Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Taman Per M2 2023: Material & Tenaga

Harga Borongan Taman Per M2

Harga Borongan Taman Per M2 – Sebagaimana diketahui, taman merupakan salah satu area yang umumnya ditanami dengan segala macam jenis tanaman dan bunga. Dimana taman sendiri bisanya terletak di area depan ataupun belakang rumah dengan luas tertentu.

Perlu diketahui, tentunya dengan adanya taman di rumah akan membuat suasana menjadi lebih indah, cantik dan segar. Selain itu, taman juga dapat dijadikan sebagai pelengkap eksterior rumah agar hunian terasa lebih sejuk dan asri.

Di Indonesia sendiri saat ini juga sudah tersedia beberapa kontraktor maupun pemborong yang menawarkan jasa pembuatan taman. Pada umumnya, para kontraktor ataupun pemborong tersebut menentukan harga jasa dengan hitungan per meter persegi.

Nah, apabila diantara kalian berencana untuk membuat taman di rumah menggunakan jasa borongan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai harga borongan taman per m2 semua jenis dan ukuran.

Manfaat Taman Rumah

Sebelum pembahasan poin utama mengenai harga borongan taman per m2 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa manfaat ataupun kegunaannya. Salah satu manfaat taman rumah yaitu bisa dijadikan sebagai area resapan air hujan sehingga bisa masuk ke dalam tanah.

Tentunya hal tersebut dapat menjadi sebuah upaya penyelamatan atau pencegahan supaya hunian terbebas dari banjir ketika musim hujan tiba. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik sejumlah manfaat taman di dalam sebuah hunian di bawah ini.

  • Sebagai area resapan air.
  • Mempercantik hunian.
  • Menangkal polusi.
  • Menghadirkan suasana sejuk pada rumah.
  • Sebagai area untuk menghabiskan waktu senggang.
  • Tempat menyalurkan hobi.

Kebutuhan Komponen Taman

Ketika hendak mengetahui besaran harga borongan pembuatan taman semua jenis per m2, tentunya kalian juga harus memahami apa saja kebutuhan komponen di dalamnya. Secara garis besarnya, di dalam sebuah taman, terdapat beberapa komponen seperti rumput serta tanaman.

Untuk perbandingannya sendiri biasanya menggunakan rumput sebanyak 70% dan tanaman 30%. Namun, perlu diketahui juga bahwa komponen tanaman sebanyak 30% tersebut juga dapat dikategorikan menjadi 3 jenis, yaitu tanaman kecil, sedang hingga tanaman besar.

Pada umumnya, para kontraktor atau pemborong taman menyebutkan terdapat 3 komponen inti di dalamnya, yaitu softscape, hardscape serta artscape. Akan tetapi, kembali lagi bahwa kebutuhan komponen dalam pembuatan taman nantinya akan disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah.

Harga Borongan Taman Per M2

Daftar Harga Borongan Taman Per M2

Setelah memahami beberapa manfaat hingga kebutuhan komponen di dalam sebuah taman, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan poin utama mengenai besaran harga borongan pembuatannya. Seperti sudah disinggung sebelumnya, umumnya para kontraktor menentukan harga jasa borongan dengan hitungan per meter persegi (m2).

Seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran ongkos jasa borongan pembuatan taman per m2 juga bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Perlu diketahui, rata-rata para pekerja borongan tersebut biasanya sudah termasuk biaya pasang, perapihan lahan hingga kebersihan.

Di beberapa kota-kota besar, besaran harga borongan taman per m2 berada di kisaran Rp 150.000 sampai Rp 350.000. Agar lebih jelasnya, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa komponen yang termasuk di dalam jasa borongan pembuatan taman dengan estimasi harga seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Paket 1 (Rp 150.000 per m2) : Rumput gajah mini, tanaman hias (list dan bordir) serta steping pijak.
  • Paket 2 (Rp 350.000 per m2) : Rumput gajah mini, 2 pohon utama (palem/pandan bali dan bonsai) ukuran 1.5 m, tanaman hias (bordir & list) serta steping pijak.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga borongan pembuatan taman per m2 di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu, tergantung dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Selain itu, biasanya pada jasa kontraktor atau pemborong mempunyai ketentuan mengenai minimum lahan yang akan digunakan sebagai taman.

Cara Menghitung Borongan Taman Per M2

Kurang lengkap rasanya apabila sudah mengerti besaran harga borongan taman per m2, namun tidak mengetahui bagaimana tata cara menghitungnya. Secara garis besarnya, perhitungan ongkos borongan pembuatan taman tersebut hampir sama seperti saat menghitung biaya bangun rumah per meter.

Dimana nantinya kalian hanya perlu mengalikan harga borongan taman per meter persegi dengan total luas lahan yang ingin digunakan. Misalkan kalian akan membuat taman di halaman depan rumah seluas 20 meter persegi menggunakan pekerja borongan, maka tata cara menghitungnya akan seperti di bawah ini.

  • Paket 1
    • Biaya membuat taman : Harga borongan x Luas taman.
    • Biaya membuat taman : Rp 150.000 x 20 m2 = Rp 3.000.000.
  • Paket 2
    • Biaya membuat taman : Harga borongan x Luas taman.
    • Biaya membuat taman : Rp 300.000 x 20 m2 = Rp 6.000.000.

Tips Membuat Taman Sederhana

Di atas sudah dijelaskan mengenai besaran harga borongan pembuatan taman per m2 dilengkapi dengan tata cara menghitungnya. Nah, supaya proses pembuatan taman di rumah bisa berjalan dengan lancar, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Pilih tanaman yang akan di tanam.
  • Pilih lokasi yang tepat untuk menanam.
  • Memulai di area yang tepat.
  • Pilih media tanam.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pembuatan taman per m2 untuk semua jenis dilengkapi dengan tata cara menghitungnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membuat taman di rumah.

Sumber gambar : housing.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *