Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Jasa Pemasangan Ducting 2022 : Tenaga & Material

Harga Jasa Pemasangan Ducting

Harga Jasa Pemasangan Ducting – Apabila kalian bekerja di dalam industri manufaktur atau properti, ducting merupakan istilah yang mungkin sudah terasa familiar. Secara garis besarnya, ducting ialah sebuah sistem yang berperan untuk mengatur distribusi saluran udara di dalam ruangan menuju ke suatu tempat.

Dimana penggunaan ducting sendiri memanfaatkan berbagai macam jenis material sesuai dengan udara yang disalurkan. Pada umumnya, ducting yang terdapat di beberapa gedung seperti perhotelan terbuat dari pipa atau kotak memanjang yang pada beberapa titiknya dipasang sebuah clean hole sebagai media pembersih.

perkakas

Berbicara mengenai ducting, saat ini proses pembuatan dan pemasangan konstruksi tersebut juga sudah bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan tenaga kerja dari pemborong ataupun kontraktor. Biasanya para kontraktor ataupun pemborong tersebut menentukan upah jasa pemasangan ducting dengan hitungan per meter persegi.

Nah, apabila kalian berencana hendak memasang ducting untuk kebutuhan konstruksi di rumah, alangkah baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga jasa pemasangannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga jasa pemasangan ducting per meter untuk semua jenis-jenisnya.

Apa Itu Ducting?

Apa Itu Ducting

Sebelum pembahasan poin utama mengenai besaran harga jasa pemasangan ducting berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, di dalam dunia manufaktur dan pergudangan, ducting merupakan media yang membantu mengatur sirkulasi untuk menyalurkan udara ataupun material-material halus lainnya ke arah tertentu.

Secara garis besarnya, ducting ialah suatu sistem yang berguna untuk mendistribusikan saluran udara. Pada sebuah bangunan seperti perhotelan, ducting berfungsi sebagai pendukung sistem HVAC atau heating, ventilation hingga air conditioner (AC) untuk menyalurkan serta memindahkan udara.

Sedangkan pada industri manufaktur, ducting berguna sebagai sebuah konstruksi untuk mendistribusikan bahan baku halus. Dimana komponen tersebut biasanya terbuat dari pipa atau kotak memanjang yang pada beberapa titiknya dipasang sebuah clean hole sebagai media pembersih.

Fungsi Ducting

Mungkin dari sekilas penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ducting memiliki manfaat utama untuk menciptakan area kerja atau lingkungan yang aman dan nyaman. Nah, agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa fungsi ducting di dalam dunia manufaktur ataupun pergedungan berikut ini.

  • Media untuk menyalurkan asap dari proses pembakaran lalu membuangnya ke area bebas.
  • Media untuk menyalurkan debu kotoran dari proses mesin operator sehingga area tersebut tidak berasap ataupun berpolusi.
  • Media untuk menyalurkan asap dari proses memasak sehingga tidak mengganggu orang-orang di sekitarnya.
  • Media untuk menyalurkan hawa panas dari suatu area mesin ke area bebas.

Harga Jasa Pemasangan Ducting Per Meter

Harga Jasa Pemasangan Ducting Per Meter

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga fungsi ducting, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besaran harga jasa pemasangannya. Perlu diketahui, untuk saat ini besaran harga jasa pemasangan ducting di Indonesia sendiri tergantung pada jenis dan ukurannya.

Dimana di Indonesia sendiri para kontraktor atau pemborong menyediakan jasa layanan pemasangan ducting untuk 2 jenis, yaitu ducting BJLS serta ducting PU (polyurethane). Namun, seperti halnya harga tenaga borongan pada umumnya, besaran upah jasa pemasangan ducting juga bisa berbeda di beberapa wilayah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya harga jasa pemasangan ducting nantinya bisa dipengaruhi ole sejumlah hal seperti kondisi lapangan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga jasa pemasangan ducting per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

Ducting BJLS

1. Insulation Ducting AC Supply & Return

KeteranganHarga Per M2
Ducting Seng BJLS 0.5 mmRp 337.000
Ducting Seng BJLS 0.6 mmRp 397.000
Ducting Seng BJLS 0.7 mmRp 417.000
Ducting Seng BJLS 0.8 mmRp 467.000
Ducting Seng BJLS 1.0 mmRp 497.000

Keterangan :

  • Harga pemasangan sudah termasuk insulation glaswool dan aluminium foil, support (siku) hingga gantungan (behel).
  • Penambahan flendes dikenakan harga tambahan Rp 45.000 per flendes.

2. Ducting Exhaust & Fresh Air

KeteranganHarga Per M2
Ducting Seng BJLS 0.5 mmRp 320.000
Ducting Seng BJLS 0.6 mmRp 347.000
Ducting Seng BJLS 0.7 mmRp 397.000
Ducting Seng BJLS 0.8 mmRp 442.000
Ducting Seng BJLS 1.0 mmRp 467.000

Keterangan :

  • Harga pemasangan sudah termasuk support (siku) dan gantungan (behel).
  • Penambahan flendes dikenakan harga tambahan Rp 30.000 per flendes.

Catatan : Untuk harga tenaga kerja pemasangan ducting (tanpa material) berada di kisaran Rp 60.000 per m2

Ducting PU

Sementara untuk besaran harga jasa pemasangan ducting dengan bahan material polyurethane (PU) sebenarnya tergolong cukup standar yaitu sekitar Rp 300.000 sampai Rp 400.000 per meter perseginya. Dimana di dalam harga jasa tersebut sudah mencakup siku hingga gantungan (hebel).

Akan tetapi, apabila hanya ingin menggunakan jasa tenaga kerja pemasangannya saja, maka harganya sedikit lebih murah, yaitu sekitar Rp 50.000 per meter perseginya. Selain itu, terdapat juga tambahan harga untuk flendes sebesar Rp 25.000 per itemnya.

Cara Menghitung Borongan Pemasangan Ducting

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga jasa pemasangan ducting per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Nah, di bawah ini juga akan kami jelaskan secara lengkap mengenai tata cara menghitung harga borongan untuk jasa pemasangan ducting.

Sebagai contoh kalian akan memasang ducting material BJLS setebal 0.5 mm dengan ukuran 100 cm x 50 cm sepanjang 150 cm, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Luas ducting : 2 x Ukuran ducting x Panjang ducting.
  • Luas ducting : 2 (1 m x 0.5 m) 1.5 m = 1.5 m2.
  • Harga pemasangan : Luas ducting x Harga pemasangan.
  • Harga pemasangan : 1.5 m2 x Rp 337.000 = Rp 505.500.

Dari data perhitungan di atas, maka untuk membuat ducting material BJLS setebal 0.5 mm berukuran 100 cm x 50 cm sepanjang 1.5 meter menggunakan pekerja borongan plus material yaitu kurang lebih sekitar Rp 505.500. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga jasa pemasangan ducting tersebut bisa saja berbeda di beberapa wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga jasa pemasangan ducting per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi dengan tata cara perhitungannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang ducting mengunakan jasa pekerja borongan.

Sumber gambar : orangecountyplumbinghvac.com, laffanref.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.