Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pembuatan PT di Notaris

Biaya Pembuatan PT di Notaris

Biaya Pembuatan PT di Notaris – Bagi masyarakat awam, PT mungkin diartikan sebagai usaha yang berbadan hukum. Namun, pada dasarnya Perseroan Terbatas atau PT merupakan salah satu jenis badan usaha yang nilai kepemilikannya ditentukan oleh jumlah saham dari pengelola perusahaan.

Mendirikan PT saat ini menjadi semakin mudah dengan paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, tak heran jika saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan badan usaha Perseroan Terbatas atau PT tersebut.

Perusahaan ini dapat didirikan oleh siapa saja dengan ketentuan minimal 2 orang atau lebih yang memiliki modal usaha dan juga jenis usaha yang dikembangkan. Dalam pendirian atau pembuatan PT ini diperlukan adanya jasa notaris untuk membuat akta notaris.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengeni apa saja syarat pendirian serta berapa besar biaya pembuatan PT di notaris. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kalian simak penjelasan berikut ini.

Biaya Pembuatan PT di Notaris Terbaru

Pada dasarnya, modal dalam pembuatan PT ini boleh di bawah Rp 50 juta atau ditetapkan sesuai dengan kesepakatan pendiri yang sudah diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2016. Namun, sejatinya PT harus memiliki kekayaan dasar sesuai dengan kriteria usahanya.

Pengertian PT

Pengertian PT

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Perseroan Terbatas atau PT adalah salah satu badan hukum untuk menjalankan usaha dengan modal usaha berasal dari saham beberapa orang. Yang mana dalam hal ini pemilik Perseroan Terbatas pun juga memiliki sebagian saham dari modal yang digunakan untuk usaha tersebut.

Perlu kalian ketahui, saham-saham tersebut tersebut juga dapat diperjualbelikan tanpa perlu membubarkan perusahaan. Kalian bisa mengurusnya di ahli hukum yang berwenang seperti notaris. Jadi ketika kalian sudah memiliki usaha sendiri, saatnya mengurus pembuatan PT agar usaha kalian legal dan dipercayai oleh publik.

Syarat Pendirian PT

Syarat Pendirian PT

Sama halnya dengan KPR RUMAH kalian juga perlu melengkapi beberapa persyaratan ketika mendirikan sebuah PT. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus kalian penuhi ketika hendak mendirikan sebuah PT.

  • Fotokopi KTP pendiri perusahaan
  • Fotokopi NPWP pribadi penanggung jawab perusahaan
  • Fotokopi KK penanggung jawab perusahaan
  • Surat keterangan domisili dari pengelola gedung (apabila memiliki gedung perkantoran) beserta surat sewa, akta Izin Mendirikan Bangunan dan keterangan lunas PBB terbaru
  • Pas foto berlatar belakang merah ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Rincian jumlah total modal dasar dan modal setor
  • Rincian komposisi saham perusahaan

Prosedur Pendirian PT

Prosedur Pendirian PT

Pada dasarnya, prosedur dalam pendirian PT ini melingkupi tiga poin utama. Poin-poin tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Mempersiapkan Kelengkapan Data

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu melengkapi data perusahaan. Di mana dalam hal ini yaitu meliputi nama perusahaan, lokasi PT serta tujuan pendirian perusahaan. Pastikan juga data-data yang hendak kalian serahkan sudah lengkap dan sesuai karena data-data tersebut akan disahkan secara permanen.

2. Membuat Pengesahan Badan Hukum

Tahapan yang satu ini sangat penting untuk kalian perhatikan karena akan membuat PT yang kalian miliki berada di bawah payung hukum perdata yang diakui oleh negara. Sebaiknya gunakanlah jasa notaris yang sudah berpengalaman dan terpercaya supaya legalitas perusahaan yang kalian dirikan terjamin kemanannya di mata hukum.

3. Mengurus Dokumen Perusahaan

Poin terakhir yang harus kalian lakukan yaitu mengurus pembuatan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang bisa kalian dapatkan langsung di kantor pajak serta SIUP (Surat Izin Usaha Dagang) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) yang bisa kalian peroleh secara daring. Dokumen-dokumen tersebut merupakan syarat terakhir untuk menyelesaikan pendirian PT kalian.

Besaran Biaya Pembuatan PT di Notaris

Besaran Biaya Pembuatan PT di Notaris

Biaya pembuatan PT di notaris ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2017. Di dalam peraturan tersebut dijelaskan tentang Biaya Jasa Hukum Notaris untuk Pendirian Perseroan Terbatas Bagi Usaha Mikro, Kecil hingga Menengah. Di dalam peraturan tersebut menetapkan bahwa setiap notaris wajib menerapkan biaya jasa hukum untuk pendirian atau pembuatan PT bagi UMKM. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

1. Usaha Mikro

Usaha mikro ialah bidang usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria khusus seperti berikut ini.

  • Mempunyai kekayaan bersih maksimal Rp 55.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Mempunyai hasil penjualan per tahun maksimum Rp 350.000.000

2. Usaha Kecil

Usaha kecil ialah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha dengan kriteria seperti di bawah ini.

  • Mempunyai kekayaan bersih lebih dari Rp 55.000.000 hingga Rp 550.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Mempunyai hasil penjualan per tahun lebih dari Rp 350.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000.000 paling banyak

3. Usaha Menengah

Usaha menengah merupakan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri serta dilakukan oleh orang perorangan dan juga bisa diartikan sebagai badan usaha yang bukan merupakan anak atau cabang perusahaan, dengan hasil penjualan tahunan seperti berikut ini.

  • Seseorang mempunyai total kekayaan bersih lebih dari Rp 550.000.000 hingga Rp 10.000.000.000, namun tanah dan bangunan tempat usaha tidak termasuk di dalamnya
  • Mempunyai hasil penjualan per tahun lebih dari Rp 3.000.000.000 sampai dengan Rp 55.000.000.000 paling banyak

Setelah kalian mengetahui pengertian ketiga usaha di atas, berikut adalah rincian biaya jasa hukum notaris untuk pendirian PT bagi UMKM dengan modal dasar maksimal Rp 25 juta dikenakan biaya sebesar Rp 1 juta.

JENIS KEGIATANSATUANBESARAN
Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan dan Pengesahan PerseroanPer PersetujuanRp 250.000
Biaya Akta NotarisPer AktaRp 500.000
Biaya Pengumuman Dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik IndonesiaPer PendirianRp 250.000

Sedangkan UMKM dengan modal dasar maksimal Rp 1 miliar dikenakan biaya sebesar RP 5 juta, dengan rincian sebagai berikut ini.

JENIS KEGIATANSATUANBESARAN
Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan dan Pengesahan PerseroanPer PersetujuanRp 550.000
Biaya Akta NotarisPer AktaRp 4.000.000
Biaya Pengumuman Dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik IndonesiaPer PendirianRp 550.000

Kelebihan Mendirikan PT

Ketika kalian mendirikan sebuah PT, kalian akan mendapat sejumlah keuntungan atau kelebihan. Kelebihan tersebut di antaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Dapat menjadi pemisah antara kekayaan pribadi dengan modal usaha
  • Proses pengelolaan perusahaan diatur oleh UU
  • Lebih terpercaya
  • Kepemilikan modal berbentuk saham, jadi lebih mudah untuk dialihkan atau dijual
  • Lebih tertib dan teratur dalam pengambilan keputusan perusahaan melalui RUPS

Akhir Kata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mengajukan permohonan pembuatan PT dapat menguras waktu, tenaga dan biaya. Oleh karena itu, bagi kalian yang ingin mendapatkan status PT dengan mudah dan cepat, sangat kami sarankan untuk menggunakan jasa pendirian PT melalui notaris yang bisa diandalkan.

Tentunya dengan menggunakan jasa notaris tersebut kalian juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa persyaratan dokumen serta biaya pembuatannya. Demikian penjelasan mengenai besaran biaya pembuatan PT di notaris yang dapat Epropertyrack sampaikan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Kode Etik Notaris

Jihan
3 min read

Biaya Notaris

Jihan
2 min read

Syarat KPR Bank Mandiri

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *