Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Harga Jasa Pasang Penangkal Petir 2022 : Jenis & Cara Kerja

Harga Jasa Pasang Penangkal Petir
Advertisements

Harga Jasa Pasang Penangkal Petir – Sebagaimana diketahui, bunyi menggelegar serta kilatan cahaya dari petir kerap kali menjadi sebuah pertanda awal datangnya hujan. Selain harus mewaspadai banjir, kalian juga perlu mewaspadai adanya bahaya sambaran petir, entah itu pada pohon-pohon di sekitar atau bahkan di rumah.

Dimana petir sendiri mengandung tegangan listrik yang sangat besar. Apabila tidak dikendalikan dengan baik, maka sambaran petir dapat mengancam nyawa manusia serta merusak lingkungan di sekitar. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan mengapa kalian harus memasang penangkal petir di rumah.

Jika sebelumnya penangkal petir seringkali sulit didapatkan oleh sebagian besar orang karena masalah biaya, namun kini tidak lagi. Pasalnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak sekali penyedia jasa atau teknisi pemasangan penangkal petir di rumah-rumah warga.

Advertisements

Secara garis besar, umumnya pada penyedia jasa pemasangan penangkal petir tersebut mematok tarif atau biaya tergantung pada tipe atau jenis hingga kelengkapan komponennya. Oleh sebab itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga jasa pasang penangkal petir untuk semua jenis-jenisnya.

Apa Itu Penangkal Petir?

Apa Itu Penangkal Petir
Advertisements

Sebelum membahas poin utama mengenai harga jasa pasang penangkal petir lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya, penangkal petir ialah sebuah perangkat sederhana berupa batang berbentuk tombak berbahan dasar logam yang runcing dan kabel.

Pada perangkat penangkal petir, terdapat 3 komponen utama, yaitu batang penangkal atau splitzen, kawat konduktor serta grounding atau tempat pembumian. Pada intinya, rangkaian penangkal petir ialah jalur bagi arus listrik dari petir untuk diteruskan langsung ke permukaan bumi.

Cara Kerja Penangkal Petir

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi utama penangkal petir yaitu sebagai media penghantar listrik dari sambaran kilat yang nantinya akan diteruskan ke media lain seperti tanah. Selain itu, penangkal petir juga mempunyai beberapa fungsi lainnya, salah satunya yaitu mampu meredam efek sambaran petir yang membahayakan lingkungan sekitar.

Sistem atau cara kerja penangkal petir sendiri yaitu menangkap daya tarik-menarik muatan listrik yang berasal dari sambaran petir tersebut untuk kemudian disalurkan ke dalam tanah. Ketika terjadi kilatan petir dengan muatan listrik negatif di bawah awan sudah terkumpul, maka muatan listrik di tanah akan segera tertarik di atas.

Muatan listrik tersebut naik melalui kabel konduktor ke ujung batang penangkal petir. Saat listrik bermuatan negatif tersebut berada cukup dekat di atas atap, maka daya tarik-menarik antara keduanya juga akan semakin kuat. Dimana muatan positif ujung-ujung penangkal petir akan tertarik ke arah muatan negatif.

Jadi, pertemuan kedua muatan tersebut menghasilkan aliran listrik. Selanjutnya aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah melalui kabel konduktor sehingga sambaran kilat petir tidak langsung mengenai bangunan. Akan tetapi, sambaran petir tersebut masih bisa terjadi melalui kawat jaringan listrik lalu merusak alat-alat elektronik di dalam bangunan.

Jenis Penangkal Petir

Di atas sudah dijelaskan bahwa saat ini besaran harga jasa pasang penangkal petir tergantung pada jenis atau tipe hingga kelengkapan komponennya. Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat 3 jenis penangkal petir yang kerap di pasang pada rumah-rumah tinggal di pemukiman warga. Agar lebih jelasnya, berikut kami jelaskan beberapa jenis penangkal petir.

1. Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional dapat diartikan sebagai perangkat sederhana yang mampu menangkap kilatan petir secara pasif. Dimana alat tersebut berbentuk tiang dan membutuhkan kabel konduktor. Karena sifatnya pasif, maka bangunan dengan area luas seringkali membutuhkan beberapa penangkal sekaligus pada puncak atapnya.

2. Penangkal Petir Elektrostatis

Sementara jenis penangkal petir elektrostatis menggunakan sistem E.S.E atau Early Streamer Emission. Perangkat tersebut memiliki elemen tambahan berupa head terminal yang berisi muatan listrik statis pada bagian ujungnya. Keunggulan dari penangkal petir elektrostatis yaitu bisa di pasang tinggi guna melindungi area lebih luas serta tidak membutuhkan kabel.

3. Penangkal Petir Radioaktif

Jenis penangkal petir di rumah terakhir yaitu tipe radioaktif. Namun sayangnya, penangkal petir jenis radioaktif kini dilarang pemasangannya berdasarkan kesepakatan internasional terhadap pemakaian zat radioaktif. Hal ini dikarenakan zat tersebut bisa mengganggu makhluk hidup serta menimbulkan bencana di lingkungan sekitar.

Harga Jasa Pasang Penangkal Petir

Harga Jasa Pasang Penangkal Petir Semua Jenis

Seperti halnya harga jasa pemasangan panel surya, tentunya ongkos jasa pasang penangkal petir dapat berbeda di sejumlah wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan, jenis penangkal petir hingga risiko pemasangannya.

Dimana saat ini kalian sendiri sudah dibebaskan untuk membeli alat penangkal petir di toko-toko yang menjual peralatan listrik ataupun memesannya melalui penyedia jasa instalasinya. Memang benar bahwa untuk memasang penangkal listrik di rumah, membutuhkan adanya anggaran biaya tidak sedikit, terlebih lagi jika kalian ingin memasang tipe elektrostatis.

Di Indonesia sendiri umumnya harga jasa pasang penangkal petir berada di kisaran Rp 8.000.000 sampai Rp 9.000.000 untuk cakupan radius hingga 150 meter. Sementara untuk kebutuhan skala kecil, sebenarnya kalian bisa membeli dan memasang penangkal petir jenis biasa atau konvensional sendiri dengan harga sedikit lebih murah, yaitu sekitar Rp 2.000.000 sampai Rp 3.000.000.

Tips Memasang Penangkal Petir

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga jasa pasang penangkal petir di semua wilayah Indonesia untuk semua jenis atau tipenya. Nah, supaya proses pemasangan penangkal petir di rumah dapat berjalan lancar dan berfungsi sebagaimana mestinya, ada baiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Kenali dan pahami jenis-jenis penangkal petir.
  • Cocokkan jenis penangkal petir dengan budget atau anggaran biaya.
  • Pahami cara kerja penangkal petir.
  • Pahami dengan benar cara pasang penangkal petir, meskipun sudah menggunakan jasa teknisi berpengalaman.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar harga jasa pasang penangkal petir untuk semua jenis dan radius jangkauannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang penangkal petir menggunakan jasa teknisi berpengalaman.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.