untuk setiap jenis dan kedalamannya.

Tanah Biasa

NoKeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
AKedalaman 1 Meter
Pekerja0.75OHRp 100.000Rp 75.000
Mandor0.025OHRp 150.000Rp 3.750
Total BiayaRp 78.750
BKedalaman 2 Meter
Pekerja0.9OHRp 100.000Rp 90.000
Mandor0.045OHRp 150.000Rp 6.750
Total BiayaRp 96.750

Tanah Kasar

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Kedalaman 1 Meter
Pekerja1OHRp 100.000Rp 100.000
Mandor0.032OHRp 150.000Rp 4.800
Total BiayaRp 104.800

Tanah Cadas

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Kedalaman 1 Meter
Pekerja1.5OHRp 100.000Rp 150.000
Mandor0.06OHRp 150.000Rp 9.000
Total BiayaRp 159.000

Tanah Lumpur

KeteranganKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Kedalaman 1 Meter
Pekerja1.2OHRp 100.000Rp 120.000
Mandor0.045OHRp 150.000Rp 6.750
Total BiayaRp 126.750

Cara Menghitung Biaya Galian Tanah Per Meter

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai analisa biaya pengerjaan galian tanah per meter, entah itu untuk kedalaman 1 meter ataupun 2 meter. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total kebutuhan anggaran biaya untuk melakukan pekerjaan galian tanah. Daripada penasaran, berikut adalah cara menghitung biaya galian tanah per meter untuk semua jenis-jenisnya.

Volume Pekerjaan

Cara menghitung biaya galian tanah per meter pertama yaitu mencari tahu berapa total volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan melakukan pengerjaan galian tanah biasa sedalam 1 meter dengan ukuran panjang 20 meter serta lebar 1 meter, maka tata cara menghitung volume bidang pekerjaannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 20 m.
  • Lebar : 1 m
  • Tinggi : 1 m.

Perhitungan :

  • Volume galian tanah : Panjang x Lebar x Tinggi.
  • Volume galian tanah : 20 m x 1 m x 1 m = 20 m3.

Biaya Galian Tanah

Kemudian tahap selanjutnya yaitu menghitung ongkos jasa galian tanah biasa untuk bidang pekerjaan sekitar 20 meter kubik. Cara menghitung biaya galian tanah per meter yaitu tinggal mengalikan total volume bidang pekerjaan dengan analisa satuan harga pengerjaan per meternya. Adapun total kebutuhan biaya galian tanah biasa untuk bidang pekerjaan 20 meter kubik diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Biaya galian tanah : Volume pekerjaan x Analisa satuan harga galian tanah.
  • Biaya galian tanah : 20 m3 x Rp 78.750 = Rp 1.575.000.

Dari perhitungan di atas, untuk melakukan pekerjaan galian tanah biasa sedalam 1 meter, panjang 20 meter serta lebar 1 meter, maka membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 1.575.000.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung biaya galian tanah per meter untuk semua jenis dan ukuran. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menghitung total kebutuhan anggaran dana dalam pengerjaan galian tanah di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.