Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6

Biaya Bangun Rumah Ukuran 4x6

Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6 – Semua orang pasti memiliki impian atau cita-cita untuk dapat membangun rumah mereka sendiri. Terlebih lagi ketika sudah berumah tangga, maka mempunyai rumah sendiri menjadi pilihan paling tepat untuk diterapkan.

Meskipun rumah berukuran kecil, setidaknya kalian sudah bisa membangun rumah secara mandiri serta tidak merepotkan orang tua. Namun, jika tidak memiliki banyak anggaran dana, kalian juga dapat membuat rumah terbaik sesuai keinginan, misalkan rumah ukuran 4×6.

Berbicara mengenai rumah ukuran 4×6, mungkin ukuran hunian tersebut sangat ideal bagi mereka pasangan baru menikah. Walaupun ukurannya tidak terlalu luas dan besar, namun dengan pemilihan ketepatan pemilihan fasilitas bisa membuat rumah tersebut menjadi semakin luas.

Oleh sebab itu, sebelum membangun rumah berukuran 4×6, alangkah baiknya buat terlebih dahulu Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya bangun rumah ukuran 4×6 mulai dari biaya pembelian bahan material hingga ongkos para pekerja bangunannya.

Rumah Ukuran 4×6

Rumah Ukuran 4x6

Salah satu alasan mengapa kalian boleh membangun rumah ukuran 4×6 yaitu tidak terlalu membutuhkan budget terlalu besar ketika proses pembuatannya. Sebab, hunian tersebut hanya memiliki total luas bangunan sekitar 24 meter persegi saja.

Maka dari itu, rumah ukuran tersebut dapat dibangun di atas tanah 35 meter persegi ataupun 45 meter persegi sehingga bisa menghemat lahan. Dengan penataan ruang yang tepat, kami jamin rumah tersebut akan memberikan kesan minimalis modern.

Denah Rumah Ukuran 4×6

Denah Rumah Ukuran 4x6

Sebelum membahas biaya bangun rumah ukuran 4×6 lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu denah rumahnya. Umumnya, rumah berukuran 4×6 tersebut di pedesaan hanya dibangun menjadi satu lantai saja.

Akan tetapi, terdapat juga beberapa orang yang membangun rumah ukuran 4×6 menjadi 2 lantai sehingga terlihat semakin luas. Tentunya ketika membangunnya menjadi 2 lantai, maka akan membutuhkan dana lebih besar dibandingkan satu lantai.

Di dalam rumah berukuran 4×6 1 lantai biasanya terdiri dari 1 ruang tamu sekaligus ruang keluarga, 1 kamar tidur, 1 kamar mandi serta 1 dapur. Di halaman belakang, kalian bisa memanfaatkan sebagai tempat untuk jemuran.

Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6

Di dalam perhitungan BIAYA BANGUN RUMAH, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Hal-hal penting tersebut diantaranya yaitu seperti pemilihan bahan material bangunan, pemilihan sistem pekerja atau tukang serta biaya-biaya tambahan lainnya.

Tentunya beberapa elemen tersebut juga masuk ke dalam perhitungan biaya bangun rumah ukuran 4×6. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya pembuatan rumah ukuran 4×6 mulai dari biaya pembelian material hingga perhitungan ongkos pekerja.

Biaya Material Bangunan

Biaya Material Bangunan

Elemen penting pertama dalam perhitungan biaya pembangunan rumah berukuran 4×6 yaitu pemilihan bahan material bangunannya. Bahan bangunan tersebut terdiri atas material pondasi, material dinding, material atap hingga material finishing.

Kalian bisa mengambil contoh anggaran dana untuk membeli semua bahan baku utama pembuatan rumah ukuran 4×6 sebesar Rp 20.000.000. Agar mendapatkan harga material kompetitif, lakukan riset ke beberapa toko bangunan ataupun material.

Biaya Instalasi Air dan Listrik

Biaya Instalasi Air dan Listrik

Faktor selanjutnya yang juga mengambil peran penting terhadap pembangunan sebuah hunian yaitu instalasi air dan listrik. Sebab, listrik serta air sudah seperti kebutuhan pokok manusia sehingga harus ada pada rumah baru.

Kalian bisa mempersiapkan biaya pemasangan atau instalasi listrik dan air pada rumah baru kurang lebih sekitar Rp 2.000.000. Atau kalian juga dapat mencari tahu BIAYA PASANG LISTRIK PLN terlebih dahulu untuk lebih detailnya.

Biaya Upah Pekerja

Biaya Upah Pekerja

Elemen biaya bangun rumah ukuran 4×6 selanjutnya yaitu upah atau ongkos para tukang bangunan. Di Indonesia sendiri terdapat dua macam atau sistem pekerja bangunan, yaitu pekerja sistem harian serta pekerja sistem borongan (pemborong).

Secara umum, harga atau ongkos pekerja sistem harian saat ini yaitu sekitar Rp 70.000 hingga Rp 100.000 per orang. Namun, kalian juga bisa menggunakan jasa pekerja sistem BORONGAN BANGUNAN PLUS MATERIAL karena harganya dinilai lebih murah daripada sistem harian.

Biaya Lainnya

Biaya Lainnya

Terakhir yaitu ada biaya lainnya. Dimana biaya tersebut harus dipersiapkan oleh pemilik rumah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal di luar dugaan seperti kekurangan dana pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Kalian dapat mempersiapkan biaya lainnya yang bersifat tak terduga ini sebesar 10% dari total anggaran biaya bangun rumah ukuran 4×5. Misalkan anggaran biayanya sebesar Rp 50 juta, maka siapkan biaya lainnya sebesar Rp 5.000.000.

Tips Membangun Rumah Ukuran 4×6

Tips Membangun Rumah Ukuran 4x6

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian perhitungan biaya bangun rumah ukuran 4×6. Selanjutnya agar proses pembangunan rumah berjalan lancar tanpa adanya kendala sedikitpun, sebaiknya ikuti beberapa tips pembangunannya di bawah ini.

  • Catat tujuan penting keseluruhan pembangunan rumah.
  • Pahami anggaran dana dan gambar simulasi rumah ukuran 4×6.
  • Pelajari hitungan sistem satuan bahan baku pembangunan rumah.
  • Konsultasikan harga jasa tukang bangunan.
  • Survei bahan material bangunan secara langsung.
  • Gunakan pekerja berpengalaman serta dapat dipercaya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pembuatan rumah berukuran 4×6 ini tergantung pada penggunaan bahan material serta tukang bangunannya. Supaya bisa menghemat biaya, saran kami sebaiknya gunakanlah bahan material lokal.

Demikian penjelasan seputar rincian perhitungan total biaya bangun rumah ukuran 4×6 mulai dari pembelian bahan material hingga ongkos jasa pekerja bangunannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat rumah berukuran 4×6.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *