Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter

Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter

Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter – Pekerjaan dinding pada pembangunan sebuah hunian memerlukan tahap penyelesaian akhir berupa pemlesteran dan pengacian. Proses pengerjaan plesteran acian dinding ini menjadi salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan.

Plesteran acian adalah kegiatan yang dilakukan oleh tukang bangunan setelah selesai memasang bata merah atau bata ringan pada sebuah konstruksi bangunan. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum dinding diberi finishing akhir.

Pemlesteran acian ini bertujuan agar dinding memiliki permukaan yang rata dan halus. Selain itu, kegiatan pemlesteran acian pada dinding ini juga berfungsi supaya permukaan tembok dapat dilapisi dengan lapisan cat atau jenis pelapis lainnya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mejelaskan secara lengkap mengenai material apa saja yang dibutuhkan ketika hendak melakukan pekerjaan pemlesteran acian beserta harga terbarunya. Langsung saja kalian perhatikan baik-baik pembahasan harga borongan plesteran acian per meter berikut ini.

Daftar Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, plesteran acian merupakan finishing BATA MERAH ataupun bata ringan pada tahap awal yang digunakan pada hampir seluruh jenis bangunan. Di mana pekerjaan ini bertujuan untuk melapisi dinding sebelum diberikan finishing akhir dengan cat, wallpaper atau sejenisnya.

Material Plesteran dan Acian

Material Plesteran dan Acian

Sebelum membahas harga borongan plesteran acian per meter lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengetahui material apa saja yang dibutuhkan. Untuk material plesteran acian sendiri terdiri dari beberapa material bahan bangunan yang bisa didapatkan di toko bangunan terdekat daerah kalian. Material plesteran acian sendiri juga tergantung dengan jenis plesteran yang ingin kalian buat. Di bawah ini adalah daftar material yang biasa digunakan sesuai dengan SNI.

  • PC (Semen Portland)
  • PS (pasir pasang)
  • Air

Ongkos Tukang

Ongkos Tukang Borongan Plesteran Acian Per Meter

Ongkos atau upah pengerjaan pelesteran dinding harus kalian catat dalam perhitungan biaya Rencana Anggaran Biaya (RAB). Biasanya dalam kegiatan ini membutuhkan lebih dari satu jenis tukang, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pekerja atau kuli bangunan
  • Tukang batu
  • Kepala Tukang
  • Mandor

Cara Menghitung Volume Pekerjaan Plesteran Acian Dinding

Cara Menghitung Volume Pekerjaan Plesteran Acian Dinding

Perhitungan volume plesteran acian dinding dihitung berdasarkan luas permukaan dinding yang akan diplester. Di bawah ini adalah rumus menghitung volume pekerjaan plesteran acian dinding yang dapat kalian lakukan.

Luas Dinding (meter persegi) = – (Lebar kusen x Tinggi kusen jendela) – (Panjang x Tinggi dinding) – (Lebar kusen x Tinggi kusen pintu)

Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter

Berikut ini harga borongan plesteran acian yang dapat kalian jadikan gambaran dalam mempersiapkan anggaran dana untuk kegiatan pemlesteran acian pada dinding rumah dengan skala 1 Pc:3Ps (m2) tebal 20 mm.

1. Material dan Bahan

BAHANVOLUMESATUANHARGAJUMLAH
Semen Portland10.800kgRp 1.050Rp 11.340
Pasir Pasang0.026m3Rp 125.000Rp 3.250
SUB TOTALRp 14.590

2. Tenaga Tukang

BAHANVOLUMESATUANHARGAJUMLAH
Pekerja0.250ohRp 36.000Rp 9.000
Tukang Batu0.200ohRp 42.500Rp 8.500
Kepala Tukang0.020ohRp 45.000Rp 900
Mandor0.013ohRp 40.000Rp 500
SUB TOTALRp 18.900

Jadi, berdasarkan tabel di atas harga borongan untuk pekerjaan plesteran acian per meternya yaitu biaya material dan bahan (Rp 14.590) + ongkos tukang (Rp 18.900) = Rp 33.490.

Tips Tahapan Plesteran Acian Dinding

Tips Tahapan Plesteran Acian Dinding

Meskipun pekerjaan pemlesteran acian pada dinding terbilang mudah, namun kegiatan ini membutuhkan keahlian supaya mendapatkan hadil akhir yang bagus dan memuaskan. Berikut ini adalah tata cara yang baik dan benar dalam pengerjaan plesteran acian pada dinding.

1. Pengondisian Permukaan Dinding

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memastikan kondisi permukaan dinding tidak mengandung air. Hal ini bertujuan agar nantinya plesteran acian tidak mudah mengelupas dan tahan lama.

2. Basahi Plesteran Acian hingga Jenuh

Usahakan kalian membasahi dinding yang kering hingga jenuh. Apabila hal tersebut tidak kalian lakukan maka dinding akan menyerap banyak kadar air ketika proses pemlesteran acian dilakukan.

3. Perhatikan Waktu Pengacian

Jika pekerjaan pemlesteran acian dinding dilakukan terlalu lama, maka dinding akan cepat lembab dan mudah kering serta retak. Waktu pemlesteran acian yang baik dalah sekitar 20 sampai 30 menit.

4. Perhatikan Ketebalan Acian

Hal terakhir yang harus kalian perhatikan adalah ketebalan plesteran acian. Dengan ketebalan yang tepat akan menghasilkan kualitas plesteran acian yang bagus pula. Umumnya ketebalan untuk pemlesteran acian pada dinding adalah 20 mm.

Akhir Kata

Setelah membaca ulasan di atas, kalian jadi tahu mengenai harga borongan terbaru dalam pekerjaan pemlesteran acian pada dinding rumah. Saran kami, carilah tukang yang sudah berpengalaman agar bisa mendapatkan hasil akhir yang baik dan memusakan. Demikian penjelasan mengenai beberapa material dan harga borongan plesteran acian per meter yang dapat Epropertyrack sampaikan.

Harga Borongan Plesteran Acian Per Meter

IDR 500
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *