Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Cara Menghitung Berat Plat Besi Semua Jenis & Ukuran!

Cara Menghitung Berat Plat Besi

Cara Menghitung Berat Plat Besi – Plat besi biasanya digunakan sebagai bahan dasar bangunan yang membuat konstruksi struktur bangunannya semakin kokoh dan kuat. Umumnya, plat besi digunakan dalam konstruksi bangunan bertingkat atau tatakan berbagai macam bahan bangunan, seperti pada konstruksi bangunan yang lembek atau labil.

Selain untuk konstruksi bangunan, plat besi juga seringkali digunakan untuk hal-hal lainnya seperti usaha las hingga bahan dasar kendaraan. Maka dari itu, ukuran seperti panjang, lebar, ketebalan hingga berat plat besi harus diperhatikan dengan cermat ketika kalian ingin menggunakan salah satu jenis material bahan bangunan tersebut untuk kebutuhan konstruksi.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana khususnya orang-orang yang awam di dunia konstruksi bangunan mengeluhkan bahwa mereka tidak mengetahui berat plat besi. Secara garis besarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika ingin mengetahui berat plat besi, tergantung pada jenisnya.

Nah, apabila diantara kalian ingin mengetahui berapa berat plat besi, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitungnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai cara menghitung berat plat besi semua jenis menggunakan rumus supaya hasilnya bisa lebih akurat.

Jenis Plat Besi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung berat plat besi lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenisnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, nantinya berat material plat besi sendiri ditentukan berdasarkan jenis hingga ukuran plat besi seperti panjang, lebar serta ketebalannya.

Di Indonesia sendiri, terdapat 3 jenis plat besi yang seringkali digunakan sebagai bahan material dalam pembuatan sebuah konstruksi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik jenis-jenis plat besi yang kerap digunakan dalam dunia konstruksi bangunan di bawah ini.

Plat Besi Hitam

Jenis plat besi pertama yaitu ada plat besi hitam. Biasanya plat besi hitam mempunyai ukuran standar sebesar 4 x 8 feet dengan ketebalan mulai dari 0.6 mm sampai 50 mm. Pada umumnya, grade yang ada di pasaran Indonesia untuk plat besi merupakan baja struktural dam biasanya dimanfaatkan untuk membuat gelagar atau plat penguat dalam industri konstruksi.

Plat Besi Bordes

Kemudian jenis selanjutnya yaitu ada plat besi bordes yang biasanya digunakan sebagai material bangunan, misalkan dalam pembuatan tangga. Selain itu, plat besi bordes juga seringkali digunakan sebagai material untuk ruang peralihan sebuah bangunan. Adapun ukuran standarnya yaitu 120 cm x 240 cm dengan ketebalan mulai dari 0.7 mm hingga 2.8 mm.

Plat Besi Kapal

Jenis plat besi kapal biasanya mempunyai dimensi atau ukuran lebih besar daripada plat hitam, yaitu sekitar 5 x 20 feet atau 6 x 20 feet dengan ketebalan 3.0 mm hingga 25 mm. Sesuai namanya, plat besi jenis ini biasanya dimanfaatkan dalam proses pembuatan badan kapal, salah satu alasannya yaitu karena ukurannya lebih besar sehingga memudahkan proses pembuatan kapal.

Rumus Menghitung Plat Besi

Ketika hendak mengetahui bagaimana tata cara menghitung berat plat besi, tentunya kalian harus memahami terlebih dahulu bagaimana rumus perhitungannya. Dimana rumus tersebut dibutuhkan supaya nantinya hasil perhitungan berat plat besi bisa lebih akurat.

Perlu diketahui, rumus perhitungan plat besi sendiri juga nantinya akan berbeda untuk masing-masing jenis material. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap mengenai rumus menghitung plat besi untuk semua jenis, ukuran hingga ketebalannya.

Plat Besi Hitam

– Berat tipe 6 ft x 3 ft = 13.13 x tebal (mm).

– Berat tipe 8 ft x 4 ft = 23.33 x tebal (mm).

– Berat tipe 20 ft x 5 ft = 72.88 x tebal (mm).

– Berat tipe 20 ft x 6 ft = 87.44 x tebal (mm).

Plat Besi Bordes

– Berat tipe 8 ft x 4 ft = (23.33 x tebal (mm)) 5 kg.

Plat Besi Kapal

– Berat tipe 20 ft x 5 ft = 25.4 (mm) x 72.88 x tebal (inch).

– Berat tipe 20 ft x 5 ft = 72.88 x tebal (mm).

– Berat tipe 20 ft x 6 ft = 25.4 (mm) x 87.44 x tebal (inch).

– Berat tipe 20 ft x 6 ft = 87.44 x tebal (mm).

Cara Menghitung Berat Plat Besi

Tata Cara Menghitung Berat Plat Besi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rumus perhitungan berat plat besi untuk semua jenis hingga ukurannya. Nah, selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu bagaimana tata cara menghitung berat plat besi menggunakan rumus untuk semua jenis-jenisnya.

Contoh 1

Tata cara menghitung berat plat besi pertama yaitu untuk jenis plat besi hitam. Misalkan kalian ingin menghitung berat plat besi hitam ukuran 8 ft x 4 ft dengan ketebalan 0.8 mm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Berat plat besi hitam= 23.33 x 0.8 mm.
  • Berat plat besi hitam = 18.664 kg.

Contoh 2

Kemudian cara menghitung berat plat besi selanjutnya dilakukan untuk jenis plat besi bordes dengan spesifikasi ukuran 8 ft x 4 ft atau 240 cm x 140 cm yang memiliki ketebalan 2 mm, berikut adalah tata cara perhitungannya.

  • Berat plat besi bordes = (23.33 x 2 mm) 5 kg.
  • Berat plat besi bordes = 46.66 x 5 kg.
  • Berat plat besi bordes = 233.3 kg.

Contoh 3

Cara terakhir yaitu menghitung berat plat besi kapal. Misalkan kalian akan menggunakan plat besi kapal berukuran 20 ft x 5 ft dengan ketebalan 3 mm untuk kebutuhan bahan material bangunan, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Berat plat besi kapal = 72.88 x 3 mm.
  • Berat plat besi kapal = 218.64 kg.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung berat plat besi untuk semua jenis dan ukuran menggunakan rumus supaya hasilnya bisa lebih akurat. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mencari tahu berapa berat plat besi.

Sumber gambar : alibaba.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *