Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cek SPPT PBB Online Tangerang

Cek SPPT PBB Online Tangerang

Cek SPPT PBB Online Tangerang – Surat Pemberitahuan Pajak Terutang atau SPPT memiliki peranan yang sangat penting dalam Pajak Bumi dan Bangunan atau juga biasa disebut dengan PBB. Oleh karena itu, bagi kalian sebagai wajib pajak harus mengerti tentang surat pemberitahuan yang satu ini.

Perlu kalian ketahui, SPPT bukanlah bukti dari kepemilikan tanah atau bangunan yang kalian miliki. Fungsi SPPT ialah sebagai penunjuk besarnya hutang atas Pajak Bumi dan Bangunan yang harus dilunasi wajib pajak pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Saat ini pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam proses pengecekan serta pembayaran pajak secara online. Salah satu kabupaten atau kota yang sudah menggunakan layanan ini yaitu Kabupaten Tangerang.

Dengan layanan cek SPPT PBB online ini, kalian tidak perlu repot lagi untuk datang ke unit layanan pajak di daerah kalian. Nah bagi kalian yang penasaran bagaimana caranya, di bawah akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara cek SPPT PBB online Tangerang.

Cek SPPT PBB Online Tangerang Terlengkap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu pungutan pajak yang wajib dibayar oleh setiap warga negara Indonesia yang memiliki aset berupa tanah, perairan, bangunan dan sejenisnya. PBB ini sudah diatur berdasarkan UU No 12 Tahun 1994 di mana besarnya pajak yang harus kalian bayarkan tergantung dari objek pajaknya yaitu tanah dan bangunan.

Kegunaan SPPT PBB

Kegunaan SPPT PBB

Sebelum membahas cara cek SPPT PBB online Tangerang lebih lanjut, alangkah baiknya kalian mengerti terlebih dahulu mengenai kegunaan dari SPPT PBB. Pada dasarnya, fungsi utamanya adalah sebagai berkas atau dokumen yang menunjukkan besaran hutang atas Pajak Bumi dan Bangunan yang seharusnya dilunasi wajib pajak pada waktu yang telah ditentukan. Selain itu, SPPT PBB juga memiliki beberapa kegunaan lainnya, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • SPPT memiliki peranan penting bagi wajib pajak ketika hendak mengumpulkan dokumen lengkap guna melindungi atau menjaga aset yang berharga
  • SPPT berguna untuk menghindari dari perebutan hak milik tanah dan bangunan atau terjadinya penipuan
  • Dokumen yang menunjukkan besarnya beban pajak yang harus dibayarkan kepada negara oleh pemiliknya terhadap objek pajak
  • Menunjukan besaran hutang PBB seorang wajib pajak

Cara Cek SPPT PBB Online Tangerang

Cara Cek SPPT PBB Online Tangerang

Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Kabupaten Tangerang memberikan kemudahan kepada warganya dalam bentuk layanan untuk mengecek SPPT PBB secara online. Berikut adalah beberapa syarat dan cara yang dapat kalian lakukan untuk cek SPPT PBB online Tangerang.

1. iPBB Kabupaten Tangerang

Kalian bisa mengunduh aplikasi resmi ini di Google Play Store. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengecek tagihan SPPT PBB yang harus kalian bayarkan dengan memasukkan nomor objek pajak.

2. Sistem Informasi Cetak PBB Online Terpadu (Si Cepot)

Dengan aplikasi Si Cepot ini, wajib pajak dapat mengecek serta mencetak sendiri SPPT PBB miliknya. Aplikasi ini sangat membantu warga Kabupaten Tangerang dalam mengurus segala macam urusan terkait dengan SPPT PBB seperti CETAK SPPT PBB YANG HILANG.

Cara Cek SPPT PBB Online via Aplikasi

Cara Cek SPPT PBB Online via Aplikasi

Bagi kalian yang tinggal di Kota Tangerang Selatan, kalian juga bisa mengecek tagihan SPPT PBB melalui aplikasi Tokopedia dan Traveloka. Berikut ini akan kami jelaskan bagaimana tata cara melakukan cek SPPT PBB online tangerang lewat aplikasi Tokopedia dan Traveloka.

1. Cek SPPT PBB via Tokopedia

  • Pertama, buka aplikasi Tokopedia
  • Cari dan pilih menu Lihat Semua
  • Selanjutnya klik pilihan Pajak PBB
  • Kemudian kalian isi data dengan lengkap
  • Lalu klik Cek Tagihan
  • Setelah itu akan muncul besaran tagihan yang harus kalian bayarkan

2. Cek SPPT PBB via Traveloka

  • Buka aplikasi Traveloka yang ada di smartphone kalian
  • Pilih menu Tagihan dan Isi Ulang
  • Selanutnya pilih PBB
  • Lalu masukkan wilayah tempat tinggal kalian
  • Masukkan juga Nomor Objek Pajak beserta tahun pembayarannya
  • Kemudian klik Lihat Tagihan
  • Terakhir tagihan akan muncul di layar smartphone kalian

Denda Telat Bayar SPPT PBB

Denda Telat Bayar SPPT PBB

Perlu kalian ketahui, batas akhir dari pembayaran SPPT PBB biasanya jatuh pada tanggal 31 Agustus setiap tahunnya. Apabila kalian melanggar ketentuan tersebut, maka akan ada sanksi denda yan diberlakukan.

Untuk besaran dendanya sendiri yaitu sebesar 2% per bulannya yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 78/PMK.03/2016. Sebagai contoh PBB Rp 100.000, maka denda satu bulannya sekitar Rp 2.000.

Denda ini akan diberikan kepada wajib pajak maksimal selama 2 tahun atau 24 bukan. Bila selama kurun waktu tersebut wajib pajak tidak membayarkan dendanya, maka petugas pajak akan datang untuk menagihnya.

Manfaat Mengetahui Cara Cek SPPT PBB Online

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pembayaran pajak PBB bisa kalian lakukan dengan sangat mudah. Itulah kenapa kalian harus tahu mengenai cara cek dan bayar SPPT PBB secara online. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kalian dapatkan ketika mengetahui cara cek PBB online.

  • Pengecekan lebih mudah dan fleksibel
  • Data objek pajak sudah terintegrasi dengan kantor pajak
  • Dapat menghemat waktu

Akhir Kata

Pajak merupakan salah satu elemen penting bagi pendapatan pemerintah, entah itu pusat ataupun daerah. Jadi dengan adanya sistem cek SPPT PBB online ini, maka diharapkan semakin faktual pula PBB yang masuk sebagai pendapatan daerah. Itulah informasi yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai pengertian, fungsi serta cara cek SPPT PBB online Tangerang.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Syarat KPR Bank BCA

Jihan
4 min read

Kode Etik Notaris

Jihan
3 min read

Biaya Notaris

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *