Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Jarak Reng Genteng Metal Multiroof yang Benar

Jarak Reng Genteng Metal Multiroof

Jarak Reng Genteng Metal Multiroof – Seperti diketahui, konstruksi atap menjadi hal paling penting untuk diperhatikan ketika sedang membangun sebuah hunian. Dimana keberadaan atap ini dapat membuat area di dalam bangunan terhindar dari sinar matahari, perubahan cuca, hembusan angin serta meminimalisir masuknya debu.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis atap yang bisa diaplikasikan pada bangunan, salah satunya yaitu genteng metal multiroof. Secara garis besarnya, material ini memiliki bentuk lembaran berbahan metal ringan yang tampilannya dibuat hampir mirip dengan tanah liat ataupun genteng beton.

Di dalam proses pemasangan genteng metal multiroof, tentunya terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pekerja bangunan, terutama tentang jarak rengnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya perhitungan jarak reng yang matang nantinya akan menghindarkan atap dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebocoran.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk memasang genteng metal multiroof, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa standar ukuran jarak rengnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai standar ukuran jarak reng genteng metal multiroof semua jenis dilengkapi kelebihan beserta kekurangannya.

Keunggulan dan Kelemahan Genteng Metal Multiroof

Salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan genteng metal multiroof dibandingkan jenis atap rumah lainnya yaitu karena proses pemasangannya cepat dan mudah. Meskipun demikian, tetap saja bahwa setiap bahan material bangunan pastinya mempunyai kekurangannya masing-masing, termasuk genteng metal multiroof.

Oleh sebab itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai jarak reng genteng metal multiroof lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan beserta kekurangannya. Adapun sejumlah keunggulan dan kelemahan genteng metal multiroof sebagai bahan material bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Keunggulan

  • Anti karat.
  • Tahan lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun.
  • Bobotnya cukup ringan.
  • Pemasangan cepat dan mudah.
  • Ramah lingkungan.
  • Tersedia dalam berbagai macam jenis varian.
  • Harganya cukup terjangkau.
  • Tahan terhadap berbagai macam kondisi dan cuaca.

Kelemahan

  • Menimbulkan suara bising ketika kondisi tertentu, terutama saat terjadi hujan.
  • Risiko korosi cukup tinggi.
  • Rentan terhadap pengelupasan sehingga perlu perawatan secara rutin.
  • Warna rentan memudar.

Ukuran Genteng Metal Multiroof

Ukuran Genteng Metal Multiroof

Ketika hendak mengetahui jarak reng genteng metal multiroof, tentunya kalian juga harus memahami apa saja jenis-jenisnya. Dimana di pasaran Indonesia sendiri atap genteng metal multiroof bisa dibedakan menjadi beberapa jenis, terutama jika dilihat dari segi permukaan lapisan luarnya.

Untuk saat ini, terdapat dua jenis genteng metal multiroof yang sering digunakan, yaitu tipe polos dan tipe lapisan pasir. Secara garis besarnya, tipe polos ialah produk genteng metal ringan yang disempurnakan dengan warna-warna menarik, mulai dari warna merah, biru atau hijau.

Kemudian tipe lapisan pasir biasanya diaplikasikan pada lapisan terluar dari genteng sehingga menjadikan material ini tidak sebising atap seng ketika cuaca sedang hujan. Sementara jika dilihat dari segi ukurannya, genteng metal multiroof dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu classic dan Permata.

Untuk genteng metal multiroof classic mempunyai ukuran standar lebar 1.000 mm (100 cm) serta panjang 770 mm (77 cm). Sementara genteng metal multiroof tipe permata mempunyai lebar yang lebih kecil, yaitu 875 mm (87.5 cm) dengan panjang material 770 mm (77 cm).

Jarak Reng Genteng Metal Multiroof

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan hingga ukuran standar genteng metal multiroof. Nah, selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai ukuran standar jarak reng genteng metal multiroof untuk semua jenis atap bangunan.

Seperti halnya jarak reng genteng beton flat, standar ideal jarak reng genteng metal multiroof juga sebenarnya disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing produk. Nah, berhubung pada masing-masing jenis atau tipe genteng metal multiroof memiliki ukuran panjang yang sama yaitu 77 cm, maka jarak pemasangan rengnya juga sama, yakni 385 mm atau 38.5 cm.

Perlu diketahui, sebenarnya keterangan mengenai jarak reng material tersebut nantinya akan membantu kalian ketika hendak menghitung kebutuhan genteng multiroof untuk sebuah atap. Selain itu, jika jarak reng pemasangannya benar, maka hal tersebut bisa meminimalisir terjadinya atap bocor saat cuaca sedang hujan.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar jarak reng genteng metal multiroof untuk semua jenis dilengkapi dengan sejumlah keunggulan beserta kelemahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menggunakan genteng metal multiroof sebagai material penutup atap rumah.

Sumber gambar : bukalapak.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *