Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

30 Cat Ruang Tamu yang Bagus, Sejuk & Mewah!

Warna Cat Ruang Tamu yang Bagus

Cat Ruang Tamu yang Bagus – Seperti diketahui, warna cat benar-benar harus diperhatikan supaya konsep rumah bisa terwujud dengan apik sehingga mampu mencerminkan karakter seseorang sebagai pemilik rumah. Dimana kesan ruangan yang lebih hidup juga dapat diciptakan oleh warna cat yang digunakan.

Sebuah ruangan bisa saja terlihat lebih tegas, luas, mempengaruhi suasana hati penghuninya sampai menyejukkan rumah, khususnya pada ruang tamu. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya ruang tamu sendiri menjadi salah satu ruangan yang sangat sentral yang bisa dipakai untuk berkumpul ataupun menjamu teman, saudara atau relasi kerja.

Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana mengeluhkan bahwa mereka merasa kebingungan ketika hendak memilih cat yang bagus untuk ruangan tersebut. Secara garis besarnya, cat pada suatu ruangan bisa ditentukan sesuai dengan konsep rumah serta karakter penghuninya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana untuk mengecat ruang tamu di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu referensinya. Untuk membantunya, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi cat ruang tamu yang bagus, sejuk dan hidup, entah itu hanya 1 maupun kombinasi lebih dari 2 warna.

Fungsi Cat Ruang Tamu

Sebelum pembahasan mengenai rekomendasi cat ruang tamu yang bagus lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas fungsi ataupun kegunaannya. Salah satu fungsi cat rumah yaitu dalam sisi estetika warna bisa berfungsi untuk menghilangkan suasana kusam serta terawat pada sebuah ruangan.

Kemudian cat juga bisa memanipulasi ruangan. Sebagai contoh cat putih pada ruang tamu bisa memberikan kesan luas dan lapang apabila dibandingkan dengan cat lainnya. Fungsi terakhir yaitu mampu mempengaruhi psikologis. Artinya setiap warna mempunyai efek-efek tertentu, mulai dari positif hingga negatif.

Cat Ruang Tamu yang Bagus

Setelah memahami beberapa fungsi atau kegunaan cat pada ruang tamu di rumah, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu beberapa rekomendasinya. Perlu diketahui, tentunya setip orang mempunyai ide dan gagasan tersendiri dalam menentukan konsep pembangunan rumah, terutama untuk ruang tamu yang diinginkan.

Bahkan tak jarang justru sebagian besar orang cenderung lebih suka tampil simpel serta sederhana, namun tetap memberikan kesan nyaman. Meskipun demikian, tetap saja untuk pemilihan cat ruang tamu di dalam rumah harus dilakukan dengan perhitungan matang, artinya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Misalkan kebanyakan ruang tamu pada rumah minimalis akan lebih cocok menggunakan warna-warna cerah sehingga mampu memberikan efek ruangan menjadi lebih luas. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rekomendasi cat ruang tamu yang bagus di bawah ini, entah itu 1 maupun kombinasi lebih dari 2 warna.

1. Hijau

Hijau

Rekomendasi cat ruang tamu yang bagus pertama buat kalian yaitu hijau. Dimana hijau sendiri identik dengan warna alam yang sejuk sehingga kalian bisa mengaplikasikannya pada dinding ruang tamu. Supaya bisa membuat cahaya yang masuk terlihat lebih terang, saran kami sebaiknya pilihlah cat hijau pastel.

2. Biru

Biru

Seperti diketahui, cat biru memang sangat identik dengan warna langit. Jadi, apabila kalian mengaplikasikan cat biru pada ruangan tamu, maka akan memberikan kesan sejuk ke dalam rumah. Selain itu, biru juga bisa memberikan suasana yang lebih terang.

3. Coklat Muda

Coklat Muda

Apabila coklat tua seringkali dihindari oleh banyak orang karena tidak memberikan kesan terang ke dalam sebuah ruangan, maka coklat muda bisa dijadikan sebagai opsi yang tepat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya coklat muda sendiri mampu memberikan kesan terang sehingga mampu membuat ruang tamu terasa lebih luas.

4. Kuning

Kuning

Rekomendasi cat ruang tamu yang bagus selanjutnya yaitu kuning. Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menyadari bahwa kuning mampu memberikan kesan terang sehingga bisa membuat ruang tamu terasa lebih luas. Jadi, kuning sangat cocok jika diaplikasikan pada ruang tamu rumah minimalis.

5. Pink

Pink

Ruangan tamu dengan cat dinding serta kusen jendela berwarna pink ini mampu membuat suasana terasa sangat feminim. Terlebih lagi dengan bagian jendela yang terbuka memberikan pencahayaan alami pada ruang tamu sehingga mampu terkesan tidak suram.

6. Salem

Salem

Salem menjadi rekomendasi cat ruang tamu yang bagus selanjutnya buat kalian. Salem menjadi salah satu pilihan cat untuk menggantikan warna putih yang banyak digunakan namun mungkin terasa monoton. Dimana cat salem sendiri nantinya mampu memberikan kesan ruangan tamu menjadi lebih cerah.

7. Orange

Orange

Seperti halnya pembahasan mengenai cat tembok yang bagus untuk kamar, ternyata orange juga bisa menjadi pilihan tepat untuk menghiasi ruangan tamu. Cat orange yang mendominasi seluruh cat dinding ruang tamu mampu memberikan kesan luas dan bagus. Kalian bisa mengombinasikannya dengan putih pada bagian ornamennya untuk membuat ruangan tampak cantik serta simpel.

8. Putih

Putih

Bagi kalian yang mempunyai ruang tamu kecil, cat putih bisa menjadi pertimbangan pertama ketika ingin mencari warna terbaik dan bagus. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab selain mempunyai karakter yang mudah dikombinasikan dengan cat warna-warna lain, putih juga bisa membuat dinding ruang tamu terlihat lebih rapi, bagus serta bersih.

9. Merah

Cat Ruang Tamu Merah

Cat merah memang dapat mewakili karakter untuk ruangan yang lebih berani serta penuh energi. Dimana cat merah dapat jadi pilihan untuk ruangan tamu dengan ukuran kecil yang nantinya bisa memberikan kesan hidup dan semakin menarik. Bahkan cat merah juga dapat membuat bagian langit-langit rumah terasa lebih tinggi.

10. Olive

Cat Ruang Tamu Olive

Pilihan cat ruang tamu yang bagus berikutnya yaitu olive. Mungkin sebagian besar orang masih merasa asing dengan warna ini. Secara garis besarnya, olive merupakan warna hijau yang membumi dengan sedikit semburan tone kecoklatan seperti jus alpukat yang dicampur dengan sirup moca. Cat olive akan membuat ruangan terasa lebih hangat.

11. Coklat dan Krem

Cat Ruang Tamu Coklat dan Krem

Bagi kalian yang mempunyai interior atau furnitur berbahan kayu bernuansa klasik, maka kombinasi coklat dan krem bisa menjadi alternatif pemilihan cat ruangan tamu. Dimana kombinasi kedua warna cat tersebut nantinya akan memberikan kesan desain yang natural dengan efek harmonis sehingga menambah kesan unik serta menarik.

12. Hijau Terang dan Hijau Lumut

Cat Ruang Tamu Hijau Terang dan Hijau Lumut

Perlu diketahui, sebagian besar orang menganggap bahwa cat turunan hijau di ruangan tamu bisa menambah kesan sejuk dan bisa membantu menghilangkan ketegangan untuk dapat memberikan kesan nyaman yang maksimal kepada penghuninya. Nah, kombinasi hijau terang serta hijau lumut ini menjadi salah satunya.

13. Putih dan Biru Telur Asin

Cat Ruang Tamu Putih dan Biru Telur Asin

Rekomendasi cat ruang tamu yang bagus berikutnya buat kalian yaitu kombinasi antar putih dan biru telur asin. Dimana kombinasi kedua warna tersebut benar-benar akan memberikan kesan sejuk pada ruangan tamu. Terlebih lagi jika dipadukan dengan warna trim pada bagian interior akan menimbulkan kesan menyenangkan serta lembut.

14. Biru Tosca dan Coklat Muda

Cat Ruang Tamu Biru Tosca dan Coklat Muda

Cat berwarna tosca memang termasuk ke dalam karakter warna yang tidak pernah termakan oleh zaman. Pada umumnya cat biru tosca yang dikombinasikan dengan coklat muda akan memberikan kesan elegan dan semi vintage sehingga sangat cocok diaplikasikan pada rumah minimalis.

15. Kombinasi Pastel

Cat Ruang Tamu Kombinasi Pastel

Rekomendasi cat ruang tamu yang bagus terakhir yaitu kombinasi pastel. Memang benar bahwa pastel memang banyak dicari sebagai warna pilihan untuk ruang tamu. Untuk saat ini sebenarnya sudah tersedia cukup banyak warna pastel yang dapat dipilih, yaitu mulai dari hijau pastel, kuning pastel, biru pastel dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rekomendasi cat ruang tamu yang bagus dan unik mulai dari kombinasi 1 maupun lebih dari 2 warna. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin menentukan cat untuk ruangan tamu di rumah.

Sumber gambar : pinterest.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *