Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Biaya Membuat Kamar Mezzanine 2022 : Tenaga & Material

Biaya Membuat Kamar Mezzanine

Biaya Membuat Kamar Mezzanine – Pemilik hunian berukuran kecil pasti pernah merasa kebingungan ketika tidak ada lagi sisa ruang untuk beraktivitas atau hanya sekadar ingin meletakkan barang. Dimana untuk membuat lantai bangunan kedua di rumah sendiri biasanya membutuhkan anggaran biaya tidak sedikit, terlebih lagi rumah harus dibongkar ulang karena pondasi tidak memadai.

Untungnya, seiring dengan berjalannya teknologi modern membuat desain rumah saat ini sudah semakin variatif dengan hasil adaptasi dari rumah-rumah luar negeri, salah satunya yaitu mezzanine. Maksud dari rumah lantai mezzanine sendiri ialah tempat atau ruang tambahan yang tidak terbagi antara lantai di bawahnya dan langit-langit tersebut.

Lantai mezzanine dapat menjadi sebuah solusi untuk menambah ruangan ekstra di dalam rumah tanpa perlu menambah lantai bangunan, termasuk dijadikan sebagai kamar tambahan. Menariknya lagi, untuk membuat kamar mezzanine di rumah juga umumnya tidak akan membutuhkan anggaran dana terlalu besar sehingga bisa lebih berhemat.

Nah, apabila kalian berencana hendak membuat kamar lantai mezzanine di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya membuat kamar mezzanine mulai dari tahap awal hingga finishing, entah itu dari segi ongkos tenaga kerja hingga kebutuhan materialnya.

Apa Itu Mezzanine?

Apa Itu Mezzanine

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya membuat kamar mezzanine lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, mezzanine ialah sebuah lantai di bagian tengah yang berada di antara 2 lantai utama sehingga memaksimalkan area vertikal di rumah yang tidak digunakan.

perkakas

Dimana mezzanine sendiri secara tidak langsung dipengaruhi oleh desain-desain indoor pada industri yang pada dasarnya konsep bentuk ruangannya umumnya digunakan karena langit-langit cukup tinggi sehingga dapat berdiri bebas dengan struktur semi permanen. Maka dari itu, kamar mezzanine sangat membantu dalam mengoptimalkan area rumah.

Biaya Membuat Kamar Mezzanine

Biaya Membuat Kamar Mezzanine Semua Ukuran

Perlu diketahui, sebenarnya besaran biaya membuat kamar mezzanine di rumah tergantung pada jenis pemilihan bahan material hingga ukurannya. Namun, perlu diingat bahwa kamar mezzanine seringkali dibuat secara khusus dan diproduksi dari rancangan gambar terperinci sesuai dengan kebutuhan ataupun aspek spesifikasinya.

Secara garis besarnya, kamar lantai mezzanine biasanya menggunakan material baja yang sudah terbukti dengan kekuatan serta daya tahannya. Akan tetapi, kembali lagi bahwa pemilihan jenis material bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Di dalam pembuatan kamar mezzanine, terdapat 4 komponen penting, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Decking (permukaan lantai).
  • Primary beams (kerangka mezzanine).
  • Purlins (kerangka permukaan tambahan.
  • Columns (penopang).

Jadi, pada intinya untuk membuat kamar mezzanine kuat dan kokoh, tentunya 4 komponen penting di atas perlu diperhatikan dengan matang. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya membuat kamar mezzanine di rumah untuk semua jenis dan ukurannya.

1. Decking

Sesuai namanya, decking berguna sebagai material untuk menapak pada permukaan lantai kamar mezzanine. Bahan dasar pembuatan decking kamar mezzanine sendiri juga cukup beragam, mulai dari kayu, triplek, semen, durbar besi dan lain sebagainya. Saran kami sebaiknya buat kamar mezzanine menggunakan kayu seperti particle board dengan tebal 18 mm. Untuk harga triplek setebal 18 mm sendiri berapa di kisaran Rp 300.000 per buahnya.

2. Primary Beams

Perhitungan biaya membuat kamar mezzanine selanjutnya yaitu tentang kerangka utama mezzanine atau primary beams. Kebanyakan orang lebih memilih material baja ringan karena dinilai lebih kuat dari material sejenisnya. Kalian bisa menggunakan rangka baja ringan kanal C dengan ukuran 0.75 mm yang biasanya di banderol dengan harga Rp 75.000 per batang.

3. Purlins

Purlins ialah sebuah kerangka tambahan pada lantai kamar mezzanine. Pada intinya, purlins berguna sebagai penopang lantai utama supaya lebih kuat dan tidak mudah roboh. Untuk bahan materialnya sendiri bisa memanfaatkan besi baja ringan kanal C berukuran 0.75 mm, yaitu sekitar Rp 75.000 per batangnya.

4. Columns

Tahapan menghitung biaya membuat kamar mezzanine terakhir yaitu tentang columns atau bagian penopang. Columns berguna untuk mendukung primary beams atau kerangka mezzanine yang di pasang merata di seluruh bagian konstruksi. Untuk komponen ini kalian bisa menggunakan besi hollow sebagai penopang dengan ukuran tebal 2.7 mm. Harga besi hollow setebal 2.7 mm sendiri biasanya berada di kisaran Rp 200.000.

Tips Membuat Kamar Mezzanine

Setelah mengetahui perhitungan biaya membuat kamar mezzanine per komponennya di atas, maka langkah selanjutnya kalian tinggal mengalikan dengan total kebutuhan materialnya. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa total kebutuhan anggaran dana dalam membuat kamar mezzanine tergantung pada pemilihan jenis materialnya.

Selain itu, merencanakan semua proses pembangunan kamar mezzanine dengan matang juga penting dilakukan sejak awal. Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips membuat kamar mezzanine pada rumah minimalis mungil.

  • Perhatikan tinggi dan luas bangunan.
  • Sesuaikan fungsi kamar mezzanine.
  • Mengatur cahaya serta sirkulasi udara.
  • Merencanakan desain dan denah kamar mezzanine.
  • Memilih tangga sesuai dengan fungsi serta interior.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar contoh perhitungan biaya membuat kamar mezzanine untuk semua jenis dan ukuran, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membuat kamar mezzanine di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.