Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Cara Menghitung Kebutuhan U Ditch Beton : Material & Biaya

Cara Menghitung Kebutuhan U Ditch Beton

Cara Menghitung Kebutuhan U Ditch Beton – Seperti diketahui, saat ini masih banyak terlihat di beberapa daerah atau perumahan yang menggunakan turap batu kali sebagai saluran drainase. Padahal turap batu kali mempunyai cukup banyak kelemahan apabila dibandingkan dengan saluran beton precast seperti u ditch.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya selain proses pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, kemampuan turap batu kali dalam mengalirkan air juga tergolong cukup lamban sehingga berpotensi mengakibatkan banjir. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, u ditch beton bisa dijadikan sebagai opsi paling tepat.

Secara garis besarnya, u ditch merupakan salah satu jenis beton precast atau pracetak yang memiliki bentuk penampang seperti huruf U dengan desain yang dibuat sesuai dengan saluran drainase atau gorong-gorong. Di dalam proses pemasangannya, tentunya dibutuhkan adanya perhitungan kebutuhan material dengan matang sejak awal.

Maka dari itu, apabila kalian berencana memanfaatkan u ditch sebagai material pembuatan saluran drainase di rumah, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara menghitung kebutuhannya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung kebutuhan u ditch beton untuk semua jenis dan ukuran.

Fungsi U Ditch Beton

Fungsi U Ditch Beton

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menghitung kebutuhan u ditch beton lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsi ataupun kegunaannya. Dimana kegunaan dan fungsi utama u ditch beton secara garis besarnya yaitu sebagai saluran air ataupun irigasi di beberapa tempat.

U ditch beton dapat diaplikasikan di berbagai macam tempat seperti pinggiran jalan, perumahan hingga daerah yang sering rawan banjir. Karena dimensi bentuk material tersebut seperti huruf U, maka kalian bisa memanfaatkannya sebagai saluran terbuka ataupun tertutup, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Kelebihan dan Kekurangan U Ditch Beton

Setelah mengetahui definisi hingga fungsi utama u ditch beton, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja kelebihan dan kekurangannya. Nah, sebagai bahan pertimbangan di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan dan kekurangan u ditch beton sebagai bahan material pembuatan drainase.

Kelebihan

  • Bentuk dan ukuran u ditch sangat fungsional.
  • Pemasangan saluran u ditch sangat mudah.
  • Tersedia dalam berbagai macam ukuran atau dimensi.

Kekurangan

  • Harga u ditch sedikit lebih mahal dari buis beton.
  • Membutuhkan adanya ketelitian tinggi pada saat proses pemasangannya.

Rumus Menghitung U Ditch Beton

Ketika hendak mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan u ditch beton, pastinya kalian juga harus memahami bagaimana rumus perhitungannya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya penggunaan rumus ini bertujuan agar nantinya hasil akhir perhitungan kebutuhan u ditch beton bisa lebih akurat.

Secara garis besarnya, rumus yang digunakan untuk menghitung total kebutuhan material pembuatan drainase ini tergolong cukup sederhana. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rumus perhitungan kebutuhan material u ditch beton sebagai saluran drainase air berikut ini.

Volume U Ditch = D (Diameter atau Lebar Dalam) x t (Tinggi) x p (Panjang)

Kebutuhan U Dicth = Total Panjang Pekerjaan Drainase ÷ Volume U Ditch

Cara Menghitung Kebutuhan U Ditch Beton

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan hingga rumus perhitungan kebutuhan u ditch beton, maka selanjutnya yaitu tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai tata cara menghitungnya. Sebenarnya perhitungan kebutuhan u ditch beton hampir sama seperti saat menghitung volume pekerjaan drainase.

Dimana nantinya kalian harus mencari tahu luas atau volume material u ditch beton yang akan dipasang sebagai sistem drainase terlebih dahulu. Adapun tata cara menghitung total kebutuhan bahan material u ditch beton di dalam pekerjaan drainase ataupun saluran air tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Volume U Dith

Cara pertama, silahkan cari tahu luas atau volume u ditch beton yang akan di pasang terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang u ditch beton berukuran 40 cm x 40 cm x 120 cm untuk sistem drainase sepanjang 50 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • D : 40 cm (0.4 m).
  • t : 40 cm (0.4 m).
  • p : 120 cm (1.2 m).

Perhitungan :

  • Volume u ditch = D x t x p
  • Volume u ditch = 0.4 m x 0.4 m x 1.2 m.
  • Volume u ditch = 0.192 m3.

Kebutuhan U Dicth

Setelah mengetahui volume u ditch beton yang akan dipasang, maka cara selanjutnya yaitu tinggal menghitung total kebutuhan bahan materialnya. Untuk tata cara menghitungnya sendiri sebenarnya sangat mudah, karena kalian hanya perlu membagi panjang drainase dengan panjang u ditch beton saja.

  • Kebutuhan u ditch = Panjang drainase ÷ Panjang u ditch beton.
  • Kebutuhan u ditch = 50 m ÷ 1.2 m.
  • Kebutuhan u ditch = 41.6 buah (dibulatkan menjadi 42 buah).

Biaya Pembelian U Ditch

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa untuk memuat drainase sepanjang 50 meter kurang lebih membutuhkan total 42 buah u ditch beton. Nah, apabila harga u ditch beton ukuran 40 cm x 40 cm x 120 cm saat ini adalah Rp 363.000 per buahnya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sekitar Rp 15.246.000 untuk membeli u ditch beton sebanyak 42 buah.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menghitung total kebutuhan u ditch beton untuk semua jenis dan ukuran menggunakan rumus dilengkapi dengan perhitungan anggaran biaya pembeliannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang u ditch beton untuk pekerjaan drainase.

Sumber gambar : megaconconcrete.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *