Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Cara Menghitung Harga Rolling Door 2022 : Per Meter & Per Unit

Cara Menghitung Harga Rolling Door

Cara Menghitung Harga Rolling Door – Seperti diketahui, rolling door merupakan pintu besi dengan sistem buka tutup vertikal, yaitu pintu tergulung ke atas untuk membuka serta tergulung ke bawah untuk menutup. Fungsi rolling door yaitu sebagai alat pengaman bangunan beserta isinya dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

Di Indonesia sendiri, saat ini rolling door secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni rolling door manual serta rolling door otomatis. Dimana rolling door manual menggunakan sistem buka tutup yang tergulung ke atas dan ditarik ke bawah secara manual. Sementara rolling door otomatis menggunakan tenaga motor listrik atau elektrik sehingga lebih praktis.

Berbicara mengenai pemasangan rolling door, pastinya tidak akan pernah terlepas dari ongkos atau upah untuk jasa pekerjanya. Pada umumnya, para kontraktor atau pemborong menentukan harga jasa pemasangan rolling door dengan satuan per meter persegi. Selain itu, terdapat juga beberapa pemborong yang menyediakan jasa dengan hitungan per set.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana untuk memasang rolling door sebagai alat pengaman pada sebuah bangunan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menghitung harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung harga rolling door untuk semua jenis dan ukuran.

Jenis Rolling Door

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, rolling door ialah sebuah pintu yang berguna sebagai pengaman dari suatu bangunan dan isinya dari berbagai macam risiko yang mengancam. Dimana pintu rolling door sendiri memiliki slat daun yang saling berkaitan sekaligus mempunyai fungsi sebagai penutup sebuah bangunan.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, di Indonesia sendiri rolling door terbagi menjadi beberapa jenis apabila dilihat dari segi bahan material pembuatannya. Maka dari itu, sebelum membahas cara menghitung harga rolling door lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu.

  • Rolling door besi.
  • Rolling door galvalum.
  • Rolling door aluminium.
  • Rolling door one sheet.

Kelebihan dan Kekurangan Rolling Door

Kelebihan dan Kekurangan Rolling Door

Setiap bahan material bangunan pastinya mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk pintu rolling door. Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangan dari pintu rolling door.

Kelebihan

  • Rolling door mampu meningkatkan estetika visual pada suatu ruangan.
  • Penggunaan rolling door tergolong sangat mudah.
  • Memiliki bobot cukup ringan.
  • Mempunyai sifat anti karat.
  • Cat rolling door tidak mudah mengelupas.

Kekurangan

  • Harganya terbilang cukup mahal.
  • Proses pemasangannya membutuhkan pekerja ahli di bidangnya.
  • Membutuhkan perawatan secara berkala.

Cara Menghitung Harga Rolling Door

Setelah mengetahui beberapa jenis hingga kelebihan dan kekurangan pintu rolling door, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitung harganya. Perlu diketahui, sebenarnya perhitungan harga rolling door akan masuk ke dalam pembuatan RAB rumah, yaitu dalam satuan unit.

Meskipun begitu, karena ukuran dan model rolling door yang berbeda-beda, maka harga satuan pintu jenis tersebut juga akan sangat bervariasi. Dimana untuk menghitung harga satuan rolling door sendiri kalian harus membuat analisa harga satuannya terlebih dahulu.

Cara menghitung analisa harga satuan rolling door sendiri sebenarnya cukup mudah. Sebagai contoh kalian akan membuat rolling door berbahan galvanil menggunakan motor operator dengan ukuran opening 4 meter x 3 meter serta finishing powder coating, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

KeteranganVolumeSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Rolling door slat galvanil14.77m2Rp 1.100.000Rp 46.247.000
Finish powder coating29.54m2Rp 785.000Rp 5.464.900
Motor operator ex. Japan1.00unitRp 24.000.000Rp 24.000.000
Upah pasang12.00m2Rp 225.000Rp 2.700.000
Transportasi dan pengiriman1.00lsRp 1.350.000Rp 1.350.000
Jumlah HargaRp 49.761.900

Dari data perhitungan di atas, maka total anggaran biaya untuk membeli dan memasang rolling door motor galvanil berukuran 4 m x 3 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 49.761.900 atau dibulatkan menjadi Rp 49.762.000. Seperti halnya biaya pemasangan folding gate, sebenarnya kalian juga bisa menghemat anggaran budget dengan cara tidak menggunakan jenis otomatis (motor listrik).

Dengan kata lain, penggunaan dan pemasangan rolling door tipe manual akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan sistem otomatis. Namun, perlu diingat bahwa hasil akhir di dalam cara menghitung harga rolling door di atas juga bisa berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Tips Merawat Rolling Door

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung harga rolling door untuk semua jenis dan ukuran, entah itu per meter ataupun per unit. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga pintu rolling door bisa saja berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh berbagai macam hal, entah itu faktor internal ataupun eksternal.

Selain itu, pintu rolling door juga sebenarnya harus mendapatkan perawatan secara berkala supaya bisa lebih tahan lama dan awet. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips atau tata cara merawat rolling door supaya bisa awet dan tahan lama.

  • Berikan pelumas secara rutin pada rolling door.
  • Buka dan tutuplah rolling door secara hati-hati.
  • Pastikan lintasan atau rel rolling door tidak terhalang barang.
  • Perhatikan dengan baik posisi rolling door.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung harga rolling door per meter ataupun per unit untuk semua jenis dan ukuran. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli atau memesan pintu rolling door untuk kebutuhan bangunan di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *