Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Harga Jasa Pasang Kanstin Beton Per Meter 2022 : Tenaga & Material

Harga Jasa Pasang Kanstin Beton

Harga Jasa Pasang Kanstin Beton – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah sering menjumpai material kansteen atau kanstin di pinggir badan jalan. Dimana material yang satu ini biasanya digunakan untuk beberapa jenis pekerjaan seperti trotoar, pembatas bahu jalan, taman dan lain sebagainya.

Secara garis besarnya, kanstin ialah salah satu ragam variasi concrete block (beton) yang digunakan sebagai pembatas median jalan atau pembatas sisi kiri dan kanan jalan. Biasanya pemasangan kanstin beton sendiri dilakukan bersamaan dengan susunan paving block untuk jalur jalar trotoar.

Berbicara mengenai kanstin beton, saat ini di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaannya. Biasanya para pemborong ataupun kontraktor tersebut mematok harga pemasangan dengan hitungan per meter lari dan per meter persegi.

Nah, apabila kalian berencana memasang kanstin beton menggunakan jasa pemborong atau kontraktor, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga jasa pasang kanstin beton semua jenis, merk dan ukuran.

Jenis-Jenis Kanstin Beton

Sebelum membahas poin utama mengenai harga jasa pasang kanstin beton lebih lanjut, perlu diketahui bahwa material tersebut terbagi menjadi beberapa jenis serta kegunaannya. Dimana perbedaan masing-masing jenis kanstin beton sendiri didasarkan pada ketinggiannya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis kanstin beton di pasaran Indonesia.

perkakas
  1. Kanstin parkir/car stopper.
  2. Kanstin trotoar.
  3. Kanstin taman.
  4. Kanstin DKI.
  5. Kanstin S.
  6. Kanstin jepit.
  7. Kanstin lubang air.
  8. Kanstin jalan.
  9. Kanstin L.

Kelebihan dan Kekurangan Kanstin Beton

Kelebihan dan Kekurangan Kanstin Beton

Seperti diketahui, setiap bahan material bangunan pastinya memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing, termasuk kanstin beton. Nantinya sejumlah karakteristik kanstin beton sendiri dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan kanstin beton.

Kelebihan

  • Kanstin beton mampu menyerap air yang kemudian dapat dialirkan pada saluran drainase.
  • Mempunyai berat lebih ringan jika dibandingkan dengan jenis pembatas lainnya.
  • Pola perawatannya tidak terlalu rumit.
  • Dapat dibongkar pasang kembali apabila proses pemasangannya mengalami sebuah kesalahan.
  • Tersedia dalam berbagai macam bentuk serta ukuran di pasar sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan proyek.

Kekurangan

  • Jika struktur atau pondasi permukaan kurang kuat dan padat, maka kemungkinan besar pemasangan kanstin beton bisa bergelombang.
  • Seringkali terjadi kesalahan apabila prosesnya menyalahi prosedur, salah satunya yaitu seperti kanstin beton mudah bergeser dari titik semula pemasangannya.
  • Sangat tidak direkomendasikan untuk pemasangan di area jalan raya yang dilalui oleh kendaraan berkecepatan tinggi.

Ukuran Standar Kanstin Beton

Ketika hendak mengetahui besaran harga jasa pasang kanstin beton per meter lari ataupun per meter persegi, tentunya kalian juga harus mengerti berapa ukuran standarnya. Namun, seperti sudah kami singgung sebelumnya bahwa kanstin beton sendiri dijual dengan berbagai macam jenis sehingga ukurannya juga sangat bervariasi.

Selain itu, merk kanstin beton juga biasanya akan memengaruhi ukuran ataupun dimensinya. Nah, sebagai bahan gambaran sebelum memutuskan untuk menggunakan kanstin beton, berikut kami berikan daftar ukuran standar sesuai dengan jenisnya masing-masing.

JenisUkuran
Kanstin parkir/car stopper60 cm x 15 cm x 22 cm
Kanstin trotoar40 cm x 25 cm x 15 cm x 13 cm
40 cm x 28 cm x 15 cm x 13 cm
Kanstin taman40 cm x 20 cm x 10 cm
Kanstin L40 cm x 15 cm x 15 cm x 23 cm
Kanstin S40 cm x 30 cm x 15 cm x 8 cm
Kanstin Jalan60 cm x 25 cm x 22 cm x 18 cm
Kanstin DKI60 cm x 30 cm x 25 cm x 20 cm

Harga Jasa Pasang Kanstin Beton Per Meter

Harga Jasa Pasang Kanstin Beton Per Meter

Setelah mengetahui sekilas pengertian, jenis-jenis hingga ukuran standar kanstin beton, maka tahap selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan poin utamanya, yaitu terkait harga jasa pemasangannya. Sebagai informasi tambahan, untuk saat ini proses pemasangan kanstin beton sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu secara tegak ataupun tidur.

Selain itu, layaknya harga borongan pasang paving block pada umumnya, besaran harga jasa pasang kanstin beton juga tergolong menjadi dua kategori, yaitu borongan non bahan serta plus material. Dimana untuk besaran harga jasa pasang kanstin beton non bahan sendiri berada di kisaran Rp 35.000 sampai Rp 60.000 per meter lari.

Sementara besaran harga jasa borongan pasang kanstin beton plus material sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 135.000 hingga Rp 150.000 per meter lari. Alasan kenapa harga jasa pengerjaannya lebih mahal yaitu karena pihak pemborong ataupun kontraktor sudah menyediakan tenaga kerja serta kebutuhan materialnya.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa besaran harga jasa pasang kanstin beton di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Adapun beberapa faktor yang memengaruhi besaran harga borongan pasang kanstin beton tersebut diantaranya yaitu seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Tips Memilih Kanstin Beton

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga jasa pasang kanstin beton per meter lari untuk semua jenis, merek serta ukurannya. Nah, supaya kalian bisa mendapatkan material kanstin beton berkualitas di pasaran, ada baiknya pahami beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Tentukan model kanstin beton dan desain pola pemasangannya.
  • Pilih mutu kanstin beton sesuai dengan pengaplikasiannya.
  • Perhatikan ketebalan kanstin beton.
  • Pastikan kanstin beton presisi dari segi dimensi beserta teksturnya.
  • Pertimbangkan harga kanstin beton.
  • Pastikan merk ataupun produsen kanstin beton sudah menjamin kualitasnya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga jasa pasang kanstin beton per meter untuk semua jenis, ukuran dan merk, entah itu jasa pemasangan non bahan ataupun plus material. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan jasa borongan dalam pemasangan kanstin beton.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.