Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Diskon Tarif Listrik 2021

Diskon Tarif Listrik 2021

Diskon Tarif Listrik 2021 – Sejak adanya pandemi Covid-19, pihak PLN memberikan diskon atau potongan harga kepada para masyarakat. Pasalnya, akibat dari pandemi tersebut dianggap memberikan dampak buruk terhadap perekonomian masyarakat di Indonesia, baik itu kalangan bawah, menengah ataupun kalangan atas.

Dengan hadirnya diskon tarif kelistrikan tersebut diharapkan beban hidup masyarakat menjadi sedikit berkurang. Ketentuan terkait diskon tarif listrik tersebut juga sudah berjalan mencapai III kuartal. Dimana kuartal diskon tarif ketiga ini berlaku sampai bulan September 2021.

Perlu diketahui, kebijakan diskon tarif listrik ini berlaku bagi pelanggan dengan daya 450 VA serta 900 VA, entah itu listrik prabayar ataupun pascabayar. Akan tetapi, untuk mendapatkan keringanan tersebut, pelanggan harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan dari pihak PLN.

Oleh sebab itu, apabila kalian ingin mendapatkan diskon tagihan listrik di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syaratnya serta bagaimana cara mendapatkannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai diskon tarif listrik 2021 mulai dari besaran potongan beserta syarat hingga cara mendapatkannya.

Ketentuan Diskon Tarif Listrik 2021

Ketentuan Diskon Tarif Listrik 2021

Seperti dijelaskan di atas, diskon tarif listrik ini berlaku bagi pelanggan dengan daya 450 VA serta 950 VA, baik itu listrik prabayar maupun pascabayar. Beberapa golongan yang berhak mendapatkan pemotongan tagihan rekening listrik yaitu mulai dari golongan rumah tangga, sosial, industri hingga LISTRIK GOLONGAN BISNIS.

Tentunya pihak PLN memiliki ketentuan terkait diskon potongan tagihan rekening listrik bagi pelanggannya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan penjelasan mengenai ketentuan diskon tarif listrik 2021 bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA semua golongan.

Pelanggan 450 VA

Bagi pelanggan PLN dengan daya 450 VA pada kuartal III, mereka akan mendapatkan sedikit perbedaan ketentuan potongan tarif dari kuartal I. Dimana pada kuartal I pelanggan 450 VA dibebaskan alias gratis pada saat pembelian token ataupun pembayaran tagihan rekening listrik, namun berbeda untuk kali ini.

Jika sebelumnya daya 450 VA mendapatkan potongan 100 persen, maka untuk kali ini cukup berbeda. Mereka hanya akan mendapatkan diskon pemotongan tagihan rekening listrik sebesar 50 persen saja. Tentunya ketentuan tersebut juga berlaku bagi pelanggan listrik pascabayar maupun prabayar.

Pelanggan 900 VA

Sementara daya 900 VA, jika sebelumnya mereka mendapatkan diskon potongan tarif sebesar 50 persen, maka kali ini mereka mendapatkan potongan sebesar 25 persen. Jadi, pelanggan 900 VA hanya perlu membayar sebesar 75 persen dari tarif listrik normal.

Tidak hanya golongan rumah tangga saja, namun pemerintah juga akan memberikan bantuan untuk menanggung rekening minimum dan biaya beban atau abdomen listrik untuk kelompok usaha serta sosial. Adapun besaran diskon potongan stimulus tarif listrik tersebut yaitu 50 persen.

Syarat Mendapatkan Diskon Tarif Listrik 2021

Syarat Mendapatkan Diskon Tarif Listrik 2021

Pada dasarnya, tidak ada syarat khusus agar pelanggan bisa mendapatkan diskon tarif listrik 2021 kuartal III. Meskipun demikian, terdapat beberapa syarat umum yang harus dipenuhi oleh para pelanggannya agar mendapatkan diskon stimulus listrik, diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Pelanggan golongan bisnis kecil dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA LISTRIK SUBSIDI diberikan diskon pemotongan tagihan rekening listrik sebesar 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.
  • Pembebasan biaya abdomen atau beban serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis dan sosial.

Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik 2021

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan diskon tarif listrik 2021, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara mendapatkannya. Tentunya cara mendapatkan diskon listrik PLN kuartal III tersebut sedikit berbeda dari kuartal I ataupun kuartal II.

Biasanya perbedaan tersebut ada pada jenis penggunaan listrik oleh para pelanggan, yaitu listrik prabayar ataupun listrik pascabayar. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara mendapatkan diskon tarif listrik 2021 bagi pelanggan 450 VA dan 900 VA berikut ini.

Listrik Prabayar

Listrik Prabayar

Bagi pelanggan prabayar daya 450 VA dan 900 VA, diskon tarif listrik tidak lagi didapatkan melalui klaim token di WhatsApp, aplikasi PLN Mobile ataupun situs resmi PLN. Namun, pelanggan prabayar bisa mendapatkan potongan harga pada saat pembelian token listrik.

Jadi, ketika pelanggan membeli token listrik prabayar entah itu di mini market, e-commerce, dompet digital ataupun mesin ATM, maka mereka secara otomatis akan mendapatkan diskon atau potongan harga sesuai dengan penggunaan daya listriknya.

Listrik Pascabayar

Listrik Pascabayar

Sementara bagi pelanggan meteran listrik pascabayar, diskon akan diberikan secara langsung dengan cara memotong tagihan rekening listrik bulanannya. Jadi, bagi para pelanggan listrik pascabayar daya 450 VA, mereka harus melakukan pembayaran tagihan rekening listrik per bulannya.

Untuk golongan listrik sosial, bisnis dan industri, pembebasan biaya beban, abonemen hingga pembebasan ketentuan rekening minimum secara otomatis memotong tagihan rekening listrik sebesar 50 persen. Kami ingatkan sekali lagi bahwa ketentuan tersebut berlaku untuk semua golongan, entah itu pelanggan dengan daya 450 VA maupun 900 VA.

Call Center PLN

Call Center PLN

Secara garis besar, cara mendapatkan diskon tarif listrik 2021 tersebut cukup mudah untuk dilakukan oleh pelanggan. Sebab, pelanggan hanya perlu melakukan pembelian token listrik prabayar ataupun membayar tagihan rekening listrik pascabayar per bulannya seperti biasa.

Meskipun demikian, masih ada sebagian pelanggan PLN di luar sana yang masih kebingungan terkait ketentuan diskon potongan tarif listrik di atas. Oleh sebab itu, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak customer service PLN di beberapa contact center berikut ini.

  • WhatsApp : 123
  • Telepon : (Kode area) 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : PLN123_official
  • Twitter : @pln_123
  • Aplikasi : PLN Mobile

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan diskon pemotongan tarif listrik pascabayar ataupun prabayar sebenarnya sangat mudah. Namun, dengan syarat pelanggan harus memenuhi semua syarat beserta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pihak PLN.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar besaran, syarat hingga cara mendapatkan diskon tarif listrik 2021 PLN bagi pelanggan prabayar dan pascabayar, entah itu daya 450 VA ataupun daya 900 VA. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak mendapatkan diskon potongan tarif listrik dari PLN.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *