Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

4 Harga Borongan Pasang Wiremesh Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Pasang Wiremesh

Harga Borongan Pasang Wiremesh – Sebagaimana diketahui, wiremesh memiliki peran cukup penting dalam proses pembuatan sebuah bangunan, khususnya pada bangunan bertingkat. Dimana material yang memiliki bentuk anyaman besi dengan pola kotak-kotak ini umumnya digunakan untuk memperkuat struktur bangunan seperti kerangka, cakar ayam hingga cor dak.

Bahkan selain dimanfaatkan untuk memperkuat struktur sebuah bangunan, wiremesh juga kerap digunakan oleh beberapa orang sebagai bahan pembuatan pagar hunian. Di pasaran Indonesia sendiri material tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu wiremesh jenis SNI serta non SNI.

Menariknya lagi, saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan wiremesh untuk berbagai macam kebutuhan. Akan tetapi, pastinya jasa penyedia borongan pemasangan wiremesh tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga pengerjaannya.

Nah, jika diantara kalian berencana memasang wiremesh menggunakan pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga borongan pasang wiremesh per meter untuk semua jenis dan ukurannya.

Keunggulan dan Kelemahan Wiremesh

Seperti diketahui, setiap jenis bahan material bangunan pasti mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk besi wiremesh. Dimana wiremesh sendiri memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan yang pastinya harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memanfaatkannya.

perkakas

Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai harga borongan pasang wiremesh berlanjut, sebaiknya cari tahu beberapa kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu. Adapun sejumlah keunggulan dan kelemahan besi wiremesh sebagai bahan material bangunan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Keunggulan

  • Proses pemasangan wiremesh mudah dan cepat.
  • Mampu menghemat penggunaan kawat bendrat.
  • Wiremesh dapat dijadikan sebagai plat lantai.
  • Bisa dimanfaatkan untuk penguat konstruksi bangunan b-panel.
  • Mampu meningkatkan kualitas serta ketepatan dalam tulangan beton pada sebuah bangunan.

Kelemahan

  • Wiremesh tidak bisa digunakan sebagai penguat kolom, balok maupun sloof.
  • Memiliki bentuk lembaran sehingga hanya bisa digunakan dalam pekerjaan tulangan besi beton dengan penampang lebar.

Ukuran Standar Wiremesh

Ukuran Standar Wiremesh

Ketika hendak mencari tahu berapa besar harga borongan pasang wiremesh per meter perseginya, kalian pastinya perlu mengetahui ukuran standarnya terlebih dahulu. Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya wiremesh di pasaran Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yaitu lembaran dan gulungan atau roll.

Untuk ukuran standar besi wiremesh lembaran, biasanya tersedia dalam ukuran 2.1 meter x 5.4 meter, sementara wiremesh jenis gulungan atau roll yaitu memiliki ukuran lebar 2.1 meter serta panjang bisa mencapai 54 meter. Ukuran diameter anyaman besi wiremesh juga biasanya berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan proyek pekerjaannya.

Beberapa pemasok atau penyedia besi wiremesh juga kerap mengidentifikasikan standar ukurannya dengan sebutan m4, m5, m6, m7, m8, m10 dan lain sebagainya. Pada intinya, setiap ukuran material tersebut akan mempengaruhi besaran harga wiremesh di pasaran.

Harga Borongan Pasang Wiremesh Per Meter

Harga Borongan Pasang Wiremesh Per Meter

Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan hingga ukuran standar wiremesh, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongannya. Biasanya para pemborong atau kontraktor mematok harga pemasangan wiremesh dengan hitungan atau satuan per meter persegi.

Namun, seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran upah jasa pemasangan wiremesh juga bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh beberapa faktor. Selain itu, para kontraktor juga biasanya menyediakan jasa pemasangan wiremesh menjadi dua jenis, yaitu borongan non material maupun plus material.

Untuk besaran harga borongan pasang wiremesh non material umumnya berada di kisaran Rp 7.500 sampai Rp 15.000 per meter perseginya. Sementara harga borongan pasang wiremesh plus material akan sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 160.000 hingga Rp 210.000 per meter perseginya, tergantung pada pemilihan ukuran.

Cara Menghitung Upah Borongan Pasang Wiremesh

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang wiremesh per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui upah jasa pemasangan wiremesh namun tidak mengerti bagaimana tata cara perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) pengerjaannya.

Sebenarnya sebelumnya sudah pernah kami bahas mengenai cara menghitung kebutuhan wiremesh untuk pekerjaan cor dak bangunan rumah bertingkat. Nah, supaya lebih jelas, berikut akan kami bahas secara tuntas bagaimana cara menghitung upah borongan pasang wiremesh.

Luas Pekerjaan Cor

Langkah pertama yaitu mencari tahu luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi wiremesh. Misalkan kalian akan memasang wiremesh m5 berukuran 2.1 m x 5.4 m pada pengerjaan cor dak bondek dengan panjang 10 me serta lebar 6 m, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang lantai cor : 10 m.
  • Lebar lantai cor : 6 m.
  • Panjang wiremesh : 5.4 m.
  • Lebar wiremesh : 2.1 m.

Perhitungan :

  • Luas Pekerjaan Cor Dak Bondek
    • Luas : Panjang x Lebar.
    • Luas : 10 m x 6 m = 60 m2.
  • Luas Wiremesh
    • Luas wiremesh: Panjang x Lebar.
    • Luas wiremesh : 5.4 m x 2.1 m = 11.34 m2.
  • Kebutuhan Wiremesh
    • Kebutuhan : Luas pekerjaan ÷ Luas wiremesh.
    • Kebutuhan : 60 m2 ÷ 11.34 m2 = 5.2 lembar (dibulatkan menjadi 6 lembar).

Upah Borongan Pasang Wiremesh

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung ongkos jasa borongan pemasangan wiremesh m5 berukuran 2.1 m x 5.4 m pada biang pekerjaan seluas 60 meter persegi. Caranya yaitu tinggal mengalikan luas bidang pekerjaan dengan harga borongan pasang wiremesh per meter perseginya.

  • Borongan Non Material
    • Ongkos : Luas pekerjaan x Harga borongan.
    • Ongkos : 60 m2 x Rp 7.500 = Rp 450.000.
  • Borongan Plus Material
    • Ongkos : Luas pekerjaan x Harga borongan
    • Ongkos : 60 m2 x Rp 160.000 = Rp 9.600.000.

Jadi, total kebutuhan biaya untuk memasang wiremesh m4 ukuran 2.1 m x 5.4 m pada cor dak bondek seluas 60 meter persegi menggunakan pekerja borongan kurang lebih sekitar Rp 450.000 untuk non material serta Rp 9.600.000 untuk plus material.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar besaran harga borongan pasang wiremesh per meter perseginya untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi perhitungan upah pemasangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang wiremesh menggunakan jasa pekerja borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.