Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter – Semua orang pasti ingin memiliki rumah dengan tampilan estetik saat dilihat dari semua sisi. Salah satu cara yang dapat diaplikasikan untuk mewujudkan impian tersebut yaitu dengan memasang material lisplang (listplank) pada atap hunian.

Mungkin sebagian besar orang yang awam di dunia konstruksi bangunan belum terlalu familiar dengan istilah lisplang. Lisplang sendiri merupakan salah satu pelengkap dari struktur atap rumah yang difungsikan untuk melengkapi bagian-bagian ujung atap agar tampak lebih rapi dan bersih.

Selain digunakan untuk menambah estetika sebuah bangunan, lisplang juga berguna sebagai papan tepi untuk melindungi tepi atap dari paparan sinar matahari maupun air hujan. Di beberapa kasus, pemasangan lisplang juga dimanfaatkan sebagai identitas sebuah bangunan ataupun sebagai pemisah antara lantai satu dengan lantai lainnya.

Jika kalian berencana hendak memasang lisplang di rumah, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa harga borongan pemasangannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kisaran harga borongan pasang lisplang per meter untuk semua jenis serta ukurannya.

Jenis Lisplang

Material lisplang biasanya digunakan pada rumah dengan model atap segitiga di daerah tropis. Di pasaran Indonesia sendiri, lisplang dijual dengan berbagai macam jenis, model serta ukuran. Oleh sebab itu, sebelum membahas harga borongan pasang lisplang per meter lebih lanjut, sebaiknya ketahui beberapa jenis-jenisnya di bawah ini.

Lisplang Kayu

Lisplang Kayu

Lisplang kayu menjadi salah satu jenis lisplang paling tua di Indonesia. Umumnya, material ini kerap digunakan oleh bangunan tradisional di Bali maupun Jawa. Bentuk konstruksi bangunan tersebut berupa papan kayu selebar 20 cm serta memiliki tingkat ketebalan mulai dari 2 cm sampai 3 cm.

Lisplang Beton

Lisplang Beton

Jenis lisplang selanjutnya yaitu berasal dari bahan dasar beton. Dimana lisplang beton dibuat menggunakan cetakan sehingga bentuk serta ukurannya lebih presisi. Biasanya lisplang beton sangat cocok jika diaplikasikan pada rumah-rumah bergaya minimalis modern.

Lisplang Metal

Lisplang Metal

Lisplang metal juga bisa menjadi alternatif apabila harga lisplang kayu mengalami kenaikan secara terus menerus. sama seperti lisplang beton, lisplang jenis metal juga sangat cocok jika diterapkan pada rumah-rumah modern minimalis dengan ketebalan 0.6 cm hingga 0.9 cm.

Lisplang GRC

Lisplang GRC

Jenis lisplang bangunan terakhir yaitu terbuat dari bahan dasar GRC. Salah satu keunggulan lisplang GRC ialah mampu bertahan di berbagai macam cuaca. Menariknya lagi, lisplang GRC memiliki bobot ringan sehingga memudahkan pada saat proses pemasangannya.

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

Daftar Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

Sama seperti HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN lainnya, besaran tarif atau upah pemasangan lisplang oleh pekerja borongan juga bisa berbeda di beberapa wilayah. Tentunya selisih perbedaan harga borongan tersebut disebabkan karena sejumlah faktor tertentu.

Adapun beberapa faktor tersebut yaitu seperti jenis lisplang, kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Untuk harga borongan pasang lisplang per meter perseginya sendiri berada di kisaran Rp 40.000 sampai Rp 60.000.

Perlu diingat, besaran harga borongan pemasangan lisplang tersebut hanya berupa tenaga kerjanya saja. Jadi, pemilik rumah harus mencari bahan dasar pembuatan lisplang sendiri, entah itu lisplang kayu, beton, metal maupun lisplang GRC.

Cara Menghitung Biaya Pasang Lisplang

Di atas sudah kami jelaskan secara rinci mengenai kisaran harga borongan pasang lisplang per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangan lisplang.

Sebenarnya perhitungan biaya pemasangan lisplang menggunakan pekerja borongan cukup mudah dilakukan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pasang lisplang berikut ini.

Volume Pekerjaan Lisplang

Volume Pekerjaan Lisplang

Tahap pertama yaitu mencari tahu total volume atau luas bidang pekerjaan lisplang. Misalkan kalian akan memasang lisplang jenis kayu dengan panjang 20 meter serta lebar 20 cm, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang lisplang : 20 meter.
  • Lebar lisplang : 20 cm (0.2 m).

Perhitungan :

  • Volume lisplang : Panjang x lebar.
  • Volume lisplang : 20 m x 0.2 m = 4 m2.

Biaya Pemasangan Lisplang

Biaya Pemasangan Lisplang dengan Borongan Per Meter

Selanjutnya yaitu menghitung total biaya pemasangan lisplang kayu sepanjang 20 meter menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu mengalikan volume pekerjaan lisplang dengan harga borongan per meter perseginya.

  • Biaya pasang lisplang : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang lisplang : 4 m2 x Rp 60.000 = Rp 240.000.

Jadi, total biaya yang dibutuhkan untuk memasang lisplang kayu sepanjang 20 meter menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 240.000. Kami tekankan sekali lagi bahwa besaran biaya tersebut hanya untuk upah tenaga borongan saja, jadi biaya pembelian bahan materialnya belum termasuk.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif borongan dalam proses pemasangan lisplang pada tepi atap rumah dihitung dengan satuan per meter persegi. Di sisi lain, harga borongan tenaga pemasangan lisplang dapat berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Itulah sekiranya penjelasan seputar daftar harga borongan pasang lisplang per meter untuk semua jenis beserta ukurannya versi Epropertyrack. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan gambaran ketika hendak menggunakan pekerja borongan dalam memasang lisplang di rumah.

Harga Borongan Pasang Lisplang Per Meter

IDR 40000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.3/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *